Tips Bikin Video Cinematic Pakai Smartphone

Siapa bilang bikin vlog cuma bisa maksimal kalo pakai kamera? Smartphone zaman sekarang sudah punya kualitas video kamera yang juga oke lho, Friends. Apalagi ditambah aksesoris dan aplikasi pendukung yang bikin kualitas videomu bisa jadi cinematic ala profesional. Berikut tips-tips yang bisa kamu terapin untuk bikin video cinematic!

Pilih smartphone andalanmu

Via Techgyd.com

Kriteria memilih smartphone untuk membuat video pastinya harus memiliki resolusi dan FPS (Frames Per Second) yang oke dan juga punya kapasitas baterai yang tokcer. Produk-produk seperti iPhone XS Max, Samsung S10+, SONY Xperia XZ, Xiaomi Mi Mix 3, dan Vivo V15 bisa jadi pertimbangan Blibli Friends buat cari smartphone andalan.

Baik untuk nge-vlog atau bikin video cinematic, smartphone tersebut sudah punya kualitas video dan kapasitas baterai yang mumpuni. Ditambah RAM juga cukup besar, jadi proses editing video lebih mudah dan cepat.

Ketika proses pengambilan gambar, ada tips yang Blibli Friends perlu terapin, nih. Contohnya posisi smartphone untuk pengambilan gambar itu harus dibuat horizontal atau landscape, dengan begini video yang dihasilkan bakalan full dan gak ada bar hitam di pinggir video-nya, jadi bisa keliatan cinematic. Lalu yang gak kalah pentingnya juga, aktifkan airplane mode supaya proses pengambilan gambar gak keganggu dengan panggilan masuk.

Prioritaskan kualitas audio

Via Giphy.com

Mungkin Blibli Friends banyak yang menyepelekan audio. Padahal audio adalah elemen terpenting dalam pembuatan video. Penonton bakalan lebih enjoy menonton video dengan visual apa adanya tapi punya audio jernih dibanding grafis memukau namun sound berantakan.

Biar video atau vlog kamu banyak viewers-nya, jangan lupa prioritaskan kualitas audio Kamu biar hasil makin kece. Ada beberapa microphone yang bisa Kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya untuk kebutuhan vlogging yang memungkinkan Kita bicara depan kamera, maksimalkan dengan clip-on Boya BY-M1 supaya suara yang ditangkap lebih jernih. Lalu untuk pengambilan gambar cinematic yang mengharuskan Blibli Friends mengambil suara sekitar, Saramonic SR-PMIC1 bisa jadi opsi terbaikmu.

LIHAT JUGA MICROPHONE CLIP ON DAN CONDENSER LAINNYA

Gunakan aksesoris gimbal stabilizer atau tripod

Via Giphy.com

“Kestabilan adalah koentji”. Petuah itu cocok menjadi junjungan para video maker guna mendapatkan hasil video yang cinematic. Sebenarnya Blibli Friends bisa menghasilkan gambar yang stabil dengan pakai kedua tangan kita sendiri. Tapi kalo Blibli Frends punya handheld movement yang pas-pasan atau bahkan kurang bagus, Kamu bisa maksimalin Gimbal Stabilizer dan Tripod. Contohnya Zhiyun-Tech Smooth-4 yang bisa bikin smartphone-mu jadi stabil, biar hasil video jadi cinematic. Kalo Kamu ingin mengambil gambar statis, Tripod Takara Eco 173A bisa jadi pilihan terbaikmu.

LIHAT JUGA GIMBAL STABILIZER SMARTPHONE LAINNYA

Edit video melalui gadget-mu

Via Adobe.com

Biar gak makan waktu, proses editing video Kamu bisa dilakuin cukup di smartphone aja. Mulai memotong video, menambahkan musik dan text, semua bisa Blibli Friends lakuin hanya dengan sekejap. Sudah banyak aplikasi yang bisa Kamu unduh secara gratis seperti iMovie untuk iOS, lalu ada Quik dan Adobe Premiere Clip untuk Android.

LIHAT JUGA AKSESORIS KAMERA LAINNYA

Biar video jadi semakin cinematic, update gear Kamu dengan aksesoris seperti gimbal stabilizer, tripod, dan microphone. Blibli Friends juga bisa manfaatin Cicilan 0% dan Gratis Ongkir dari Blibli.com biar belanjanya semakin happy.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY