Berawal dari hanya mengantarkan teman bermain skate di skate park, Pevi Permana pun langsung terpana dengan keseruan temannya saat berjalan di atas besi menggunakan papan skate. Apalagi saat ada yang sampai meluncur dan terbang bersama papan skate-nya. Bayangan tersebut pun membulatkan tekad Pevi untuk memilih papan skate terbaik dan menekuni permainan ini. Bahkan, dia pun nekat mengikuti pertandingan meskipun baru 3 bulan belajar!

Dengan ketekunan Pevi, ia pun kini mampu menembus berbagai turnamen papan skate skala nasional maupun internasional seperti di Boston USA (Tournament Dew Tour 2009). Semua ini berkat doa, latihan, serta dukungan papan skate yang tepat dan menunjang performa. Ingin meluncur sekeren Pevi Permana berikut tips memilih papan skate dari sang ahli.

YUK BELI PAPAN SKATE BESERTA AKSESORISNYA

1. Jangan gampang tergiur harga rendah saat memilih papan skate

memilih papan skate
Via – Steve Caveweberleifels

Jika kamu mengejar kualitas yang mumpuni, Pevi Permana dengan tegas menyarankan kamu untuk nggak mudah tergiur dengan tawaran harga yang terjangkau saat memilih papan skate.

Umumnya, Pevi sendiri mengejar harga kisaran di atas sejuta untuk sebuah papan skate. Namun hal ini sendiri tergantung dari tujuanmu apakah untuk permainan jalanan atau di skate park (bisa menggunakan jenis papan popsicle), arena transisi seperti bentuk kolam renang (bisa menggunakan jenis papan park/bowl), ataukah sekadar bermain di jalanan beraspal (bisa menggunakan jenis longboard).

Yang terpenting, kamu juga harus memastikan bahan papan skate yang berkualitas. Umumnya, papan skate terbuat dari lapisan-lapisan kayu yang dilem dan di-press menjadi satu. Jenis kayunya sendiri nggak sembarangan, yakni kayu maple yang merupakan kayu tahan empat musim. Sehingga papan skate akan terasa ringan, kuat, dan nggak mudah patah.

BELANJA PAPAN SKATE DI SINI AKAN LEBIH MENGUNTUNGKAN

2. Perhatikan ukuran saat memilih papan skate

memilih papan skate
Via – ThoughtCo

Dari ketiga jenis permainan yang dijelaskan sebelumnya, papan skate yang dianjurkan pun memiliki ukuran yang berbeda. Sebagai saran dari Pevi, demi kenyamanan bermain akan lebih baik jika kamu menyesuaikan ukuran papan skate dengan ukuran sepatumu.

Menurut pengalaman pribadi Pevi sendiri, bagi pemula biasanya memilih papan skate dari ukuran 7.75 hingga 8 inch untuk permainan skate jalanan atau di skate park. Jangan terlalu besar ya, karena nanti kamu sendiri yang kerepotan karena terlalu berat dan nggak maksimal melakukan flip trick.

Sedangkan untuk permainan di medan transisi, rata-rata ukuran yang digunakan lebih besar yakni antara 8 sampai 9 inch karena permainan ini mengutamakan kenyamanan kaki untuk mendapatkan performa terbaik.

BERBAGAI PILIHAN PAPAN SKATE SESUAI KEBUTUHANMU ADA DI SINI

3. Sesuaikan ukuran roda dari papan skate

memilih papan skate
Via – Sanjay Dastoor

Dalam memilih papan skate, ukuran roda pun menjadi faktor penentu dalam mendapatkan performa terbaik. Prinsipnya, semakin besar roda maka akan semakin cepat meluncur. Sedangkan dari kekerasan, roda yang keras akan lebih enak digunakan untuk meluncur dibandingkan yang lebih empuk.

Dari prinsip di atas, kamu tentu sudah mendapatkan sedikit gambaran bukan roda apa yang cocok untuk jenis permainan skate-mu? Untuk Pevi sendiri lebih memilih ukuran antara 52 sampai 54 mm. Menurutnya, kalau kebesaran pun juga nggak terlalu bagus untuk performanya karena sulit dikendalikan.

Jika kamu masih bingung ukuran yang pas untuk papan skate-mu, jangan khawatir. Cobalah untuk meminjam papan skate milik teman dan sering-seringlah main. Karena pada nantinya karakter dari papan skate-mu akan muncul sendirinya.

MAU BELI RODA ATAU AKSESORIS SKATE LAINNYA? CEK DI SINI!

4. Jangan lupa dicoba sebelum membelinya

memilih papan skate
Via – The Skateboard Mag

Tips terakhir dari Pevi adalah jangan lupa untuk mencoba! Seperti barang yang lain, dengan mencoba kamu bisa merasakan kekurangan papan skate ataupun menemukan chemistry dalam bermain.

Sekadar saran, Pevi juga menyarankan untuk nggak membeli papan yang polos. Lebih baik membeli yang bercorak dan menunjukkan identitasmu, sehingga saat bermain pun kamu lebih semangat dan menghasilkan mood untuk performa yang baik.

KLIK DI SINI UNTUK LIHAT KOLEKSI PAPAN SKATE BERCORAK KEREN


Setelah menyimak keempat tips memilih papan skate dari Pevi Permana di atas, apakah kamu sudah siap untuk pergi ke toko dan memilih papan skate-mu sendiri?

Ssstt… selain persiapan papan skate yang bagus, jangan lupa juga menjaga penampilan dan keselamatan dalam bermain ya! Nggak mau kan, baru berlatih sudah babak belur benjol sana-sini. Mumpung ada banyak promo di Blibli.com, yuk cek #BlibliSekarang!

YUK LENGKAPI DULU SEMUA PERLENGKAPAN SKATE-MU DI SINI

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY