Pencinta motor pasti hobi ngoprek motornya sendiri, memastikan semua komponen motor yang digunakan adalah produk terbaik. Ngomongin soal ngoprek motor sendiri, soal spare part, pasti udah jelas, pakai spare part orisinal bawaan merk motormu. Namun, gimana kalau soal tips memilih oli?

Di pasaran kan merk oli itu banyak banget dan semuanya juga mengklaim kalau produk mereka punya jaminan mutu terbaik. Nah, supaya kamu nggak bingung, Mas Iban, pencinta motor yang doyan ngoprek motor, punya tips memilih oli sendiri. Penasaran apa aja? Simak selengkapnya di sini!

CARI OLI MERK APA? DI SINI ADA, SEMUA LENGKAP!

1. Pahami dulu mesin motor

tips memilih oli
Via – @ibanooku

Tips memilih oli yang petama adalah pastikan kalau kamu paham soal mesin motormu sendiri, minimal tahun pembuatannya. Soalnya, setiap karakter mesin membutuhkan oli yang berbeda-beda.

Motor keluaran lama lebih cocok dengan oli mineral karena celah mesinnya yang lebih renggang, motor keluaran tahun terbaru lebih cocok dengan oli semi sintetik, dan motor berkompresi tinggi atau untuk balapan akan lebih cocok dengan oli sintetik.

PILIH OLI YANG SESUAI DENGAN KARAKTER MESIN MOTORMU DI SINI!

2. Pilih oli yang kental atau encer?

tips memilih oli
Via – @ibanooku

Oli yang bagus itu yang kental atau yang encer, ya? Keduanya sama bagusnya. Dalam dunia oli, kekentalan ini dikenal dengan istilah SAE. Istilah ini diambil dari akronim organisasi yang mengatur standarisasinya, Society of Automotive Engineer.

Kekentalan dalam oli bukan cuma soal konsistensi cairannya, lho. Melainkan juga kemampuan oli tersebut beradaptasi di suhu rendah maupun tinggi. Jadi, saat suhu motormu dingin, oli yang digunakan nggak akan mengental. Misalnya kamu menggunakan oli SAE 10W-40, itu berarti oli pilihanmu bisa dipakai dalam rentang suhu kode 10W dengan tingkat kekentalan tertentu, yakni suhu dingin (-20 C) dan suhu panas (150 C).

DAPATKAN BERBAGAI TINGKAT KEKENTALAN OLI DENGAN HARGA TERBAIK SEKARANG JUGA!!!

3. Utamakan keaslian oli kalau nggak mau motormu rusak!

tips memilih oli
Via – @ibanooku

Hal yang wajib banget diperhatikan saat memilih oli versi Mas Iban adalah keaslian produk. Oli yang asli kualitasnya sudah teruji dan dijamin mampu meningkatkan performa motormu.

Oli yang asli bermanfaat untuk menjaga komponen mesin, sebagai pendingin temperatur, perapat celah antara piston dengan silinder, anti karat, dan sebagainya. Sebaliknya, oli palsu yang nggak punya jaminan mutu, justru malah berisiko merusak mesin motor. Jadi, jangan asal beli!

JANGAN KEJEBAK SAMA OLI PALSU! DI SINI OLI ASLI HARGANYA SUPER TERJANGKAU, LHO!!!

4. Jangan sampai telat ganti oli!

tips memilih oli
Via – @ibanooku

Setelah kamu menentukan mana oli yang paling pas buat motormu, Mas Iban berpesan agar rajin mengganti oli motor secara berkala. Tujuannya agar performa motormu selalu optimal. Kapan waktu yang tepat untuk ganti oli? Soal frekuensi ganti oli, Mas Iban bilang bahwa waktunya nggak bisa dipastikan, tergantung kondisi motor dan jarak tempuhnya.

Kalau motormu tua, kamu perlu sering-sering ganti oli. Soalnya, umur mesin yang tua perlu perhatian yang lebih ekstra. Kemudian, apabila jarak tempuh motor jauh, sudah di atas 3000 KM, itu tandanya kamu juga harus mulai ganti oli motor. Tanda-tanda lain untuk ganti oli adalah warna oli berubah, tingkat kekentalan berubah, volume berkurang, area blok mesin lebih panas dari biasanya, dan suara transmisi terdengar kasar.

TEMPATNYA OLI BERBAGAI JENIS MERK DENGAN HARGA TERBAIK!


Setelah baca tips pilih oli dari Mas Iban, jadi semakin yakin deh, bahwa urusan oli itu nggak ribet. Cukup pilih oli yang asli dan ganti tepat waktu. Kalau masih ada yang mau ditanya soal oli atau urusan motor lainnya, kamu bisa langsung tanya sendiri ke Mas Iban di Instagramnya, @ibanooku. Fotografer muda yang hobi riding ini ramah banget, lho! Jadi, kamu nggak perlu sungkan.

Soal beli oli asli, kamu nggak perlu pusing ataupun repot nyarinya. Di Blibli.com, semua oli asli yang kamu mau ada. Nggak cuma lengkap, Blibli.com juga ngasih kamu penawaran harga terbaik dan diskon hingga 33%. Daripada kelupaan ganti oli dan bikin performa motormu menurun, yuk, mendingan langsung #BlibliSekarang!

CARI OLI MERK TERTENTU? DI SINI AJA, SEMUA LENGKAP, SEMUA TERJANGKAU!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY