Apa yang terkenal dari perusahaan gadget Xiaomi? Kalau menjawab smartphone, kurang benar! Xiaomi adalah perusahaan yang terkenal karena menyabet semua industri teknologi. Nggak hanya smartphone, tahukah kamu kalau Xiaomi juga punya punya drone, kamera, TV, dan bahkan penyaring udara!

Kali ini, kita akan membahas salah satu produk upaya Xiaomi menembus pasar baru. Yang akan dibahas adalah kamera mirrorless Xiaomi Yi M1 yang mengguncang dunia ILC atau Interchangable lens cameras.

Produk baru ini mendapat sambutan yang hangat nggak hanya dikalangan fans beratnya, namun juga dari para pecinta fotografi. Sebagai pecinta fotografi (baik dari smartphone ataupun DSLR), kamu wajib merasakan beberapa hal yang bisa ditawarkan oleh Yi M1.

Berikut beberapa alasan kenapa kamu harus memiliki kamera mirrorless ini.

1. Sensor yang oke, hasil yang bagus!sensor

Via Kompas

Berkat teknologi IMX 269 yang memungkinkan Yi M1 menonjol di kalangan kamera ILC berstandar MFT, kamera Yi M1 memiliki resolusi sampai dengan 20 Megapiksel! Serta resolusi maksimum yang mampu ditangkapnya adalah 5182 x 3888p.

Kamera digital ini dilengkapi dengan sensor CMOS Four Thirds berukuran (17.3 x 13mm). Hal ini memungkinkan smartphone untuk menghasilkan jepretan foto RAW super jernih dan tajam! Bagian gelap yang tertutup bayangan juga nggak mudah hilang detilnya.

Dengan Yi M1, kamu bisa mengambil video hingga resolusi 4K/30p! Kamu juga memiliki opsi 2K/30p, serta HD 1080 dengan 60p. Ketika merekam, kamu akan dibantu dengan fokus otomatis. Nggak perlu lagi susah-susah mengambil fokus, cukup biarkan kamera bekerja dengan sendirinya.

Berikut beberapa hasil foto kameranya:hasil-foto

Ket: Yi 42.5mm F1.8 ISO 640 Via – Yitechnology.com

hasil-foto-2

Ket: Yi 12-40mm F3.5-5.6 ISO 100 Via – Yitechnology.com

2. Nggak bisa foto, nggak takut!nggak-bisa-foto

Via Yitechnology

Buat kamu yang ingin belajar fotografi, tampaknya Mi Y1 adalah alat yang cocok untuk kamu coba mainkan. Tagline utama dari Mi Y1 adalah even beginners can shoot like a pro. Hampir semua konfigurasi dilakukan secara touchscreen dalam layar 3 inci di belakangnya.

Hanya terdapat 2 tombol fisik pada sisi lensa untuk keperluan pengaturan dalam kamera. Pengguna dapat dengan mudah menentukan shutter-speed (mencapai 1/4000), ISO (mencapai 25600), dan fokus (hanya dengan mengetuk layar, atau menarik kursor atas bawah untuk fokus).

Jika kamu kebingungan menentukan pencahayaan dan elemen keunikan dari foto kamu, kamu bisa mengandalkan 1 dari 5 mode fotografi untuk membantu kamu. Kamu bisa memilih antara standard, kontras hitam-putih, natural hitam-putih, vivid, dan portrait.

Terlebih lagi, kamu semakin dimudahkan dengan kemampuan konektivitas wi-fi dan bluetooth yang bisa kamu hubungkan dengan aplikasi Yi di ponsel pintarmu. Dengan ini, kamu bisa melakukan updates lebih mudah, serta memindahkan foto (dengan mengunduh dari kamera) ke smartphone dengan lebih cepat dan praktis.

3. Nyaman di mata dan di tangannyaman-di-mata

Via Xiaomi-mi.com

Buat kamu pecinta fotografi amatir yang nggak terlalu peduli dengan teknis, mungkin kamu akan tertarik dengan rancangannya. Yi M1 hadir dengan dua warna, Ice Silver yang bersih dan cemerlang, serta Storm Black yang terkesan premium.

Desainnya pun sangat minimalis, dilengkapi dengan tombol konfigurasi yang sangat sedikit sehingga bisa mempermudah dan mempercepat akses fitur-fitur ketika ingin mengukir momen.

Berapa berat kamera digital ini? Hanya 280 gram saja. Cocok buat dibawa ke mana saja dan kapan saja, juga bagi kamu yang suka jalan-jalan dan menangkap momen. Desain plastik yang dibuat tampak metal dan premium dilengkapi dengan grip berbahan karet yang membuatnya semakin mudah di-handle.


BACA JUGA Inilah Drone Perdana dari Xiaomi yang Dibanderol dengan Harga Terjangkau


4. Kompatibilitas yang tinggi dan harga worth it!kompatibilitas

 

Via Yitechnology

Kamera ini hadir dengan dua lensa: prime dan zoom khusus. Jika kamu ingin bermain santai dengan foto-foto dan hanya perlu lensa zoom kit, maka lensa 12-40mm F3.5-5.6 seharga 6,7 juta Rupiah (499 USD) ini bisa jadi andalan kamu.

Namun bila kamu mencari sesuatu yang lebih profesional, maka kamu perlu memiliki lensa prime yang berukuran lebih besar, seperti 42,5mm F1.8. Untuk paket ini, kamu perlu mengeluarkan biaya sebesar 8 juta Rupiah (599 USD). Jika ingin memiliki keduanya sekaligus, kamu hanya perlu mengeluarkan 9,3 juta Rupiah (699 USD).

Eits, buat kamu yang sudah punya lensa lain, nggak apa-apa, tahukah kamu kalau kamera ini cocok dengan lebih dari 50 jenis lensa? Gaya dan jepretan kamu menjadi lebih fleksibel, mudah dikonfigurasi, dan semakin bergaya kamu banget!

5. Dibuat untuk semua orang

 

 

Xiaomi Yi M1 bukanlah kamera yang dibuat untuk kalangan profesional. Jadi, semua orang dengan kemampuan fotografi menengah ke bawah pun bisa menikmatinya.

Buat kamu yang lelah dengan kamera smartphone dan ingin mencoba platform fotografi yang lebih menantang, Yi M1 cocok untukmu. Kamera mirrorless ini dibuat untuk orang yang ingin berpindah tangan ke fotografi DSLR, namun belum siap.

Cara mengoperasikannya pun juga mudah dipelajari. Banyak fitur di dalamnya yang memungkinkan kamu untuk mengambil foto dan video yang memuaskan dengan mudah. Buat kamu yang ingin menangkap momen liburan santai, namun nggak mau berat-berat, Yi M1 adalah pilihan tepat untukmu.

Desainnya yang minimalis dengan warna mendasar semakin cocok dengan tampilan gaya apapun. Dengan kompatibilitas lensa tinggi serta konektivitas dengan perangkat lain yang kencang, apalagi sih alasan untuk nggak memiliki Yi M1?

Apakah sudah tertarik mencoba kamera mungil yang powerful ini? Jangan tercengang dulu dengan harganya yang merupakan konversi dari dollar Amerika. Kamu tentu bisa memperoleh produk ini lebih murah di dalam negeri.

Sekarang, Blibli.com tengah meluncurkan promosi Xiaomi Yi M1 dengan harga super miring! Untuk zoom kit dengan lensa 12-40mm F3.5-5.6, kamu bisa memperolehnya dengan harga 4,7 juta Rupiah! Dengan cicilan 0% hingga 24 bulan yang bisa kamu nikmati, nggak ada alasan deh buat kamu berpikir lagi untuk memiliki kamera digital mirrorless ini!

Jarvis

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.
Jarvis

1 COMMENT

  1. Info buat penulis dan pembaca. Kamera ini buatan perusahaan yi, bukan xiaomi. Yi dan xiaomi berbeda perusahaan, Yi lebih fokus di kamera. Mereka bekerjasama membuat action cam yi 1st gen, setelah itu yi berdiri sendiri membuat produknya. Produk yi yg lain diantara : yi cam 2nd gen, yi dome, yi m1, yi erida drone.

LEAVE A REPLY