Saat melihat orang-orang jago makeup tampil cantik di media sosial, kamu yang biasa makeup ala kadarnya pun hanya bisa gigit jari sambil melihat foto mereka. Mungkin kamu berpikir cuma orang tertentu saja yang bisa makeup seperti itu.

Tapi sekarang kamu nggak perlu sedih lagi, girls. Kamu juga bisa tampil cantik seperti mereka hanya dengan mengikuti 10 tips yang simple ini. Yuk disimak!

1. Pakai primer agar makeup lebih tahan lama

primer-blibli

Via Huffington Post

Pernahkah kamu merasa sebal karena makeup-mu sudah luntur, padahal kamu bahkan belum sampai ke tempat tujuan? Kalau pernah, mungkin kamu harus segera menggunakan primer.

Sama halnya seperti kuku yang harus memakai base coat sebelum kamu menorehkan warna-warna di atasnya, sebenarnya makeup pada wajahmu juga begitu!

Primer nggak hanya membuat makeup-mu bertahan lebih lama, namun juga bisa menjadikan wajahmu terasa lebih halus dan matte. Selain itu, pori-pori wajahmu pun jadi nggak terlihat. Alhasil makeup-mu akan terlihat sempurna.

Jika belum menemukan primer yang cocok untukmu, kamu bisa mencoba Nivea Post Shave Balm yang ngetren digunakan para Youtuber ahli makeup.

Kata mereka, balm ini memiliki khasiat yang top banget untuk dijadikan primer. Cocok untuk semua jenis kulit lho!

2. Ratakan foundation dengan beauty blender supaya makeup nggak cakey

Tujuan utama para perempuan menggunakan makeup tentu saja untuk mempercantik penampilannya. Namun, kalau cara penggunaan makeup. terutama foundation-nya nggak benar, kamu malah bisa membuat wajahmu jadi buruk rupa! Lihat saja ini:

Via HugsWithLove

Katy Perry yang biasanya tampil flawless saja bisa terlihat aneh karena makeup-nya cakey dan pori-pori wajahnya terlihat jelas! Hal ini bisa disebabkan karena ia nggak memakai foundation dengan merata.

Kalau kamu nggak mau makeup-mu menjadi seperti ini, gunakanlah beauty blender untuk menyapukan seluruh foundation ke wajah secara merata. Foundation pun akan lebih menyatu dengan wajahmu, sehingga kamu akan tampak flawless.

foundation-2

Via Life With Me

Nggak hanya membuat wajahmu tampak lebih halus, beauty blender juga bisa mencegah jerawat muncul di kulitmu.

3. Gunakan concealer dengan bentuk segitiga terbalik

concealer

Via MUGeek Vidalondon

Jika kantung matamu justru terlihat lebih hitam dan tegas setelah menggunakan concealer, mungkin kamu selama ini menggunakan dengan cara yang nggak tepat.

Cara yang benar untuk menyamarkan kantung matamu yaitu dengan memakai concealer di seluruh area segitiga di bawah mata. Selain menyamarkan, bentuk segitiga ini juga bisa membuat wajahmu terlihat terangkat.

4. Gunakan teknik bake untuk mendapat hasil maksimal dari concealer

teknik-bake-blibli

Via Carly Humbert

Untuk membuat concealer bekerja secara maksimal, kamu bisa mencoba melakukan teknik bake. Teknik bake ini berarti kamu harus membiarkan concealer di wajahmu selama kurang lebih 10-15 menit sebelum di-blend.

Saat dibiarkan, minyak alami dari wajahmu akan menyatu dengan concealer. Karena itu, concealer pun lebih menempel pada wajahmu dan hasilnya akan membuat wajahmu tampak smooth dan flawless.

5. Cara membuat alis sempurna: buat kerangka terlebih dahulu kemudian isi bagian dalamnya

membuat-alis-blibli

Via Healthy and Stylish

Bentuk dari alis memang memiliki pengaruh besar untuk menentukan kesempurnaan makeup yang dikenakan. Karena itu, membuat alis sempurna pun menjadi impian semua perempuan zaman sekarang.

Untuk membentuk alis dengan bagus, kamu harus membuat kerangka bagian luar alis terlebih dahulu. Setelah kerangkanya sudah bagus untuk bentuk wajahmu, barulah kamu mengisi bagian dalamnya.

Kamu pun bisa menggambar alis dengan lebih rapi dan terarah. Jika ada garis yang berantakan di sisi luar alis, kamu bisa langsung merapihkannya dengan menggunakan concealer.

Inilah tahap-tahapnya:

tips-alis

Via Buzzfeed

6. Gunakan eye primer agar warna eyeshadow lebih nyata dan tahan lama

eye-primer

Via Pretty Neutral

Terkadang warna eyeshadow yang digunakan bisa saja nggak terlihat ketika dipakai di kelopak mata. Supaya warnanya bisa lebih jelas dan nyata, kamu harus menggunakan eye primer.

Eye primer juga bisa membuat eyeshadow lebih nempel di kelopak dan nggak mudah pudar. Warna pada matamu pun bisa tetap awet meski kamu sudah seharian beraktivitas.

Jika nggak punya eye primer, kamu bisa menggunakan concealer sebagai penggantinya.

7. Manfaatkan selotip untuk membuat winged eye sempurna

selotip

Via British Beauty Addict

Kamu pasti tahu betapa sulitnya untuk membuat winged eye yang sempurna di kedua belah mata. Bisa saja eyeliner pada mata sebelah kiri terlihat lebih tinggi dari kanan. Belum lagi kamu nggak hati-hati saat menggores eyeliner sehingga tercoreng dan kamu harus memperbaikinya dengan memperlebar area winged. Repot banget deh.

Nah, sebagai solusi untuk mendapat eyeliner yang cantik di mata, kamu bisa memanfaatkan selotip di rumahmu lho!

Pakaikanlah selotip di area samping matamu ke arah pelipis. Kemudian gambar garisnya dengan liquid eyeliner. Jika sudah selesai digambar, kamu tinggal melepaskan selotipnya deh.

Voila! Perfect winged eyeliner pun sudah menghiasi area matamu.

Usahakan supaya kedua selotip (kiri dan kanan) diarahkan ke pelipis agar memiliki sudut yang sama. Kamu bisa mengerjakan keduanya secara bersamaan agar hasil keduanya mirip.

8. Beri highlight di area matamu supaya mata terlihat lebih segar dan cerah

highlight-mata-blibli

Via Makeup Now Blogg

Kesibukan sehari-hari dan juga tidur terlalu malam bisa membuat matamu tampak lelah. Tentunya mata seperti ini bisa membuat penampilanmu nggak maksimal.

Untuk mengatasinya, kamu bisa meng-highlight area sudut dalam mata, bagian tengah kelopak mata, dan juga area tulang alis.

Highlight pada ketiga area ini akan memberi ilusi mata yang terlihat lebih besar dan cerah. Matamu pun nggak lagi terlihat kelelahan.

9. Highlight dan contour hidungmu untuk membuatnya jadi lebih mancung

highlight-countour

Via Tina Yong

Banyak orang menganggap bahwa hidung yang cantik itu adalah hidung yang mancung. Nah, jika kamu mau membuat hidungmu jadi mancung tanpa perlu operasi, kamu cukup memberi shades pada hidungmu.

Gambarlah garis pada bagian tengah hidungmu dan juga area dahi dengan concealer. Lalu, beri garis di sepanjang kiri dan kanan tulang hidung, di cuping hidung, serta lekukan hidung dekat mata dengan menggunakan contour kit atau eyeshadow berwarna gelap.

Blend semuanya menggunakan beauty blender.Β Saat selesai diratakan, hidungmu pun akan terlihat lebih tinggi dan panjang. Kamu pun akan tampil semakin cantik.

10. Buat lipstikmu tahan lama dengan menggunakan tisu dan bedak

tisu-dan-bedak

Via I Am Nineteen

Setelah memakai lipstik kamu pasti rasanya enggan untuk makan ataupun minum karena takut warna lipstikmu pudar. Dengan trik ini, lipstikmu bisa bertahan lebih lama lho. Nggak perlu lagi takut saat ingin makan ataupun minum deh.

Warnailah bibirmu dengan lip liner dan lipstik. Setelah itu, robeklah tisu hingga tersisa 1 ply (1 lapisan tisu yang tipis). Tempelkan tisu tersebut ke area bibir, kemudian sapukanlah bedak dengan brush pada tisu.

Cara ini akan membuat lipstikmu terlihat lebih matte dan bisa bertahan lebih lama.

Dengan mengikuti 10 tips simple ini, kamu bisa tampil layaknya para pro yang mendandanimu. Kamu pun bisa tampil dengan lebih cantik pada setiap acara. Happy makeup girls!

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY