Bagi seorang ibu yang baru saja melahirkan anak, kebutuhannya akan menjadi berkali-kali lipat lebih banyak dan beragam. Siapa yang jadi nggak bingung ketika harus mencari hadiah untuk teman atau saudara yang baru saja menjadi ibu. Pernah mengalami kebingungan serupa?

Tapi sepertinya kamu nggak perlu kebingungan lagi karena kali ini kita akan memberikan 7 inspirasi hadiah untuk ibu-ibu yang baru melahirkan yang nggak hanya lucu, tapi juga sangat bermanfaat!

1. Baju Menyusui

baju-menyusuiVia  Katadia

Kebutuhan utama ibu yang baru melahirkan adalah peralatan menyusui. Mulai dari alat pompa ASI, botol susu, hingga sterilizer. Tentu akan sangat membantu jika kamu memberikan sahabat atau saudaramu yang baru saja melahirkan peralatan-peralatan tersebut.

Namun, jika teman atau saudara kamu merupakan ibu yang baik, mungkin ia sudah menyediakan barang-barang tersebut. Mungkin saja sebenarnya yang belum terpikirkan olehnya adalah baju menyusui. Padahal barang satu ini cukup dibutuhkan oleh ibu-ibu menyusui pasca melahirkan loh.

Bila perlu, lengkapi juga dengan Bra khusus untuk menyusui. Dengan kedua hal ini, sang ibu pasti nyaman untuk berjalan-jalan dengan si kecil tanpa perlu takut kerepotan ketika tiba waktunya si kecil untuk menyusui.

2. Teman tidur buat si Kecil

teman-tidur-buat-si-kecil
Via  AliExpress

Bayi yang baru lahir biasanya hanya bisa berbaring di tempat tidurnya. Padahal sang ibu tentu masih memiliki banyak aktivitas lainnya bukan? Di samping memasak, menonton TV, atau beres-beres rumah, ibu juga harus menemani si kecil.

Kamu tentu bisa membantu si ibu dengan memberikan hadiah tempat tidur atau box bayi yang bersifat portable sehingga si ibu tetap bisa leluasa beraktivitas tanpa khawatir meninggalkan di kecil sendirian.

3. Handuk Bayihanduk-bayi

Via Crafthubs

Selain peralatan menyusui, peralatan mandi adalah keperluan dasar selanjutnya yang diperlukan ibu yang baru melahirkan. Kamu bisa saja memberikan satu set perlengkapan mandi bayi atau beberapa handuk bayi yang lucu dan nyaman banget

Perlu kamu ketahui juga, handuk termasuk peralatan mandi yang sangat penting loh. Mengingat setiap mandi si ibu harus selalu menggunakan handuk baru.

Apalagi, handuk orang dewasa cenderung lebih mudah menyebabkan iritasi karena bahannya yang kasar dan rancangannya yang bukan untuk bayi.


BACA JUGA 4 Tips Memilih Dot Bayi Bagi Moms yang Supersibuk


4. Mainan untuk si kecilmainan

Via Mommyish

Mainan merupakan salah satu hal yang terpikirkan ketika ingin menghadiahkan ibu yang baru melahirkan. Tapi memberikan mainan kepada bayi yang baru lahir tentu nggak boleh sembarangan.

Hal paling penting yang perlu diperhatikan tentu adalah keamanan. Bayi di bawah usia lima tahun memiliki kemungkinan meninggal karena tersedak mainan-mainan berukuran kecil.

Mainan yang memiliki komponen tali dan benang juga bisa membuat si kecil terlilit bahkan terluka. Hati-hati juga mainan yang mudah copot, memiliki sudut runcing, atau memiliki pers.

Maka dari itu, membeli boneka dengan bulu tipis yang gampang dipeluk bayi merupakan pilihan yang cukup aman kalau ingin menghadiahkan mainan.

Terakhir, hindari ya boneka yang memiliki bulu panjang dan lebat karena anak kecil yang suka mengunyah dan menggigit bisa menelan benang-benang yang putus.

5. Tas atau kotak perlengkapan Bayitas-perlengkapan-bayi

Melihat berbagai kebutuhan yang kita bahas sebelumnya, ternyata banyak sekali ya perlengkapan ketika bayi baru saja lahir. Belum lagi jika kita membahas pakaian bayi.

Dan bagaimana jika ibu hendak membawa bayi keluar dengan berbagai keperluan itu? Pasti sangat merepotkan jika si ibu nggak memiliki tas bayi. Saking pentingnya tas ini, pasti akan sangat menyenangkan jika kamu menghadiahkan ini sebagai hadiah untuk teman dan saudaramu yang baru saja melahirkan.

5. Buku-buku parentingbuku-parenting

Via Lifehack

Selain perlengkapan tersebut, pengetahuan juga sangat penting loh bagi orang tua dalam mengasuh si kecil. Banyak yang sudah menjadi orang tua, namun secara psikologis dan pengetahuan belum siap.

Menghadiahkan buku parenting, kepada sahabat atau saudara bisa sangat membantu mereka dalam mengasuh si kecil.

Pilihlah buku yang menurut kamu memang diperlukan oleh saudara dan sahabatmu. Jika kamu tau bahwa si ibu masih nggak memahami bagaimana mengatur asupan nutrisi buat si kecil, kamu bisa memberikan buku mengenai makanan dan nutrisi untuk si kecil.

Di samping itu, buku tentang cara memahami tangisan bayi, merawat bayi pada malam hari, serta bermain dengan bayi juga penting. Hanya saja kamu perlu memastikan buku yang diberikan memiliki dasar ilmiah yang valid ya, kalau nggak bisa berbahaya buat bayi.

7. Voucher!voucher

Mau menghadiahkan, tapi sang ibu baru udah punya semua? Jangan khawatir! Gift voucher mungkin bisa menjadi pilihan terakhir yang bisa diandalkan.

Dengan gift voucher, tentu sahabat atau saudara kamu yang baru melahirkan bisa membeli berbagai kebutuhan khusus yang mungkin sangat ia butuhkan tapi nggak terpikirkan oleh kamu.

Tentu, voucher merupakan pilihan yang paling aman juga. Dibandingkan memberikan hadiah yang mungkin nggak ia butuhkan atau sudah ia miliki, voucher memberikan kebebasan bagi sang ibu untuk memilih apa yang ingin dibeli!

Kebutuhan ibu yang baru saja melahirkan memang banyak sekali. Nggak heran jika kita bingung dalam memilih hadiah untuk mereka. Namun dengan hal-hal yang dibahas di atas, pasti kamu akan lebih mudah memilih hadiah apa yang kira-kira bisa bermanfaat baik bagi si ibu atau si kecil.

Apalagi semua hal tersebut bisa kamu dapatkan dengan mudah di Blibli.com. Segera buka dan cari hadiah yang menurut kamu paling dibutuhkan oleh sahabat atau saudaramu yang baru saja melahirkan!

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY