Yuk, Manjakan Mobil Setelah Dipakai Mudik Lebaran Dengan Tips dari Ahlinya!

mobil setelah dipakai mudik

Setelah mudik lebaran, kumpul bersama keluarga besar pastinya membuat hati dan pikiran segar kembali dan senang. Seperti kamu yang membutuhkan refreshing dari aktivitas sehari-hari kamu, mobilmu juga butuh lho dirawat kembali setelah menemani perjalanan panjang mudik kamu dan keluarga. Bingung bagaimana cara merawat mobil setelah dipakai mudik?

Nah, kamu nggak perlu khawatir karena sekarang Blibli Friends akan memberikan tips merawat mobil setelah dipakai mudik langsung dari ahlinya! Yuk simak tips dari Adin, montir Suzuki Serang Banten.

KLIK DI SINI UNTUK LIHAT PAKET PERAWATAN MOBIL DI BLIBLI.COM

1. Bersihkan bagian eksterior

mobil setelah dipakai mudik
Via – prensahispanaaz

Hal yang paling pertama dilihat oleh orang-orang dari mobil pastinya eksterior. Sepulang mudik, segeralah cuci bagian eksterior mobilmu termasuk bagian roda dan kolong mobil. Jangan biarkan debu-debu dan kotoran menempel terlalu lama di mobil sehingga mengerak dan membuat cat mobilmu jadi kusam.

Cuci bersih bagian luar mobil sekaligus periksalah apakah ada bagian yang tergores atau lecet” jelas Adin.

Dengan berbagai peralatan mencuci mobil, kamu tentu bisa melakukan perawatan ini sendiri. Tapi Adin menambahkan, untuk kamu yang tidak punya waktu dan belum terbiasa mencuci mobil, nggak ada salahnya membawa mobilmu ke salon mobil.

VOUCHER CAR WASH YANG SANGAT DITUNGGU MOBILMU ADA DI SINI

2. Bersihkan bagian interior mobil

mobil setelah dipakai mudik
Via – 1freewallpapers

Biasanya ketika mudik kita membawa berbagai hal masuk ke dalam mobil. Mulai dari perabotan, makanan hingga minuman dan bahan makanan yang berbau tak sedap. Jika berbagai kotoran yang tersisa karena bawaanmu dibiarkan, jangan heran jika mobilmu ikut berbau tak sedap.

Bersihkan bagian dalam mobil, terutama di bagian bawah dan karpet yang pasti dipenuhi debu. Bila perlu gunakanlah penyedot debu! Jangan lupa juga untuk membuang sampah-sampah yang ada di dalam mobil dan tambahkan pewangi mobil yang baru”, terang Adin. Jangan biarkan bagian dalam mobil setelah dipakai mudik jadi kumuh ya!

BELI PERALATAN UNTUK MEMBERSIHKAN INTERIOR MOBIL DI SINI

3. Cek oli semua bagian mesin dan air radiator

mobil setelah dipakai mudik
Via – autofresh

Buat kamu yang pergi mudik, baik dalam jarak jauh maupun dekat, mesin mobil tentu sudah bekerja dengan keras dan butuh dimanjakan. Karena itu, cobalah cek oli semua bagian mesin mobil kamu dan juga air radiator. Apabila kering segera isi dengan air yang baru secukupnya.

“Gantilah oli mesin, oli power steering, oli kopling, minyak rem, dan periksa air radiator, washer wipper, aki, dan lakukan balancing” jelas Adin.

Adin menambahkan, jika terlalu sulit jangan ragu untuk meminta bantuan bengkel mobil yang tentu sudah memiliki tenaga profesional.

KLIK DI SINI UNTUK BELI VOUCHER PERAWATAN MESIN MOBIL

4. Cek suspensi mobilmu

mobil setelah dipakai mudik
Via – Car Pro

Selama perjalanan mudik, suspensi bekerja meredam getaran dan lonjakan untuk menjaga keseimbangan mobil dari jalan-jalan yang berlubang dan bergelombang. Periksa kembali keadaan suspensi mobil untuk mengetahui apakah ada tanda-tanda kerusakan. Tentunya kamu perlu menganti jika memang terdapat komponen yang rusak.

“Cek kondisi suspensi, as roda, shock absorber, gardan, dan yang lainnya. Jika terjadi kerusakan segera diganti supaya tidak mempengaruhi komponen yang lainnya. Jika tak segera diganti, akan membahayakan saat dipakai” ujar Adin saat menerangkan komponen apa saja yang harus diperhatikan ketika memeriksa keadaan mobil setelah dipakai mudik.

KLIK DI SINI UNTUK BELI VOUCHER SERVICE MOBILMU

5. Jangan lupa velg dan ban

mobil setelah dipakai mudik
Via – rumahbengkel

Jalanan yang berlubang, begelombang, hingga berbatu bisa saja kamu temui selama perjalanan mudik. Karena itu, periksalah kondisi ban mobil apakah ada bagian yang sobek. Mulai dari tekanan anginnya, hingga benda-benda tajam yang mungkin saja menempel di banmu. Jangan lupa juga memastikan kondisi velg, apakah mengalami kepenyokan atau masih baik.

“Orang-orang biasanya menyepelekan ban dan velg mobil. Memang perawarannya sangat gampang, tapi kalau nggak diperhatikan juga percuma. Selain periksa, coba lakukan balancing dan spooring di bengkel langganan. Hal ini berguna untuk menjaga keseimbangan mobil” ucap Adin menekankan betapa pentingnya memperhatikan ban dan velg mobil.

TEMUKAN VOUCHER PERAWATAN BAN DAN VELG DI SINI 


Nah, demikian tips dari Adin untuk menjawab kebingungan kamu saat hendak merawat mobil setelah dipakai mudik. Buat kamu yang bingung cari bengkel yang terpercaya atau ingin melakukan perawatan sendiri, temukan berbagai alat perawatan mobil atau bahkan bengkel yang keren dan terpercaya di Blibli.com!

Tunggu apa lagi? Yuk, langsung #BlibliSekarang paket perawatan mobil hanya di Blibli.com!

KLIK DI SINI UNTUK LIHAT PAKET PERAWATAN MOBIL DI BLIBLI.COM

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY