Beda Kebutuhan Beda Pula Tripod yang Digunakan, Berikut Tips Membelinya!

tips membeli tripod

Buat kamu yang hobi jeprat-jepret, tripod tentunya menjadi barang wajib kedua setelah kameramu. Fungsinya adalah sebagai pengganti tangan sang fotografer agar proses pengambilan gambar tetap stabil dan tidak goyang. Namun rupanya beda kebutuhan, tentu beda pula lho, jenis tripod yang digunakan. Biar makin nggak bingung, intip dulu yuk, tips membeli tripod secara online sesuai kebutuhanmu berikut ini sebelum membelinya!

INTIP DULU KOLEKSI TRIPOD DI BLIBLI.COM YANG SESUAI DENGAN KEBUTUHANMU

1. Pilih tripod ukuran besar atau kecil?

tips membeli tripod
Via – Wirecutter

Tips membeli tripod pertama yang harus kamu perhatikan adalah ukurannya. Jika kamu seorang yang sering bepergian atau liburan, pastinya tripod yang ukurannya bisa muat ke dalam tas kamu adalah pilihan tepat.

Sebaliknya, kalau kamu hanya akan menggunakan tripod untuk kebutuhan indoor, ukuran yang besar dan kokoh tentunya bukan masalah.

Urusan tinggi juga patut dipertimbangkan. Kaki tripod memang bisa dipanjangkan atau dipendekkan tapi memilih yang panjang pas sesuai tubuh akan lebih memudahkan kamu saat mengambil foto dan tentunya akan mengurangi efek goyang saat kontak dengan tangan.

TRIPOD BERBAGAI MACAM UKURAN BISA KAMU TEMUKAN DI SINI

2. Material dan berat tripod juga harus diperhatikan

tips membeli tripod
Via – Adorama

Material tripod yang paling banyak dijumpai adalah alumunium dan carbon fiber. Meski sama-sama ringan, bagi kamu yang ingin punya tripod tahan lama dan kuat di segala medan, maka tripod berbahan carbon fiber adalah pilihan yang tepat untuk investasi jangka panjangmu, sementara tripod berbahan alumunium dikenal cepat mengalami resiko keropos jika terkena air laut.

Patut kamu ingat untuk selalu menghitung berat body kamera dengan lensanya saat memilih tripod. Hal ini penting karena tripod memiliki batas kemampuan maksimal dalam menahan bobot. Kalau tripod kamu dibebani melebihi kemampuannya maka kamera kamu akan mudah jatuh saat dipasang.

KLIK DI SINI UNTUK PILIHAN TRIPOD SESUAI KEBUTUHANMU!

3. Perhatikan fitur-fitur tripod

tips membeli tripod
Via – YouTube

Bagi kamu yang suka liburan ke berbagai macam jenis medan, tips membeli tripod yang perlu kamu perhatikan adalah memilih tripod dengan pelapis busa pada setiap kakinya. Busa tersebut berfungsi untuk menjaga agar tangan kamu tidak kepanasan atau kedinginan saat memegang tripod.

Fitur selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah hook. Fitur ini merupakan solusi bagi kamu yang ingin membeli tripod ringan agar bisa tetap kokoh saat diterpa angin. Caranya dengan menggantungkan tas atau beban yang lebih berat pada cantolan di tengah bodi tripod, sehingga tripod kamu akan lebih stabil.

JANGAN SAMPAI SALAH BELI, TRIPOD YANG COCOK UNTUK KEBUTUHANMU ADA DI SINI


Itulah 3 tips membeli tripod mendasar yang perlu kamu perhatikan jika ingin membelinya secara online. Nggak perlu bingung, dimana kamu bisa menemukan tripod berkualitas, karena semua kebutuhan fotografimu ada di Blibli.com. Semuanya lengkap dengan harga yang dijamin nggak bakalan bikin kantong kamu bolong. Tunggu apa lagi, buruan #BlibliSekarang sebelum kehabisan!

KLIK DI SINI UNTUK BERAGAM PILIHAN TRIPOD YANG KAMU CARI

Jarvis

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.
Jarvis

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY