Menata kamar bayi tentu bukan perkara yang bisa dianggap remeh. Berbeda dengan menata kamar orang yang lebih dewasa, menata ruangan tidur untuk si kecil memiliki pertimbangan yang lebih banyak.

Selain keperluan si kecil yang banyak, moms juga bakal melakukan banyak aktivitas di dalam ruangan ini. So, penting banget untuk membuat kamar si kecil senyaman dan semaksimal mungkin. Berikut ini merupakan 6 tips buat moms untuk menata kamar bayi yang sempurna!

1. Perhatikan barang-barang utama yang harus ada

menata kamar bayi
Via – Pixel 2103

Tentu moms bisa memasukkan apa saja ke dalam kamar si kecil. Tapi, ada beberapa hal yang wajib moms siapkan sebelum menata kamar bayi. Apa saja hal itu?

Ranjang Bayi

Tentu satu set ranjang bayi merupakan hal wajib pertama. Pilihlah ranjang bayi yang memiliki trali pengaman. Lebih baik lagi jika tempat tidur tersebut tidak terlalu tinggi sehingga tetap aman bagi si kecil jika tiba-tiba trali pengaman tidak berfungsi.

Meja Ganti Popok

Meskipun pada dasarnya bisa dilakukan di mana saja, namun menyediakan meja khusus untuk menganti popok akan jauh lebih nyaman tidak hanya buat si kecil tetapi juga buat moms karena kegiatan menganti popok, menganti pakaian, memakaikan _lotion_ pada si kecil jadi jauh lebih mudah.

Lemari Penyimpanan

Keperluan si kecil memang sangat banyak. Mulai dari pakaian, perlengkapannya, hingga mainan. Moms perlu satu tempat yang bisa menyimpan semuanya dengan baik.

Kursi Santai

Terakhir, sebuah kursi santai untuk moms. Tentu akan ada saat di mana moms perlu menyusui si kecil, membacakan cerita, dan hal-hal lainnya bersama si kecil. Pilihlah kursi yang memiliki sandaran kaki, atau bahkan kursi goyang sehingga si kecil dan moms bisa santai bersama.

2. Memilih lantai dan dinding yang pas dalam menata kamar bayi

menata kamar bayi
Via – Andremergulhaum

Setelah semua furnitur lengkap, selanjutnya moms bisa memikirkan material untuk dinding dan lantai kamar si kecil.

Jika moms ingin menggunakan cat, pastikan cat yang digunakan tidak mengandung _toxic_ yang bisa berbahaya buat si kecil. Hindari menggunakan list-list menonjol pada dinding karena berbahaya buat si kecil.

Untuk lantai, moms bisa menggunakan material yang hangat dan tidak terlalu keras seperti kayu parket atau lantai vinil. Melengkapinya dengan karpet yang lembut bisa menjadi nilai plus sehingga si kecil tidak hanya bisa bermain dengan nyaman tetapi juga aman.

3. Menentukan warna yang tepat

menata kamar bayi
Via – RougeMagz

Fakta menggunakan warna-warni untuk merangsang penglihatan si kecil ada benarnya. Tapi, gunakanlah warna-warna yang lebih lembut dan natural seperti hijau mudah, biru muda, dan warna-warna pastel.

Warna-warna terang yang terlalu mencolok bisa membuat lelah mata si kecil. Lagipula warna-warna lembut bisa membuat si kecil merasa jauh lebih tenang. Warna-warna terang dan mencolok tetap bisa moms gunakan, kok. Tapi, aplikasikan secara minor pada perlengkapan kecil seperti boneka, bantal, atau perabot kecil untuk tambahan detil.


Baca juga:Si Kecil Kecanduan Gadget, Moms Sebaiknya Ngapain Ya?


4. Perbanyak rak penyimpanan

menata kamar bayi
Via – The Dandelion Patch

Jika moms telah melakukan tiga tahap sebelumnya untuk menata kamar bayi namun masih memiliki banyak ruang sisa, nggak ada salahnya moms menggunakannya sebagian untuk memaksimalkan ruang penyimpanan, mengingat banyak sekali keperluan si kecil.

Moms bisa memulai dengan menambah lemari, rak gantung, gantungan, dan lainnya yang bisa menambah daya tampung kamar akan keperluan-keperluan si kecil. Namun jangan terlalu besar, biar ruang sisa tidak terpakai semua.

5. Pencahayaan itu penting banget, moms!

menata kamar bayi
Via – House & Garden

Sebuah nilai tambah jika kamar si kecil memiliki akses untuk cahaya natural dari matahari. Kehadiran jendela tidak hanya membuat si kecil bisa mendapatkan cahaya matahari yang baik untuk pertumbuhannya, tetapi juga membuat sirkulasi udara di dalam kamar jauh lebih baik. Hal ini bisa mengurangi resiko berkembangnya bibit penyakit.

Untuk pencahayaan buatan, lampu pada bagian ceiling memang hal yang wajib. Tapi, nggak ada salahnya menambah penerangan dengan lampu dinding. Ketika si kecil tengah berbaring, moms bisa menggunakan pencahayaan dari lampu dinding sehingga mata si kecil tidak menatap silaunya cahaya lampu yang kurangbaik untuknya.

6. Dekorasi pelengkap apa saja yang moms butuhkan?

menata kamar bayi
Via – Pinterest

Jika semuanya sudah moms lakukan, saatnya menambah hal-hal pelengkap mulai dari dekorasi hingga pelengkapan elektronik yang diperlukan. Untuk dekorasi, moms bisa menggunakan karya seni yang penuh warna dan edukatif sehingga si kecil lebih mudah mengenal warna dan bentuk. Jika setelah menata kamar bayi ruangan masih pengap jangan lupa tambahkan ex-houst fan

Meski terlihat merepotkan, sebenarnya menata kamar bayi adalah hal yang menyenangkan. Walau moms perlu memikirkan banyak detil, namun proses dekorasi dan penataan bersama dads pasti bakal seru. After all, ini semua untuk buah hati kesayangan moms!

Apalagi, dalam hal ini moms akan dibantu oleh Blibli.com untuk mendapatkan berbagai keperluan untuk kamar si kecil. Moms jadi nggak perlu pusing lagi dalam menata kamar bayi untuk si kecil! Sudah siap mengubah kamarnya menjadi surga baginya?


Baca juga:Ini 7 Hal yang Harus Moms Siapkan Untuk Perlindungan Si Kecil!


Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY