Kamu sayang motormu? Namun, merasa motormu tampil terlalu polos? Merasa ada fitur yang kurang di motormu? Kalau kamu merasakan hal tersebut, memodifikasi motor bisa jadi jawaban yang kamu cari.

Memodifikasi motor itu sebenarnya tidak sulit, tapi kalau dilakukan tanpa pengetahuan atau perencanaan, hasilnya bisa penuh bencana! Untungnya, bagi kamu yang tenang dalam hal ini, Blibli Friends punya beberapa tips do dan don’t terpenting dalam modifikasi.

Do: ketahui tujuan modifikasimu terlebih dahulu. Jangan asal nembak!

memodifikasi motor
Via – Technetnepal

Ada motor yang dimodifikasi untuk terlihat keren, ada juga yang dimodifikasi agar semakin nyaman dikendarai. Di luar itu, modifikasi motor bisa juga dilakukan dengan pertimbangan aerodinamis untuk meningkatkan performa.

Agar kamu tidak menghambur-hamburkan dana dengan sembarang memodifikasi motor kamu, sebaiknya kamu tetapkan dulu tujuannya. Kalaupun tujuan modifikasimu adalah untuk memperbaiki tampilan, tentukan juga kesan tampilan apa yang kamu incar. Garang? Trendy? Bling bling?

Don’t: ditegur polisi gara-gara modifikasi!

memodifikasi motor
Via – Courierfrog

Banyaknya pilihan modifikasi yang ada memang menggiurkan, tapi kamu harus tetap ingat peraturan! Salah satu hal yang suka terlewat adalah ketika ingin memasang full body paint. Jangan sampai kamu memasang warna cat yang berbeda dari keterangan di STNK.

Hindari juga knalpot yang bunyinya terlalu nyaring dan dapat mengganggu orang di sekitar. Selain itu, kamu juga lebih baik menghindari klakson yang bunyinya ambigu. Bukannya memperingatkan pengemudi lain, bisa-bisa klaksonmu malah disalah artikan.

Nggak ingin kan diberhentikan Pak Polisi atau bahkan dilaporkan gara-gara modifikasi motormu?

Do: percayakan motormu pada ahlinya

memodifikasi motor
Via – Autocar India

Modifikasi motor itu tidak bisa main-main! Apalagi kalau sudah berkaitan dengan struktur motor. Nggak mau kan lagi enak-enak berkendara dan tiba-tiba, motormu terbelah dua!

Meskipun terdengar ekstrem, hal tersebut bisa terjadi. Terutama kalau orang yang mengerjakan modifikasimu tidak terlatih. Dia bisa merubah bentuk motor tanpa tahu dampaknya terhadap integritas struktur motor secara keseluruhan.

Oleh karena itu, lakukan modifikasi di tempat-tempat yang sudah terjamin dan memiliki teknisi yang terkualifikasi. Ingat, jangan mempercayakan motor kesayanganmu pada sembarang orang!

Don’t: membuat motor menjadi berbahaya!

memodifikasi motor
Via – BCM Touring

Ada beberapa modifikasi yang mungkin pada awalnya terdengar keren dan fungsional, tapi memiliki implikasi berbahaya! Ketika memilih modifikasi motor, kamu juga harus memikirkan dampaknya terhadap seluruh pengguna jalan yang lain.

Contohnya, peredam suara untuk knalpot. Kalau motormu susah didengar, bisa-bisa pengemudi dan pejalan kaki tidak menyadari kedatangan motormu. Hal ini makin berbahaya kalau kamu berada di jalan sempit, penuh belokan, dan blind spot.

Contoh lainnya adalah lampu motor. Kamu mungkin berpikir kalau semakin terang lampu maka akan semakin baik. Tapi, kalau lampu sorotmu terlalu terang, kamu bisa membutakan pengemudi lain dan membuat jalan semakin berbahaya!

Do: Your best dalam memodifikasi motor

memodifikasi motor
Via – torturedmind

Terakhir, sebelum memodifikasi motor, pastikan dulu kamu nggak akan separuh-separuh mengerjakannya. Ingat, segala sesuatu yang keren itu butuh usaha dan waktu. Jangan malah berhetni di tengah jalan, makin jelek adanya karena bentuknya nggak sempurna! Jadi, do your best!

Nah, kalau kamu belum mau coba sendiri, dan pengen mencari motor-motor kustom yang terjamin, kamu bisa mencoba Yamaha Custom Bike yang ada di Blibli.com! Kamu bisa memesan motor edisi Yamaha Custom Bike dengan cicilan 0% 24 bulan. Yuk, langsung lihat motornya!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY