Jika mendengar kata jamur tiram, kira-kira apa yang akan terlintas dalam pikiranmu? Jamur bergizi yang sering di jadikan saos masak? Jamur hasil panen hutan belantara dan pegunungan terpencil yang enak kalau dibakar? Jamur tiram memang terkenal sebagai makanan yang enak, namun mendapatkannya kamu harus pergi ke pasar.

Akan tetapi, tahukan kamu kalau seperti jamur hama yang tumbuh pada kayu atap rumah yang lembab, kamu juga bisa ‘menanam’ jamur tiram di rumah mu?panen jamur di kamar

Via seputarukm.com

Menggunakan Growbox, menanam jamur tiram sudah nggak perlu ribet lagi. Apabila lahan di rumahmu terbatas, kamu bahkan bisa menaman jamur tiram di dalam kamarmu! Inovasi yang cukup aneh ya, namun tampaknya menarik!

#Apa itu Growbox? Bagaimana Cara Menggunakannya?

growbox

 

 Via haloGrowbox.com

Growbox adalah sebuah kotak berisi bibit-bibit jamur tiram yang bisa dibudidayakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja tanpa perlu keahlian dan perlengkapan khusus. Dengan Growbox, kamu bisa memiliki pengalaman berkebun (mini) sendiri meskipun kamu nggak punya lahan besar di rumah.

Growbox dilengkapi dengan semprotan yang bisa kamu gunakan untuk menyemprot Growbox setiap hari. Namun, jangan menyemprot terlalu banyak air, karena jamur tiram bersifat lembab dan basah. Jamur ini hanya butuh air untuk melembapkan saja. Rata-rata jamur akan tumbuh setelah 2-4 minggu dan Growbox sendiri bisa digunakan hingga 4 bulan. Selama 4 bulan, jamur bisa tumbuh sebanyak 3 sampai 4 kali.
#Nggak Hanya Satu Varian, Lho!varian growbox

 Via rumahinspirasi.com

Jangan heran juga apabila kamu menemukan jamur tiram ini memiliki 5 jenis jamur yang berbeda warna yaitu pink, putih, biru, cokelat, dan kuning. Warna-warna yang dihasilkan bukan dari warna buatan melainkan warna alami dari spesies jamur itu sendiri.

Jangan pikir kalau jamur ini hanya untuk dimakan saja, setiap warna memiliki khasiat yang berbeda-beda loh! Tentunya jamur-jamur ini aman untuk dikonsumsi. Berikut adalah tabel fungsi dari masing-masing warna jamur tiram.

Jenis JamurFungsi
Tiram Pink (Pleurotus djamoer)Kaya akan anti-oksidan; memiliki kemampuan menangkal kanker dan tumor; mengandung beta-caroten; mengurangi mengurangi asam lemak dalam darah.
Tiram Kuning (Pleurotus citrinopileatus)Mengandung senyawa Antihyperglicemic anti-diabetes; menurunkan kadar gula darah; menurunkan tekanan darah dan kolestrol; menghambat pertumbuhan tumor; kaya akan kalsium.
Tiram Biru (Pleurotus columbinus)Sumber Glucosamine yang bagus menangkal masalah sendi; mengurangi kolesterol; memiliki kemampuan menangkal kanker dan tumor; meningkatkan respon imun; efektif sebagai antibiotik
Tiram Putih (Pleurotus ostreatus)Menambah sel darah merah; menurunkan hipertensi; menurunkan peluang diabetes; menurunkan berat badan; kaya akan serat; mengandung Lovastatin untuk menurunkan kadar kolesterol;
Tiram Coklat (Pleurotus sajor-caju)Kaya akan senyawa Beta Glucan untuk meningkatkan daya tahan tubuh (imunomodulator); mempercepat penyembuhan flu, alergi, asma, hepatitis; meningkatkan imun tubuh; memiliki kadar protein tinggi

 

#Bagaimana Cara Panen Jamur Di Growbox?

 panen jamur di growbox

Via 2.bp.blogspot.com

Untuk memanen jamur, kamu harus mencabut jamur sampai akar. Apabila ada batang jamur yang tertinggal, maka pertumbuhan jamur lain akan terganggu. Setelah proses panen selesai, semprot kembali jamurmu dengan air 2-3 kali sehari.

Jika jamurmu nggak tumbuh-tumbuh, kemungkinan terdapat masalah dalam kelembapan, pertukaran udara atau kondisi suhu yang nggak tepat. Jangan taruh Growbox di tempat yang terlampau kering maupun lembap. Growbox juga memerlukan oksigen yang cukup, jadi usahakan letakkan di tempat terbuka. Terakhir adalah jangan taruh di tempat yang terlalu panas dan dingin ya.

Nah, setelah mambaca ulasan di atas apakah kamu sudah tertarik untuk memulai proses hidup sehat dengan merawat sendiri Growbox kamu? Kalau sudah nggak sabar lagi, kamu bisa menemukannya di Blibli.com dengan berbagai tawaran yang cukup menarik. Tunggu apa lagi, Blibli friends?

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY.

I love to travelling around Indonesia, because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other.

When i stay in the city, I usually going to spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends 🙂

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY