me

Ukuran Dot Bayi Sesuai Umur yang Perlu Kamu Tahu

Nov 09, 2023.By Ruth
Bagikan

image source: www.pexels.com

Memilih ukuran dot bayi sesuai umur harusnya memperhatikan keamanan dan juga kenyamanan bayi saat menggunakan dot. Dot sering di salah artikan sebagai botol susu, tetapi dot adalah nipple silicone pada botol susu bayi. Sekarang ini ukuran dot bayi di pasaran sangatlah beragam dan mudah ditemukan. Hal ini lah yang membuat kamu memiliki banyak pertimbangan dalam memilih dot untuk bayi kamu.

Baca juga: Rekomendasi Selimut dan Bantal Bayi Terbaik


Ukuran Dot Bayi Sesuai Umur

Sebelum memberikan dot pada buah hati, kamu perlu memastikan apakah si kecil sudah menyusu secara langsung hingga usia 3 atau 4 mingguan. Kenapa? Kamu perlu tahu kalau mekanisme menyusui secara langsung pada payudara cukup berbeda dengan saat si kecil menyusu melalui dot.

Hal pertama yang wajib untuk kamu perhatikan yaitu tentang ukurannya. Agar nggak salah pilih, berikut ini penjelasan singkat terkait ukuran dot bayi sesuai dengan usianya.

Usia 0-3 Bulan

Seperti yang diketahui, bayi yang baru lahir sampai dengan usia 3 bulan kondisi lambungnya masih cenderung sedikit. Jadi kebutuhan ASI-nya pun bisa dibilang masih belum terlalu banyak sehingga dot yang cocok untuknya yaitu berukuran S dengan kapasitas sekitar 30-100ml.

Umumnya, untuk dot yang digunakan oleh bayi usia 0-3 bulan ini memiliki satu lubang kecil. Dimana kegunaan dari lubang kecil tersebut yaitu agar aliran susu yang keluar nggak terlalu deras dan banyak. Sehingga mencegah si kecil tersedak saat meminumnya.

Usia 3-7 Bulan

Nah, biasanya di usia 3 menuju 7 bulan kamu sudah mulai bisa mengganti dot bayi yang ukurannya lebih besar dari sebelumnya. Seperti yang diketahui, seiring bertambahnya usia si kecil maka kebutuhan ASI-nya pun cenderung mengalami peningkatan.

Di usia 3-7 bulan, kamu bisa memberikan dot dengan ukuran M yang mana umumnya memiliki kapasitas sebesar 160-200ml. Untuk ukuran lubangnya pun cenderung lebih dibandingkan dengan ukuran sebelumnya.

Usia 7 Bulan Ke Atas

Berikutnya untuk bayi di atas usia 7 bulan, kamu bisa mengganti dengan dot yang ukurannya lebih besar dari sebelumnya yaitu ukuran L. Kenapa? Dot yang berukuran L ini umumnya memiliki kapasitas sebesar 200-220ml. Sesuai dengan perkembangannya, bayi usia di atas 7 bulan sudah memiliki kemampuan menelan lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya.

Saluran pencernaan si kecil pun bekerja semakin optimal. Oleh karena itu, nggak heran kalau kebutuhan ASI-nya pun semakin meningkat. Nah, kamu harus tahu kalau dot ukuran L ini juga bisa digunakan hingga bayi berusia 12 atau menginjak 1 tahun.

Rekomendasi Ukuran Dot Bayi

Setelah mengetahui ukuran dot sesuai umurnya, yuk langsung cek 7 rekomendasi ukuran dot bayi yang wajib kamu ketahui :

Pigeon Soft Touch Peristaltic Plus Blister Size S

Pigeon Soft Touch Peristaltic Plus Blister Dot Bayi (3 pcs/ Size S)

Dot bayi Pigeon Soft Touch Peristaltic Plus Blister yang berukuran S ini cocok digunakan oleh bayi baru lahir sampai usia 3 bulan. Ukuran ini disesuaikan dengan lambung bayi yang masih sangat kecil. Jadi kebutuhan ASI nya juga masih belum terlalu banyak. Pada usia ini besar dot yang paling sesuai kebutuhan adalah ukuran S. Ukuran S ini biasanya berkapasitas 30-100 ml.

Umumnya ukuran dot bayi berukuran S ini hanya mempunyai satu lubang kecil. Hal ini berguna agar aliran susu nggak terlalu banyak atau deras. Bahannya terbuat dari karet silikon yang memiliki ketahanan panas hingga 120 derajat celcius. Bahan tahan panas ini tetap menjadikan dot berwarna putih dan nggak menguning. Dot Pigeon Soft Touch ini dijual dengan harga Rp80 ribuan.

Pigeon Slim Neck Dot Bayi Size M

Pigeon Slim Neck Dot Bayi (Size M/ 1 Pc)

Pigeon Slim Nect Dot Bayi Size M merupakan dot bayi yang terbuat dari bahan silikon dengan desain yang lembut dan estetis. Bahannya yang elastis ini akan mendukung bayi melakukan gerakan alami saat menyusu (gerakan peristaltic). Dot dari Pigeon ini memiliki ulir pada bagian leher dot, sehingga nggak akan mudah robek dan memiliki tingkat kelenturan yang baik.

Bentuk dot ini menyerupai kubah sehingga membuat mulut bayi terbuka secara alami. Ukuran M ini cocok digunakan untuk bayi usia 4-6 bulan. Ukuran lubangnya ini semakin besar dari sebelumnya karena seiring bertambah usia, maka kebutuhan Asinya juga semakin meningkat. Untuk harganya sendiri Pigeon Slim Neck Dot Bayi Size M ini dijual dengan harga Rp15 ribuan saja.

Huki Silicone Nipples Dot Bayi Size L

Huki Silicone Nipples Dot Bayi (Size L/3 pcs)

Dot ukuran L ini umumnya memiliki kapasitas 200-220 ml yang cocok digunakan untuk bayi berusia 6 bulan ke atas. Seiring bertambahnya usia bayi, maka kebutuhan ASI juga bakalan meningkat. Dot bayi dari Huki Silicone ini memiliki bentuk seperti puting ibu yang dibuat khusus untuk bayi serta menempel pada bibir bayi secara lembut.

Bahannya terbuat dari silikon yang halus, lembut, berwarna bening, dan elastis, sehingga nyaman digunakan saat bayi menyusu. Selain itu, dilengkapi  dot dari Huki ini memiliki formulasi untuk merangsang produksi air liur bayi. Dot ini akan memberikan kenyamanan bagi bayi untuk dapat menikmati nutrisinya setiap hari. Untuk harganya sendiri juga sangat terjangkau yaitu Rp24 ribuan.

Pigeon Slim Neck Dot Bayi Size Y

Pigeon Slim Neck Dot Bayi (Size Y/ 2 pcs)

Rekomendasi pilihan dot selanjutnya adalah Pigeon Slim Neck Dot Bayi dengan ukuran Y, ukuran ini digunakan untuk bayi usia tujuh bulan ke atas dengan aliran yang bervariasi. Jenis dot ini memiliki bentuk yang paling klasik dan standar. Bahannya terbuat dari silikon yang lembut dan memiliki daya tahan panas yang baik, sehingga dot akan selalu bening saat digunakan berkali-kali.

Dot dari Pigeon juga memiliki daya tahan terhadap bahan kimia. Biasanya digunakan oleh bayi yang nggak memiliki masalah dengan jenis serta ukuran dot yang digunakan sebelumnya. Dot ukuran ini boleh dipakai jika bayi sudah memiliki kemampuan yang baik dalam menghisap. Untuk harga dari dot Pigeon ukuran Y ini sangatlah terjangkau yaitu Rp27 ribuan saja.

Philips Avent Teat Classic Nipple 6 M+

Philips Avent Teat Classic Nipple 6M+ SCF634/27 Dot Botol Bayi

Dot Philips Avent berukuran 6 M+ ini cocok digunakan untuk bayi berusia 6 bulan ke atas. Aliran dari dot yang cepat dengan tekstur bergelombang, mencegah terjadinya dot kempis. Dot dari Philips ini menjadi dot bersifat anti kolik yang didesain untuk menghalangi udara masuk ke perut untuk mengurangi rasa nggak nyaman.

Ketika bayi minum, katup dengan sifat lentur yang berada di  dalam dot akan memasukkan udara ke botol, sehingga mencegah terbentuknya vakum dan mengalirkannya ke bagian dalam botol, hal ini mencegah masuknya udara ke perut bayi. Philips Avent ini mengurangi rewel pada bayi saat meminum susu. Harga dari Philips Avent Teat Classic Nipple 6 M+ sangatlah terjangkau, yaitu Rp56 ribuan saja.

Philips Avent Teat Natural Medium Flow 3 M+

Philips Avent Teat Classic Nipple 6M+ SCF634/27 Dot Botol Bayi

Philips Avent ini terbuat dari bahan yang sangat lembut dan memiliki desain spiral fleksibel, sangat mirip dengan puting payudara.  Bahannya yang selembut kulit dan menyerupai tekstur payudara ini membuat bayi lebih mudah mengombinasikan antara ASI dan susu botol. Desainnya yang spiral digabungkan dengan kelopak yang nyaman dalam dot.

Desain tersebut akan meningkatkan kelembutan dan kelenturan, sehingga memungkinkan pergerakan lidah yang alami tanpa membuat dot mengempis. Dot ini ditujukan untuk bayi berumur 3 bulan ke atas dengan aliran sedang agar bayi dapat menikmati proses menyusu dengan memuaskan. Nah, bagi kamu yang penasaran, produk ini dijual sekitar Rp73 ribuan saja.

Philips Avent Classic Plus 1 M+

Philips Avent Classic Plus Bottle 260ml 1M+ SCF563/18 Botol Susu Bayi

Dot Philips Avent Classic Plus ini memiliki sis ventilasi Airflex dan dot bertekstur di botol classic plus. Dot ini dirancang untuk mengurangi gangguan dan serta rasa nggak nyaman selama bayi menyusu. Katupnya dilengkapi dengan katup anti kolik.

Ukuran dot 1 M+ cocok digunakan untuk bayi berusia 1 bulan ke atas, dengan aliran yang lambat. Untuk ukuran botol yang sesuai dengan dot ini adalah sekitar 260 ml. Bentuk dotnya yang pas menempel pada mulut bayi akan mencegahnya kempis untuk menyusui yang berkelanjutan dengan nyaman. Dot dari Philips Avent Classic Plus berukuran 1 M+ ini dijual seharga Rp33 ribuan saja.


Baca juga: Rekomendasi Buku Cerita Anak Bergambar Terbaik

Itulah rekomendasi ukuran dot bayi sesuai umur yang pastinya aman dan nyaman. Jadi, bagaimana? Sudah menemukan pilihan dot bayi yang cocok untuk buat hatimu? Selain beberapa rekomendasi di atas, kamu juga bisa langsung melihat berbagai varian dot bayi di Blibli.  Banyak pilihan dot dengan harga yang sesuai. Nggak kalah keren di Blibli juga banyak promo dan penawaran menariknya lho!

Tag: