Ingin jalan-jalan dalam negeri tapi malas karena cuaca terlalu panas? Memang cuaca panas nggak menyenangkan. Bukannya mempercantik diri malah membuat kulit kamu lembab dan berpotensi terbakar!

Tapi, bayangkan betapa ruginya kalau kamu nggak jadi jalan-jalan hanya karena cuaca yang panas. Kamu melewatkan beberapa kesempatan emas untuk melihat indahnya Indonesia. Yuk ikuti tips ini biar liburanmu makin maksimal!

1. Kenakan baju anti panas!

baju-anti-panas

Via Shilpaahuja

Ini hal yang paling penting ketika kamu ingin menghindari rasa panas. Kenakan baju dengan bahan yang tipis dan warna yang terang. Terkadang kita lupa kalau warna gelap menyerap sinar matahari, dan nggak sengaja mengenakan jaket kulit gelap untuk berkunjung ke taman atau candi ketika liburan.

Jangan terlalu sering mengenakan pakaian yang terlalu ketat, karena nggak akan memudahkan kamu untuk bergerak secara leluasa. Bagi kamu yang berambut gondrong, kamu juga bisa mengenakan bandana atau bando supaya rambut kamu nggak menutup kulit leher. Biarkan udara melewati pakaianmu. Biarkan kulitmu bernafas!

2. Bawa perlengkapan untuk melindungi kulit

air-putih

Via Peoplethink

Perlengkapan anti panas harus kamu gunakan untuk perlindungan plus-plus bagi kulit. Contoh beberapa perlengkapan yang harus kamu bawa adalah kacamata hitam, topi, dan sunscreen.

Kalau kamu takut kulitmu menjadi gosong, kamu cukup menggunakan sunscreen dengan tingkatan proteksi yang tinggi (sekitar 80% ke atas).

Kalau kamu sudah terlanjur terbakar karena sinar matahari, gunakan serat atau gel lidah buaya untuk memulihkan kulit kamu. Lidah buaya mengandung banyak air, mineral, dan vitamin yang berfungsi sebagai penyegar alami. Pokoknya, nggak perlu takut dengan sengatan sinar matahari kalau kamu menggunakan sunscreen dan lidah buaya.

3. Konsumsi makanan yang menyegarkan

makanan-menyegarkan

Via Anazahra

Ganti makanan kamu dengan makanan yang menyegarkan seperti es krim buah, buah-buahan tropikal, dan juga makanan pedas. Makanan pedas meningkatkan tingkat metabolisme kamu sehingga suhu tubuh meningkat dan tubuh langsung berkeringat. Nah, keringat adalah salah satu cara tubuh untuk menurunkan suhu.

Ketika sedang berjalan-jalan, jenis makanan harus disesuaikan dengan kondisi dan cuaca karena salah memilih jenis makanan akan merugikan kamu sendiri. Jangan mudah tergoda dengan kenikmatan daging ketika sedang lapar, tapi pikirkan matang-matang efek yang akan kamu rasakan ketika memakannya.


BACA JUGA 7 Trik Travelling Bebas Ribet Bersama Si Kecil


4. Jangan takut dengan matahari!

pexels-photo-110085

Banyak wisatawan asing yang jauh-jauh datang ke Indonesia untuk mencari sinar matahari. Nah, kita harus bersyukur banget nih karena bisa dapet matahari hampir setiap hari. Jadi, kenapa nggak beranikan diri untuk jalan-jalan walau cuaca panas?

Banyak banget benda yang bisa kamu gunakan untuk melindungi diri mulai dari topi, kacamata hitam, hingga produk perawatan kulit.

5. Manfaatkan air seoptimal mungkin

perlengkapan-menyegarkan

Via DrNatashaTurner

Kalau tips yang satu ini jelas nggak boleh kamu lewatkan baik dengan keadaan panas ataupun sejuk. Ketika tubuh terkena panas, maka secara otomatis akan mengeluarkan keringat, dan keringat yang keluar akan membuat tubuh kekurangan air. Makanya kamu harus memastikan diri untuk selalu terhidrasi.

Kegunaan air nggak hanya sebatas untuk kamu minum saja, tapi ketika kamu sedang penuh keringat, kamu bisa menyiramkan air dingin ke wajah kamu untuk memberikan kesegaran lebih.

Dengan tips-tips di atas, kamu nggak perlu merasa malas atau takut keluar rumah karena cuaca yang nggak bersahabat. Gunakan semua kesempatan selagi kamu masih bisa dan jangan terlalu tergantung dengan keadaan luar.

Bagi kamu yang sudah bertekad bulat untuk jalan-jalan ke daerah tropis, Indonesia salah satu tempatnya. Kamu bisa cek berbagai paket wisata domestik di Blibli.com Friends. Jangan lupa manfaatkan cicilan 0% dari Blibli.com ya!

Nggak takut dengan cuaca panas Indonesia!

Raya

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY.

I love to travelling around Indonesia, because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other.

When i stay in the city, I usually going to spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends :)
Raya

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY