Tips Agar Terhindar dari Kejahatan Skimming

Blibli Friends yang biasa belanja online pasti udah biasa banget kan pake kartu kredit atau debit? Emang udah jadi favorit banget karena banyak kemudahan yang ditawarkan, mulai dari cara pembayaran hingga promo spesial.

Kemudahan ini kadang diikuti pihak gak bertanggungjawab yang melakukan penyalahgunaan kartu debit/kredit yang kamu punya. Makanya, kita sebagai pengguna harus lebih waspada dan cermat agar terhindar dari kerugian.

Kejahatan skimming belakangan ini sedang terjadi di Indonesia. Apa sih kejahatan skimming? Kejahatan skimming adalah tindakan pencurian informasi kartu debit/kredit dengan cara menyallin data-data yang terdapat pada kartu baik secara digital maupun konvensional. Misalnya saat kamu melakukan tarik tunai di mesin ATM atau transaksi di mesin EDC dan juga ketika kamu melakukan transaksi Internet Banking dengan WiFi umum.

Kalau data sudah disalin dengan skimmir, secara langsung pelaku punya kendali atas rekening kamu. Penyalahgunaan informasi kartu, penarikan uang, hingga melakukan transaksi pembayaran bisa dilakukan sehingga saldo korban ludes. Duh, males banget kan?

Nah, buat menghindari pengalaman tersebut, gak ada salahnya jaga-jaga. Simak tips agar terhindar dari kejahatan skimming di bawah ini yuk!

1. Waspada ketika melakukan transaksi/penarikan tunai

Periksa di sekeliling ATM bahwa tidak ada benda yang mencurigakan, seperti kamera tersembunyi.

Pastikan kartumu hanya digesek di mesin EDC milik merchant saat melakukan transaksiDi luar itu, jangan pernah mengiyakan jika ada yang meminta untuk menggesek kartu di mesin lain.

2. Berhati-hati ketika bertansaksi menggunakan internet banking

Kejahatan skimming sekarang tidak hanya mengintai kartu ATM saja, tapi juga internet banking. Hindari menggunakan Wi-Fi publik dan VPN ketika ingin melakukan transaksi melalui internet banking / transaksi pembayaran lainnya. Dengan begitu, bisa mengurangi risiko penyalinan data oleh sang pelaku.

3. Ganti PIN & password secara berkala

Demi keamanan, pastikan untuk selalu rajin mengganti PIN dan password kamu setiap beberapa waktu sekali. Apabila memiliki lebih dari satu kartu debit, buat PIN yang berbeda untuk masing-masing kartu debit tersebut sebagai lapisan keamanan tambahan. Dan jangan pernah memberikan PIN, password, atau informasi lainnya yang bersifat rahasia ke orang lain, termasuk ke Bank ataupun ke Blibli.com.

4. Pantau saldo/tagihan secara rutin

Usai bertransaksi menggunakan kartumu, pastikan selalu mengecek saldo atau tagihan atas transaksi terakhir. Salah satu faktor keteledoran banyak orang adalah selalu mengabaikan sisa saldo terakhir di rekeningnya dan tagihan atas transaksi pada kartunya.

5. Ubah kartu debit dari teknologi pita magnetik ke chip

Upaya yang paling efektif untuk mencegah terjadinya skimming adalah mengganti kartu debit dari teknologi pita magnetik ke kartu yang dilengkapi chip. Sebab, data nasabah yang bisa diambil oleh pelaku kejahatan adalah yang tersimpan di kartu yang dilengkapi pita magnetik. Info dari OJK, sampai saat ini (kartu dengan chip) belum bisa digandakan.

Salah satu cara untuk menghindari kejahatan skimming adalah dengan berhati-hati dan menjaga keamanan akun. Kalau udah tahu cara untuk mengamankan akun, tentunya transaksi belanja akan lebih aman!

Jangan khawatir kalau belanja di Blibli.com karena Blibli.com sudah dilengkapi dengan fitur keamanan belanja seperti Verisign, Verified by Visa, MasterCard SecureCode, dan Credit Card Fraud Detection System. Tunggu apa lagi? Yuk beli barang impiam kamu di Blibli sekarang, cek berbagai promo yang ada dari 16 kategori belanja! Apa sih yang nggak buat kamu, karena kamu nomor satu!

KLIK DI SINI UNTUK CEK ADA PROMO APA AJA DI BLIBLI.COM

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY