Ketika membeli mobil pertama kalinya, tentunya kita ingin mobil baru tersebut awet dan senantiasa berada dalam keadaan prima. Komitmen tinggi untuk bertanggung jawab atas keadaan mobilmu harus mulai dibiasakan. Untuk membantu kamu, para pemilik mobil baru, tetap ingat. Blog Blibli Friends sudah menyiapkan beberapa reminders, biar kamu terus giat merawat mobil pertama kamu!

1. Pertahankan kilat sempurna agar senantiasa terlihat baru!

mobil pertamaPernah lihat mobil yang debunya sudah menumpuk dan saking tebalnya, orang bisa menggambar di kacanya? Jangan sampai mobil kamu dibiarkan kotor sampai separah itu!

Ada sejumlah noda yang kalau didiamkan bisa menempel dan merusak lapisan cat mobil. Oleh karena itu, kamu perlu membersihkan mobil setidaknya seminggu sekali dengan pembersih serbaguna, atau setiap kali kamu menerobos hujan dan lumpur. Jangan lupa untuk memastikan kejernihan kaca jendela dan cermin!

Selain bersih-bersih, kamu juga bisa menggunakan wax untuk melapisi cat mobilmu. Dengan begitu, lapisan asli cat mobil jadi lebih terlindung dari elemen cuaca yang tidak bersahabat. Tetap mengkilap!

2. Simpan mobil pertama kamu di tempat yang aman

mobil pertama
Ketika kamu mengistirahatkan mobilmu, pastikan kamu menyimpannya di tempat yang aman. Paling ideal adalah menyimpan mobilmu di garasi tertutup agar terhindar dari sinar matahari langsung, angin, dan juga hujan. Selain itu, jangan lupa untuk memanaskan mesin mobil kalau mobil tidak dipakai dalam waktu yang lama.

Nah, untuk keamanan yang lebih baik, kamu bisa perlu menggunakan kunci setir ketika mobil disimpan. Tips tambahan, beberapa instruktur menyetir merekomendasikan agar mobil diparkir dengan bagian belakang mobil menghadap ke pintu keluar. Hal ini semakin menyulitkan pencuri kalau mereka ingin mengeluarkan mobil!

3. Pastikan kamu tahu cara mengganti ban

mobil pertamaTerkadang jalan yang kita lalui ketika berkendara itu tidak selalu mulus. Terkadang, bisa saja ada objek tajam yang tergeletak di jalan. Alhasil, ban kmudah terkikis dan pecah.

Sebagai pemilik mobil baru kamu harus siap! Pelajari cara mengganti ban. Siapkan perlengkapannya, seperti dongkrak, jack, dan kunci ring-pas, di bagasi kamu. Jangan lupa juga yang terpenting, selalu bawa ban cadangan!

4. Beberapa trik untuk memastikan ban tetap optimal

mobil pertamaBan itu penting karena banlah yang bersentuhan langsung dengan tanah. Seiring dengan penggunaan, durabilitas ban mobil kamu juga akan berkurang. Satu hal yang pasti, tekanan angin dalam ban akan berkurang sedikit demi sedikit. Oleh karena itu, selalu periksa tekanan angin ban mobilmu setiap beberapa minggu sekali.

Bersihkan ban mobil yang kotor oleh tanah dan kerikil agar performanya tetap optimal. Pasalnya, ban mobil yang kotor akan kehilangan daya ‘cengkeramnya’.

5. Perawatan rutin itu penting

mobil pertamaUntuk kamu yang mau mandiri, ada 3 hal yang bisa kamu lakukan secara rutin. Mengganti oli mobil setiap 5.000 km, mengganti filter udara setiap 18.000 km, dan melakukan rotasi roda setiap 5.000 km. Mobil pertama jangan dibiarkan cepat rusak!

Kalau kamu merasa kesulitan atau takut melakukan kesalahan, kamu bisa mempercayakan hal tersebut pada para ahli di bengkel dan memeriksakan mobil sesuai dengan rekomendasi bengkel.

Bagaimana? Apa kamu sudah siap untuk menjaga dan merawat mobil barumu? Kalau belum, langsung persiapkan dirimu dengan mengunjungi segmen otomotif Blibli.com.

Mulai dari perlengkapan kebersihan sampai peralatan darurat mobil, semuanya tersedia di Blibli.com. Kamu tinggal pesan secara online sekarang! Yuk, sayangi mobil pertama kamu biar tahan selamanya!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY