Saat hendak memilih laptop atau PC untuk menunjang aktivitas atau pekerjaan kantor, salah satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah memperhatikan spesifikasi prosesor yang tepat. Memilih prosesor yang tepat dapat membantu kamu dalam menyelesaikan pekerjaan secara lebih efisien. Untuk itu, kamu harus tahu jenis prosesor yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, prosesor untuk melakukan pekerjaan berat seperti membuat desain 3D, membuat animasi, editing video atau hanya untuk melakukan pekerjaan biasa seperti mengetik dokumen dan browsing saja.

Nah, biar kamu nggak salah pilih, Blibli Friends mau ngobrol dengan salah satu Tech Blogger asal Yogyakarta, Sutoro yang merupakan pemilik dari blog sutoro.web.id. Blogger yang sudah nge-blog sejak 5 tahun lalu ini akan berbagi tips cara memilih prosesor yang baik. Disimak ya!

INTIP PILIHAN LAPTOP DENGAN SPEK PROSESOR CANGGIH DI SINI

1. Memilih prosesor yang tepat sesuai kebutuhan

memilih prosesor

Menurut Sutoro, prosesor yang bagus adalah prosesor yang mampu mengolah semua kegiatan komputasi sehari-hari tanpa adanya kendala. Teknologi prosesor yang umum saat ini digunakan sudah menggunakan arsitektur 14 nm.

Pilihlah prosesor sesuai dengan kebutuhan, misalnya untuk kegiatan sehari-hari yang tidak terlalu berat bisa memilih prosesor Intel Celeron, AMD A9 series, atau Intel Core i3. Sedangkan buat kamu yang biasa memakai laptop untuk bermain game, mengedit video, atau mengedit foto bisa memilih tipe prosesor seperti Intel Core i7 atau AMD Ryzen.

PILIH LAPTOP ATAU PC IDAMANMU DI SINI

2. Pilih prosesor yang mumpuni untuk pekerjaan berat

memilih prosesor

Selanjutnya, Sutoro menyarankan jika membutuhkan kinerja yang lebih tinggi untuk melakukan pekerjaan berat, bisa memilih prosesor yang punya clock speed yang tinggi dan berbagai fitur yang mendukung seperti dilengkapi dengan hyper threading, turbo boost, dan overclocked yang berguna untuk meminimalisir kendala saat melakukan pekerjaan-pekerjaan yang berat.

Jika prosesor yang sudah kamu pilih memiliki kriteria di atas, maka tidak mustahil untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan berat seperti render video, gaming atau mendesain ilustrasi tanpa nge-lag!

BERBAGAI LAPTOP DENGAN SPEK PROSESOR YANG CANGGIH DI SINI

3. Sesuaikan dengan budget

memilih prosesor

Mau sebagus apapun prosesor yang kamu inginkan, ada baiknya sesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Tetapkan anggaranmu, lalu jadikan patokan saat sedang memilih PC atau laptop.

Terdapat berbagai variasi harga prosesor, seperti prosesor yang digunakan untuk melakukan pekerjaan ringan berkisar mulai dari 3 jutaan, medium mulai dari 6 jutaan, hingga pekerjaan dengan tingkat kesulitan tinggi membutuhkan prosesor dengan spesifikasi tinggi pula, butuh budget sekitar 10-20 jutaan.

YUK DAPATKAN LAPTOP YANG SESUAI BUDGET-MU

4. Kenali dulu macam-macam prosesor sebelum menentukan pilihan 

memilih prosesor

Tips terakhir yang bisa membantumu dalam memilih prosesor sebelum membeli laptop atau PC adalah mengetahui macam-macam prosesor yang ada di pasaran. Dilihat dari merek yang populer, terdapat dua prosesor yakni Intel dan AMD. Pilihannya pun beragam untuk Intel, seperti Intel Celeron , Intel Core i5, hingga intel Core i7. Sedangkan untuk AMD pilihannya seperti AMD E Series, AMD A Series, hingga AMD Ryzen Series.

CEK PILIHAN LAPTOP DENGAN PROSESOR YANG CANGGIH DI SINI

Setelah membaca poin-poin di atas, apakah kamu sudah lebih memahami cara memilih prosesor yang tepat? Dengan prosesor keren tahan banting, dijamin kamu bisa melakukan kegiatan apa pun tanpa hambatan lho!

Blibli.com punya banyak laptop yang didukung dengan berbagai prosesor yang bisa disesuaikan dengan budget kamu. Ada cicilan 0% dan cicilan tanpa kartu kredit juga yang bisa kamu nikmati. Nggak usah pakai bingung, yuk beli PC dan laptop dengan prosesor terbaik di #BlibliSekarang!

BELI LAPTOP BARU UNTUK AKTIVITAS KAMU DI SINI!

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY