me

Tips Memilih Tas Kamera yang Tepat: Melindungi Investasi Fotografi Kamu

Aug 18, 2023.By
Bagikan

gearpatrol.com

Berikut tips memilih tas kamera yang paling pas untuk kamu, yuk baca.

Cicilan 0% Gadget

Tips memilih tas kamera penting untuk Blibli Friends ketahui, apalagi kalau kamu hobi sama yang namanya fotografi, terlebih jika profesi kamu adalah fotografer. Maka dari itu, kamu perlu tahu tas kamera yang paling tepat buat membawa perlengkapan kameramu ke mana-mana.

Biar tahu tipsnya, simak ulasan berikut ini ya.

Baca juga: 5 Tas Kamera Fashionable Multifungsi, Cocok Untuk Travelling di Musim Panas!


Tips Memilih Tas Kamera

Hal terpenting yang menjadi kunci dalam memilih tas kamera, yaitu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu. Jadi, sesuaikan juga dengan jenis kamera yang dimiliki. Untuk selengkapnya, berikut tipsnya.

Menyesuaikan dengan Model Kamera

Menyesuaikan dengan Model Kamera
bola.com

Tips yang pertama yaitu menyesuaikan tas dengan model kamera. Mungkin hal ini terasa sepele dan bukannya sudah pasti, iya kan. Namun, ada kalanya seseorang memilih tas kamera tapi terlupa untuk memastikan apakah tasnya sudah paling pas buat kamera kamu, sesuai atau nggak.

DOSS Herringbone Medium Maniere Tas Kamera

Nggak sedikit tas kamera yang terlihat keren. Akan tetapi, bisa jadi sebenarnya tas tersebut kurang tepat buat model kamera yang kamu punya. Hal ini lebih penting lagi jika kamu membeli tas kamera secara online, mungkin di e-commerce atau toko-toko yang ada di media sosial, semisal Instagram.

Jadi, cek benar-benar, apakah tas tersebut sudah pas untuk model kamera kamu. Apakah kamera kamu bisa muat di dalam tasnya saat tas tersebut ditutup? Kamu bisa memperhatikan detail bahan serta ukuran tas kamera, sebelum memutuskan untuk benar-benar membelinya.

Menyesuaikan dengan Kegiatan Kamu

Menyesuaikan dengan Kegiatan Kamu
canvasprints.com

Berikutnya, coba kamu ingat-ingat lagi, sebenarnya kamu membeli tas kamera ini untuk kegiatan apa. Hal ini juga penting banget. Hal tersebut karena setiap kegiatan itu ada risikonya. Selain itu, intensitas setiap kegiatan juga berbeda. Nah, jadi kamu nggak dapat memilih asal sembarangan saja.

Mengetahui kegiatan fotografi yang biasa kamu lakukan, bakal berpengaruh terhadap bahan dan model tas kamera yang akan kamu gunakan. Maka dari itu, kamu bisa pilih tas kamera untuk saat di jalan berkendara, atau mungkin mendaki gunung, atau mau buat yang santai aja seperti jalan-jalan.

Jadi, tujuannya nggak cuma untuk bikin penampilanmu nyaman dipandang dengan tas tersebut, tapi terutama, juga supaya kameramu yang kamu bawa ke mana-mana, itu aman terlindungi. Sebab, setiap kegiatan berbeda waktu dan tempat juga intensitas. Jadi, kamu sesuaikan, yah.

Bukaan, Kompartemen, dan Ukuran Tas

Bukaan, Kompartemen, dan Ukuran Tas
nymag.com

Selanjutnya, ada tiga poin penting yang juga perlu kamu perhatikan. Ketiga poin tersebut yaitu bukaan tas, lalu kompartemen di dalamnya, dan terakhir ukurannya. Coba kamu pertimbangkan, apakah tas pilihanmu tersebut bisa membawa kameramu sekaligus perlengkapannya.

Soalnya, kamu nggak cuma bawa kamera saja. Ada banyak perlengkapan kamera yang wajib kamu bawa di dalam tas. Jadi, coba cek apakah tas tersebut punya kompartemen yang terpisah dan tasnya menyediakan proteksi yang bagus. Kalau beli online, cek foto tas dari semua sudut, luar dan dalam.

Sementara, kalau tentang bukaan tas, hal ini lebih terkait dengan kenyamanan kamu saat menggunakannya. Kalau tasnya punya model bukaan yang pas, kamu bakal mudah untuk mengakses kameramu, serta menyimpan kamera kembali dengan memasukkannya ke dalam tas tanpa ribet.

Mengecek Kualitas dari Tas Kamera

Mengecek Kualitas dari Tas Kamera
nymag.com

Poin yang ini juga penting karena kamu bakal pakai tas kamera buat membawa kameramu. Kamu akan menyimpan kamera kamu di dalamnya. Sementara, kamera merupakan barang yang bernilai. Oleh karena itu, kamu wajib memastikan kualitas dari tas kamera yang kamu gunakan tersebut.

Mulai dari bahan, kualitas produksinya, kekuatan tas, sampai detail lainnya, semua harus kamu pastikan sudah sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Pastikan juga kamu beli produk yang berkualitas dan produknya original alias asli, biar kualitas dan harganya benar-benar sesuai.

Sebab, perlu diakui nggak sedikit produsen tas itu kurang perhatian sama kualitas produknya, tapi cuma mengutamakan harga yang terjangkau. Maka dari itu, biar kamu pasti dapat tas yang bagus untuk menjamin keselamatan kameramu, pastikan produknya memang sangat bisa kamu andalkan.

Memilih Model Tas Sesuai Keperluan

Memilih Model Tas Sesuai Keperluan
sfbags.com

Kalau kamu cek dulu di pasaran, model tas kamera itu ada beberapa macam. Modelnya ada yang tas punggung, sling bags, shoulder bags, roller bags, sampai tas yang modelnya berupa modular system. Nah, kamu bisa membedakan dengan mudah saat melihat model tas yang akan kamu beli tersebut.

Jadi, memilih model yang dimaksud adalah menentukan bentuk tas kamera seperti apa yang kamu butuhkan. Lebih tepatnya, model tas kamera yang kamu inginkan. Maka dari itu, setelah tahu kebutuhanmu akan tas kamera, kamu bisa memilih modelnya sesuai dengan keinginan.

Model tas kamera yang banyak beragam akan memudahkan kamu dalam memilih. Ingat lagi kamu akan menggunakan tas kamera tersebut untuk dibawa ke mana dan untuk apa. Misalnya, tas kamera yang tangguh untuk membawa kamera dan tripod lengkap buat foto aktivitas outdoor, dan lainnya.

Memastikan Tas Kamera Nyaman Dibawa

Memastikan Tas Kamera Nyaman Dibawa
wellandgood.com

Nggak cuma bahan kuat dan model yang pas sesuai keinginan, tapi pastikan juga kalau tas kamera pilihanmu itu nyaman. Artinya, kamu nyaman saat membawa tas ini. Sebab, kamu bakal membawanya untuk waktu yang nggak sebentar, bahkan lama.

Maka dari itu, sudah tentu kamu memerlukan tas kamera yang mudah dibawa ke mana-mana sekaligus nyaman kamu gunakan. Kamu perlu memperhatikan faktor seperti bantalan dan tali bahu, sehingga bahumu nggak akan capek saat harus menyampirkan tas di pundak.

Perhatikan juga keseimbangan serta penyebaran beban di tas kamera. Terus, cek seperti apa kemampuan tas buat mengatur dan menyesuaikan tali bahu dan kantongnya. Jadi, nggak cuma nyaman ditenteng atau disampirkan bahu, tapi tas kamera juga harus fleksibel sehingga bisa mudah disesuaikan setelannya.

Mempertimbangkan Harga dengan Cermat

Mempertimbangkan Harga dengan Cermat
travelandleisure.com

Nah, setiap tas kamera pasti punya kualitas yang berbeda-beda dan harganya tentu harus sesuai dengan kualitasnya. Oleh karena itu, kamu perlu memastikan hal tersebut. Caranya, pastikan kamu memperhatikan detail dari tas kamera yang mau dibeli, cermati setiap sisi dan sudutnya.

Di samping itu, kamu juga wajib mengecek apakah tas tersebut adalah produk yang asli. Nggak sedikit tas kamera yang nggak asli atau model kw dijual di pasaran. Jadi, yang cermat, ya. Sementara, untuk harga tas tersebut, memang relatif banget. Nggak bisa kamu samakan antara satu dan lainnya.

Namun, satu hal yang pasti, yaitu produk yang berkualitas biasanya menawarkan tas kamera dengan harga yang pantas. Jadi, ya harganya layak untuk kualitas produknya. Kalau tasnya bagus, nggak akan heran jika banderol harganya mungkin lebih tinggi. Namun, ada kok, tas kamera bagus yang nggak mahal, semisal kamu beli online dengan harga diskon.


Baca juga: Cara Merawat Tas Kamera Biar Nggak Cepat Rusak 

Nah, barusan adalah tips memilih tas kamera yang bagus sesuai kebutuhanmu. Kalau kamu lagi mencari tas serta aksesori dan perlengkapan kamera, semua ada di Blibli! Beli sekarang dan dapatkan harga diskon hingga promo gratis ongkir.

Tag: