Tips Berkendara Saat New Normal

Friends, new normal mungkin jadi salah satu istilah yang akrab denganmu di masa pandemi COVID-19 ini. Istilah new normal muncul akhir Mei lalu, sebagai bentuk dari mekanisme tatanan baru dari pemerintah yang harus dilakukan masyarakat untuk menjalankan kehidupan dengan aman sambil nunggu vaksin selesai dibuat dan dikembangkan para ahli.

New normal artinya tetap menjalankan aktivitas dengan normal namun disesuaikan dengan protokol keamanan agar terhindar dari risiko terkena COVID-19. Beberapa hal yang pastinya sudah rutin kamu lakukan adalah rajin cuci tangan pakai sabun, jaga jarak aman, dan menghindari kerumunan. Betul?

Saat new normal, beberapa di antara kamu mungkin akan kembali ngampus atau ngantor dan harus berkendara. Tentunya ada protokol yang harus dipenuhi agar kamu bisa berkendara dengan aman. Kali ini Blog Blibli Friends akan memberikan beberapa tips yang bisa kamu lakukan jika harus berkendara dalam kondisi new normal. Baca artikel ini sampai habis ya!

  1. Siapin kendaraan

Via Freepik

Berapa lama mobil atau motor kesayangan kamu harus diam di garasi dan hanya pergi sesekali saat dipanasin? Kalau sudah ngantor atau ngampus lagi, artinya kendaraan kamu harus siap digunakan tiap hari lagi. Jadi, pastikan kamu memastikan kendaraan dalam kondisi sehat dan aman dikendarai. Beberapa hal yang harus dicek adalah tekanan angin ban, oli mesin, lampu, dan aki.

Jangan sampai mobil atau motor kamu mogok di perjalanan, pasti akan sangat merepotkan di kala kita gak bisa berdekatan dengan orang lain.

  1. Cek surat-surat

Via Mercinews

Sudah cek SIM dan STNK kamu? Beneran masih nyala dan bisa dibawa saat berkendara? Bagus! Tapi kalau ternyata SIM dan STNK kamu harus diperbarui, pastikan kamu mengurusnya sebelum harus berkendara secara reguler saat new normal.

BACA JUGA: Pilihan Helm Motor 100ribuan yang Jamin Keamanan Berkendara

  1. Pakai alat pengaman diri (APD)

Via Freepik

APD yang dimaksud adalah masker, hand sanitizer, dan cairan disinfektan agar kamu atau orang yang sering berkendara denganmu selalu aman. Bagi pengendara motor, pastikan juga untuk selalu mengenakan jaket, masker, dan sarung tangan ya! Selalu cuci masker, sarung tangan, baju, dan jaket setelah digunakan.

KLIK DI SINI UNTUK BELI MASKER DAN SARUNG TANGAN AGAR SELALU AMAN BERKENDARA, 100% ORISINIL

  1. Patuhi aturan physical distancing

Via Freepik

Buat kamu yang pakai mobil, pastikan kapasitasnya 50% dari maksimum orang, mengacu pada aturan PSBB, bahkan saat kamu bersama keluarga. Bagi kamu yang menggunakan motor, hindari untuk berboncengan dengan orang lain ya.

  1. Yang pakai motor, selalu pakai helm milik sendiri

Via Freepik

Selalu gunakan helm milik sendiri yang terjamin kebersihannya. Coba pakai strategi 2 helm, jadi kamu bisa mencuci helm secara reguler dan tetap pakai helm bersih saat helm satunya sedang dicuci. Kamu bisa beli helm di Blibli.com dari berbagai rentang harga sesuai kebutuhan dan model favorit!

KLIK DI SINI UNTUK BELI HELM DI BLIBLI.COM, GRATIS ONGKIR!

Selain helm, kamu juga bisa membeli sarung tangan, jaket, dan jas hujan yang memenuhi standar aman berkendara , ekstra diskon Rp100 ribu. Oh iya, agar makin aman, kini ada pembersih helm yang bisa kamu bawa-bawa dan digunakan sebelum berkendara, lho!

Liqui Moly Helm Inner Pembersih Interior Helm
Liqui Moly Helm Inner Pembersih Interior Helm

  1. Hati-hati berkendara

Ini merupakan tips yang harus selalu kamu ingat dan lakukan, apapun kondisinya. Jangan sampai kamu berkonflik di jalan karena saling senggol dengan pengendara lain dan mengabaikan prinsip physical distancing. Bagi yang pakai mobil, jangan pernah lupa untuk mengenakan sabuk pengaman untuk mengurangi risiko saat terjadi kecelakaan.

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat berkendara di masa new normal. Utamakan keselamatan diri dengan mematuhi semua aturan yang dibuat pemerintah dan lakukan perlindungan diri seketat mungkin!

Selamat menjalani new normal, Friends!

Adid

An avid Arsenal supporter. Movie devotee. Gadget & Automotive observer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY