me

Syarat Naik Pesawat Januari 2022, Kepoin Yuk!

Oct 21, 2021.By Nadine
Bagikan

Image source: sita.aero

Syarat Naik Pesawat Januari 2022 – Keberadaan pandemi membuat banyak hal berubah termasuk syarat untuk bepergian. Bahkan, syarat untuk bepergian terutama memakai pesawat selalu berubah-ubah mengikuti keadaan. Di bulan Januari 2022 ini pun syarat untuk naik pesawat kembali diperbarui dengan peraturan pemerintah yang baru. Apa sajakah itu? Cek ulasan lengkapnya di bawah ini, ya.

Baca juga : Tips Naik Pesawat yang Harus Kamu Baca Sebelum Traveling

__________________________________________________________________________________________________________________________

Apa Saja Syarat yang Dibutuhkan untuk Naik Pesawat Januari 2022?

Pesawat garuda pake masker
Image source: suara.com

Syarat Penerbangan Keluar-Masuk Bandara di Jawa dan Bali

Pemerintah sudah melepaskan status PPKM di daerah Jawa dan Bali. Tapi, di luar pulau itu, PPKM level 1, 2, hingga 3 masih diberlakukan. Untuk itulah, ada beberapa aturan mengenai perjalanan domestik dari atau ke luar pulau Jawa Bali. Aturan baru yang disebutkan pada Surat Edaran dari Instruksi Mendagri nomor 57 tahun 2021 itu adalah sebagai berikut.

Pertama, penumpang yang akan masuk atau keluar dari bandara Jawa/Bali menuju selain kedua wilayah tersebut wajib menunjukkan kartu vaksin minimal dosis pertama dan hasil tes negatif Covid 19 dari PCR atau antigen dengan syarat lanjutan. Jadi, kini penumpang bisa melakukan tes antigen yang biasanya punya biaya lebih murah.

Kedua, penumpang yang punya kartu vaksin dosis pertama wajib untuk menunjukkan tes Covid 19 yang negatif dengan PCR. Sampel bisa diambil dalam kurun waktu 3 kali 24 jam. Jadi, untuk vaksin pertama masih harus tes dengan PCR. Selama beraktivitas saat masa PPKM, setiap orang masih wajib memakai masker dan mencuci tangan di aktivitas umum.

Ketiga, penumpang yang sudah punya surat vaksin dosis kedua bisa menunjukkan surat tes Covid 19 dengan antigen yang negatif. Sampel tes bisa diambil dalam waktu 1 kali 24 jam. Jadi, tes antigen ini khusus bisa dilakukan oleh penumpang yang sudah disuntik vaksin jenis apa pun di Indonesia tetapi sudah dosis kedua.

Syarat Penerbangan Keluar-Masuk Antar bandara Jawa-Bali

Aplikasi Peduli Lindungi kini bukan lagi syarat wajib yang dipakai untuk penerbangan. Tapi, aplikasi tersebut sudah melebur ke aplikasi lainnya yang berkaitan dengan kebutuhan mobilisasi orang. Nah, kalau Blibli Friends melakukan penerbangan antar bandara di Jawa dan Bali, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi berdasarkan peraturan Mendagri yang terbit awal November lalu.

Mirip seperti aturan keluar dan masuk mandara Jawa-Bali ke luar daerah tersebut, penumpang wajib menunjukkan kartu vaksin dan hasil tes negatif. Tapi, bedanya tes Covid 19 yang negatif itu bebas pakai antigen atau pun PCR.

Untuk antigen, penumpang bisa melampirkan tesnya dalam waktu 1×24 jam, sedangkan PCR bisa dilampirkan 3×24 jam sebelum keberangkatan. Jadi, kamu bisa sesuaikan hasil tes itu dengan bujet dan tentunya waktu kamu melakukan penerbangan.

Ketika berada di tempat umum, protokol kesehatan masih wajib dipatuhi. Jadi, kamu wajib memakai masker dan mencuci tangan sebelum masuk. Kamu juga bisa memanfaatkan hand sanitizer untuk menggantikan sabun cuci tangan.

Apakah Naik Pesawat Harus Vaksin?

Pedulilindungi
Image source: tirto.id

Beberapa Pengecualian

Aturan dan syarat di atas wajib dilakukan oleh penumpang selain yang dikecualikan. Beberapa orang di bawah ini nggak wajib menunjukkan kartu vaksinnya.

Pertama, yang tidak wajib menunjukkan kartu vaksin adalah anak yang masih berusia di bawah 12 tahun. Meski begitu, anak masih wajib didampingi oleh orang tua yang dibuktikan dengan kartu keluarga. Orang tualah yang wajib memenuhi persyaratan tes Covid 19 di atas.

Kedua, penumpang yang punya kondisi kesehatan khusus atau komorbid yang membuatnya nggak bisa menerima vaksin juga nggak wajib untuk menunjukkan kartu vaksin. Tapi, penumpang tersebut perlu melampirkan surat keterangan komorbid dari dokter Rumah Sakit Pemerintah. Di dalam surat itu bisa dicantumkan alasan yang bersangkutan nggak bisa ikut vaksinasi.

Ketiga, pelaku perjalanan kendaraan logistik dan transportasi barang lain dalam wilayah luar Jawa dan Bali nggak wajib juga mencantumkan hasil tes Covid 19. Tapi, setiap orang masih wajib mematuhi protokol kesehatan baik selama perjalanan atau pun selama di luar rumah dan di tempat umum.

Syarat Protokol Kesehatan Selama Perjalanan

Meski PPKM di daerah Jawa dan Bali sudah nggak diberlakukan, setiap pelaku perjalanan masih tetap wajib mengikuti protokol kesehatan. Protokol ini wajib dilakukan selama seluruh perjalanan domestik maupun luar negeri. Berikut adalah beberapa syarat protokol kesehatannya.

Syarat pertama, setiap penumpang wajib untuk memakai masker yang menutupi hidung dan mulut. Masker yang dipakai bukan masker dari kain yang biasa, tapi masker medis atau masker kain dengan tiga lapisan. Selama tidak diperlukan, penumpang nggak diperbolehkan untuk membuka masker.

Berikutnya, penumpang nggak boleh bicara melalui telepon atau secara langsung sepanjang perjalanan. Pelaku perjalanan juga nggak boleh untuk makan dan minum selama perjalanan yang durasinya kurang dari dua jam. Kecuali individu yang wajib mengonsumsi obat, hal itu wajib dipatuhi oleh penumpang di pesawat, ya.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Travelling di Masa Pandemi

Sudah hampir dua tahun penuh pandemi melanda seluruh dunia termasuk Indonesia. Banyak peraturan baru diberlakukan dan diubah bergantung pada kebutuhan. Nah, kalau kamu ingin travelling pun sekarang lebih mudah karena peraturan baru mengenai perjalanan udara sudah lebih longgar terutama untuk daerah Jawa dan Bali.

Tapi, ketika kamu melakukan perjalanan, pastikan tetap waspada dan beradaptasi dengan senantiasa mengenakan masker. Protokol kesehatan masihlah hal yang wajib karena angka Covid 19 masih ada tiap harinya. Selain mengenakan masker, kamu bisa membawa hand sanitizer atau sabun untuk cuci tangan di mana pun ada air.

Kartu vaksin dan surat bebas covid 19 juga hal yang wajib dibawa terutama kalau kamu melakukan perjalanan jauh sekarang, untuk tes Covid 19, sudah diperbolehkan memakai tes antigen. Jangan lupa juga untuk mencetak atau menyiapkan mobile check in atau boarding pass supaya tidak kerepotan ketika dicek. Kamu bisa siapkan di tempat yang mudah dicari.

Lalu, jangan lupa juga untuk selalu pelajari aturan baru yang memang terus berubah seiring dengan waktu. Persiapkan juga masker darurat, face shield, dan satu dua tisu disinfektan kalau-kalau dibutuhkan. Kamu juga bisa siapkan makanan dan minuman sendiri dari rumah untuk mengantisipasi kebersihannya.

__________________________________________________________________________________________________________________________

Baca juga: Tips Agar Tidak Ketinggalan Pesawat

Nah, setelah tahu apa saja syarat yang dibutuhkan untuk naik pesawat di Januari 2022 ini, tinggal persiapkan apa saja yang kamu butuhkan sebelum perjalanan. Kamu bisa mendapatkan tiket pesawat dengan destinasi dan armada yang lengkap hanya di Blibli.

Beli tiket pesawat di Blibli caranya gampang banget, lho. Kita bisa cek jadwal keberangkatan dengan mudah. Pilihan armada, jam keberangkatan, kelas, dan harganya bisa kita cek selengkapnya. Dengan tampilan antarmuka yang mudah, beli tiket pesawat jadi nggak ribet lagi deh. Ada kesempatan dapat harga promo juga, lho! Yuk, cek sekarang juga.

DAPATKAN TIKET PESAWAT TERMURAH HANYA DI SINI

Tag: