Bagi kamu yang tinggal di kota-kota besar, tinggal di apartemen mungkin menjadi salah satu pilihan yang sangat praktis. Kamu bebas melakukan banyak hal, dan selalu ada pengurus yang membantu dalam segala situasi apartemen.

Namun, di luar itu, banyak juga hal-hal yang membuat tinggal di apartemen menjadi nggak senyaman tinggal di rumah. Salah satunya adalah tata ruangnya.

Buat kamu yang tinggal atau ingin memulai tinggal di apartemen, berikut beberapa tips tata ruang biar makin nyaman, namun sekaligus anti-mainstream!

1. Putih semua? Why not!putih-semua


Via Good Home Design

Setiap orang memiliki warna favorit, tapi nggak semua warna cocok untuk diaplikasikan pada ruang interior. Apalagi untuk ruang-ruang yang terbatas seperti di apartemen.

Untuk itu, kamu bisa membuat warna apartemen kamu menjadi super putih! Mulai dari lantai, dinding, hingga perabotan utama.

Selain karena warna ini netral, warna putih akan membuat apartemen yang cenderung memiliki pencahayaan terbatas menjadi lebih terang. Selain itu, kamu bisa menambah pernak-pernik dengan warna favorit dan membuatnya lebih menonjol!

Hanya saja, kamu perlu rajin bersih-bersih ya!

2. Serba transparan!transparan

Via Mmilo Home

Selain minim penerangan, biasanya masalah klasik apartemen adalah ruang-ruang yang sempit. Untuk itu, coba deh perbanyak perabotan berbahan kaca atau bahan transparan lainnya.

Pengunaan furniture transparan seperti ghost chair akan membuat ruang terasa jauh lebih luas, lho! Hal ini pastinya membuat apartemen kamu jadi lebih unik dan elegan.

 3. Perabot yang melayangmelayang

Via Cutenareta

Salah satu cara menampilkan kesan sempit sekaligus memaksimalkan ruang penyimpanan adalah membuat perabotan yang melayang. Mulai dari meja hingga lemari penyimpanan semua bisa kamu buat melayang.

Manfaatkan dindingmu! Menyapu menjadi lebih unik, karena semakin sedikit sudut dan sisi yang tertutup. Kalau jago, kamu bahkan hanya perlu menggeser kursi! Kalau bisa kamu gantung juga, lebih bagus lagi!

4. Go curvy!curvy


Via Cleveland

Apartemen cenderung memiliki layout ruang yang kotak dan membosankan. Nggak ada salahnya kamu memasukkan elemen curvy ke dalamnya yang dituangkan melalui perabotan, dekorasi, atau sekadar pola-pola pada lantai, dinding, atau jendela.

Tips ini menambah dinamika yang sedikit futuristik namun homey dalam apartemenmu. Silahkan di coba!


BACA JUGA Tips Menata Ruang dan Perabotan untuk Kamu Pasangan Muda Pengantin Baru!


5. Yuk, hijaukan apartemen-mu!hijaukan

Via Moon to Moon

Salah satu perbedaan mencolok dari rumah dan apartemen adalah ketersediannya lahan untuk menanam. Namun, jangan jadikan ini alasan untuk nggak memasukkan elemen hijau ke dalam apartemenmu.

Kamu bisa DIY sedikit dan ciptakan taman kecil dengan berbagai tanaman mini yang mudah dirawat. Manfaatkan balkon kecil kamu, ruang di dekat jendela kamar maupun dapur. Selain bisa mempercantik, kehadiran tanaman-tanaman ini memberikan hembusan kesegaran yang berbisik ‘rumah’.

6. Perhatikan tata rak, lemari, penyimpanan!penyimpanan

Via 2modern

Supaya nggak berantakan karena luas ruang nggak sebanding dengan jumlah barang yang kamu miliki, kamu perlu memaksimalkan segala jenis bentuk ruang penyimpanan.

 

Meskipun begitu, nggak berarti penyimpanan kamu harus kaku dan monoton. Kamu bisa menyusun dan mengatur rak penyimpananmu secara efisien biar nggak cuma unik, namun bisa muat semua barang dengan pas-pasan!
Untuk ini, kamu bisa memanfaatkan promo “SUSUN SESUKAMU” dari Blibli.com yang memungkinkanmu mendapatkan rak penyimpanan berbagai ukuran untuk kamu kreasikan di dalam apartemen sebebas-bebasnya! Tertarik?

7. Hilangkan ruang-ruang sudutsudut

Via W Hollywod

Satu lagi cara agar ruang terlihat luas dan menarik adalah dengan memanfaatkan semua ruang sudut dan menghilangkan sudut-sudut yang nggak terpakai.

Kamu bisa menggunakan berbagai perabotan siku yang memang diperuntukkan di sudut-sudut ruangan. Atau, kamu bisa menciptakan ruang duduk sederhana di sudut ruang. Hal ini akan membuat ruang sudut di apartemen kamu jadi lebih fungsional, loh! Contohnya seperti gambar di atas.

Nggak susah bukan, menyulap apartemen biasa menjadi luar biasa? Hal yang terpenting bukanlah kenyamanan di mata, namun juga di hati dan raga. Ikut tips-tips di atas dan mungkin kamu nggak akan kepikiran membeli rumah!

Yuk, buruan mulai “SUSUN SESUKAMU” perabotan yang kamu miliki! Cukup klik Blibli.com, kamu sudah bisa menemukan berbagai jenis kebutuhanmu untuk memodifikasi tampilan apartmenmu!

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY