Mendekati akhir tahun, bagi beberapa orang berarti saatnya liburan. Kamu yang mau liburan bersama keluarga atau teman-teman, penting banget mempersiapkan segala sesuatunya termasuk keuangan. Nah bagaimana ya mempersiapkan budget liburan agar tidak kehabisan di tengah perjalanan? Simak yuk tipsnya!

1. Liburan realistis tanpa utang

liburan-tanpa-utang

via iceplc

Pada kenyataannya, semua orang bisa berwisata karena banyak sekali alternatif tempat wisata yang tersedia dari yang sederhana seperti berkeliling kota berkunjung ke museum atau pergi ke luar daerah bahkan ke luar negeri. Dari menginap di losmen hingga hotel bintang lima dan seterusnya.

Maka mari kita rencanakan wisata yang menyenangkan, realistis dan sesuai dengan kondisi keuangan kita. Kalau memang tahun ini hanya perjalanan domestik ya jangan maksa berhutang untuk bisa liburan ke luar negeri ya.

Salah satu cara merencanakan liburan tahun depan adalah mengikuti program My Big Wish dari Blibli.com. Kamu bisa investasi belanja untuk keperluan liburan, kemudian bisa mendapatkan kesempatan untuk liburan gratis keliling Indonesia sepanjang tahun! Selain gratis keliling Indonesia sepanjang tahun, kamu juga bisa mendapatkan kesempatan menginap di hotel berbintang gratis sepanjang tahun.

2. Rencanakan dan anggarkan!

rencanakan-dan-anggarkan

via wessexscene

Susun rencana dan anggaran liburan jauh sebelum keberangkatan. Pilih lokasi destinasi liburan dan cari tahu kira-kira kebutuhan apa saja yang paling utama, contoh: tiket, akomodasi, transportasi selama di lokasi, dan makan.

Gak ada salahnya tanya dengan teman yang pernah mengunjungi destinasi tersebut untuk mengetahui kebiasaan setempat, transportasi yang lebih mudah dan lokasi-lokasi tempat makan asyik. Kamu juga bisa cari tahu promo atau diskon yang ada di negara destinasi. Dari hasil riset tersebut maka kamu bisa memperkirakan anggaran perjalanan kamu.

3. Dana darurat

siapkan-untuk-oleholeh

via huffingtonpost

Selalu siapkan dana darurat. Kita tidak pernah mengetahui hal apa yang akan terjadi. Untuk berjaga-jaga simpan sejumlah uang untuk kebutuhan darurat, misalnya harus naik transportasi tambahan ataupun ada benda yang rusak sehingga harus membeli yang baru.

4. Anggarkan dana untuk oleh-oleh

Urlaubsgeld

via napavalley

Sudah menjadi kebiasaan jika pulang dari liburan yang ditanya oleh teman dan kerabat adalah oleh-oleh. Sebaiknya anggarkan saja dana untuk membeli oleh-oleh walau tidak seberapa tapi bagi mereka itu merupakan penghargaan bahwa kamu ingat dengan mereka.

Kesimpulannya, semua orang bisa berwisata dengan menyenangkan asalkan realistis. Mulailah merencanakan wisata liburan dan persiapkan dananya. Sehingga tujuannya untuk refreshing dapat tercapai. Selamat merencanakan liburan!

Artikel ini merupakan hasil kerjasama Blog Blibli Friends dengan QM Financial


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY