Pernah terpikir bagaimana para fotografer bisa mendapatkan foto berkualitas baik, meskipun gambar diambil dalam keadaan kurang cahaya? Misalnya, memotret malam hari yang tricky karena perubahan situasi karena lampu-lampu.

Tapi, karena alasan yang sama, Fachri Fatah menganggap memotret malam hari itu menarik. Kok, bisa? Yuk, simak tips memotret malam hari dari Fachri di bawah ini supaya hasil jepretan-mu makin ciamik!

CEK KAMERA YANG OKE BUAT MEMOTRET MALAM HARI, YUK!

1. Pakai bukaan lensa yang besar

memotret malam hari
Via – @fachri12

Kamu pasti udah tahu, kan bahwa tiap kamera itu dilengkapi dengan lensa berbagai macam. Nah, khusus untuk memotret malam hari, Fachri menyarankan untuk membawa lensa dengan bukaan yang besar seperti lensa f1.4.

Alasannya, kamera akan lebih leluasa menangkap cahaya sehingga gambar akan lebih detail, cerah, dan fokus. Kalau sekarang, Fachri menggunakan kamera Sony A7 dengan lensa 50 mm, 85 mm, dan 30 mm.

KLIK DI SINI UNTUK MENDAPATKAN LENSA SONY YANG TERBAIK!

2. Perhatikan sensitivitas cahaya, perhatikan ISO

memotret malam hari
Via – @fachri12

Masih banyak yang belum mengerti apa kegunaan ISO di tiap kamera? ISO menandakan tingkat kesensitivitasan kamera terhadap cahaya. Semakin tinggi angka ISO yang kamu gunakan, semakin banyak bintik halus (grain) yang muncul pada gambar.

Dalam kata lain, gambar yang dihasilkan akan lebih detail karena menangkap titik-titik cahaya yang lebih banyak. Fachri yang sudah menekuni dunia fotografi selama 5 tahun ini merekomendasikan ISO 1600 atau sesuai kemampuan kamera untuk memotret malam hari.

PILIH KAMERA TERBAIK UNTUK MEMOTRET MALAM HARI DI SINI!

3. Pakai tripod untuk fokus yang lebih mantap

memotret malam hari
Via – @fachri12

Nah, alat-alat apa aja, sih yang mesti dibawa untuk memotret malam hari yang sempurna? Menurut Fachri, kamu akan sangat membutuhkan tripod untuk tujuan itu. Apalagi kalau mau memotret suasana kota dengan kelap-kelip lampu yang cantik.

Kamera akan membutuhkan waktu minimal 3 menit untuk mengumpulkan cahaya atau shutter. Meskipun begitu, kamu juga bisa menemukan cahaya yang baik dalam artian cahaya terisi ke semua objek di bawah 3 menit, kok. Kata Fachri, makin rendah shutter-nya, makin bagus!

BERBAGAI MACAM TRIPOD BISA KAMU TEMUKAN DI SINI!

4. Terus berlatih dan eksplorasi adalah koentji

memotret malam hari
Via – @fachri12

Fachri yang awalnya berprofesi sebagai pengacara ini akhirnya memutuskan untuk menggeluti dunia fotografi lebih dalam. Bukan suatu keputusan yang mendadak, semua keahlian dan pengetahuan tentang fotografi itu didapatkan dari berbagai sumber dan latihan.

So, kamu pun bisa begitu! Kamu bisa mulai memotret malam hari ketika liburan, acara ulang tahun teman, atau apa pun. Seperti Fachri, kamu bisa mulai memotret lewat smartphone. Selain Sony A7, Fachri biasa menggunakan iPhone 6, Fujifilm x100, dan analog Fujica ST-701.

SEGERA DAPATKAN KAMERA TERBAIK UNTUK HASIL MEMOTRET MALAM HARI YANG SEMPURNA


Sekiranya begitulah tips memotret malam hari dari Fachri. Kalau kamu masih kurang puas dengan hasil yang didapatkan, coba belajar editing juga, ya. Nggak harus di laptop, kok. Fachri sendiri merekomendasikan aplikasi editing, seperti lightroom dan snapseed. Kamu bisa temukan hasil memotret Fachri Fatah di @fachri12 atau di sini.

Sekarang, kamu sudah tahu tips memotret malam hari untuk acara-acara selanjutnya. Jadi, tinggal tentukan mau gunakan kamera yang mana? Mulai memotret malam hari yang lebih sempurna, #BlibliSekarang!

DI SINI KAMU BISA MENDAPATKAN KAMERA, LENSA, DAN TRIPOD IDAMAN

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY