Tips Memilih Sekolah Anak: Jangan Lupa Perhatikan Biaya Pendidikan!

tips memilih sekolah anak
sumber: popmama.com

Sekolah adalah lingkungan kedua bagi anak setelah keluarga dan faktor penting untuk tumbuh kembang anak. Anak akan mendapat berbagai ilmu-ilmu baru baik akademis maupun nonakademis. Lebih lagi, anak akan belajar cara bersosialisasi dengan teman-teman baru.

Dalam hal memilih sekolah, Bubu dan Pak Suami harus penuh pertimbangan, apalagi untuk sekolah pertama anak. Ada banyak faktor yang memengaruhi pemilihan sekolah untuk anak, yuk simak beberapa tips memilih sekolah anak ini supaya tidak salah pilih.

tips memilih sekolah anak

  1. Usia Anak

Usia anak adalah salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk sekolah. Hindari memasukkan anak ke sekolah pada usia yang terlalu kecil karena otak anak masih dalam tahap perkembangan. Selain itu, sesuaikan juga usia anak dengan cara pembelajaran dan pengajaran di sekolah. Perlu diingat bahwa tidak ada batasan usia untuk memulai sekolah karena setiap anak memiliki proses yang berbeda-beda.

  1. Potensi dan Karakter Anak

Bubu pastinya harus terlebih dahulu tahu potensi dan karakter anak. Maka dari itu, sekolah yang dipilih untuk anak harus dapat menyalurkan serta mengembangkan potensi anak. Jangan sampai salah pilih ya Bubu, bisa-bisa potensi anak justru melemah karena salah pilih sekolah. Karakter anak juga perlu diperhatikan lho, Bubu. Maka dari itu, pilih sistem sekolah yang cocok supaya anak mudah beradaptasi dan bersemangat sekolah.

tips memilih sekolah anak
sumber: stella-maris.sch.id
  1. Sistem Sekolah

Sebelum mendaftarkan anak ke sekolah, pastikan Bubu dan Pak Suami sudah tahu tentang sistem sekolah yang menjadi opsi pilihan, ya. Ada beberapa sistem sekolah yang perlu diperhatikan demi kenyamanan anak bersekolah.

  • Lokasi dan Lingkungan Sekolah

Pastikan lokasi yang tidak terlalu jauh, terlalu lama di perjalanan dapat membuat anak bete duluan sebelum sampai sekolah. Hal ini mempengaruhi mood belajar anak lho. Pilihan lingkungan sekolah juga harus menjadi perhatian ya Bubu. Pilihlah lingkungan yang nyaman untuk anak, ajak anak ketika survey sekolah adalah cara yang tepat untuk mengetahui ini.

  • Jam dan Jadwal Sekolah

Ketika mencari sekolah untuk anak, pastikan jam sekolahnya jelas ya Bubu. Sesuaikan jam sekolah dengan umur dan kelas anak, karena setiap jenjang pasti berbeda-beda kemampuannya. Jam sekolah yang terlalu lama atau terlalu sebentar bisa berpengaruh untuk perkembangan potensi dan ilmu anak, lho. Selain itu, pastikan sekolah sudah memiliki jadwal yang jelas terkait dengan pelajaran dan aktivitas anak. Bukan hanya jam belajar akademis, Bubu juga perlu tahu jam dan jadwal kegiatan ekstrakurikuler anak di sekolah. Hal ini penting untuk mengontrol kegiatan anak dan mempersiapkan energinya untuk melewati hari.

  • Kualitas Guru

Guru adalah orang tua anak di sekolah, sehingga kualitas guru juga perlu diperhatikan. Bubu harus pilih sekolah dengan guru yang berkualitas, komunikatif, dan profesional. Cara paling mudah untuk mengetahui ini adalah ikut free trial class di sekolah-sekolah tertentu.

  1. Fasilitas Sekolah

Ini nih bagian penting yang harus diperhatikan, Bubu. Fasilitas sekolah adalah salah satu faktor kenyamanan anak di sekolah, apalagi anak harus menghabiskan kebanyakan waktunya di sekolah. Bukan hanya kenyamanan, fasilitas sekolah juga harus menunjang pembelajaran anak. Misalnya, ketersediaan komputer untuk mata pelajaran tertentu dan lapangan luar untuk mata pelajaran olahraga.

tips memilih sekolah anak

  1. Kesiapan Orang Tua

Bukan hanya harus mempersiapkan sekolah dan anak, tapi orang tua juga perlu siap untuk menyekolahkan anak. Biaya pendidikan adalah faktor penting yang harus diperhatikan. Sekolah adalah pengeluaran jangka panjang yang harus diperhitungkan biayanya.

Selain tips memilih sekolah anak di atas, perhatikan juga berbagai kemudahan dalam mengontrol anak serta menyediakan cara bayar pendidikan online yang disediakan oleh sekolahnya ya, Bubu. Pastikan pilih sekolah yang memberi kenyamanan kepada anak dan juga orang tuanya, ya. Nah, sudah siap pilih sekolah yang tepat?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY