me

Oppo Band 2: Spesifikasi, Kelebihan, dan Kekurangan

Oct 18, 2022.By Jarvis
Bagikan

oppo.com

Setelah resmi menghadirkan smartband pertamanya pada 2021 lalu, Oppo mulai akan merilis generasi kedua yang  menawarkan banyak peningkatan. Bukan hanya dari segi tampilannya saja, tetapi Oppo Band 2 juga memberikan berbagai fitur canggih yang akan memudahkan hidupmu. Ukurannya pun lebih besar dengan generasi pertama. Buat yang penasaran sama spesifikasi Oppo Band 2, ini dia ulasannya!

Baca juga: Yuk, Cek Rekomendasi Produk OPPO Terbaik!


Spesifikasi Oppo Band 2 & Fitur Menariknya

Buat kamu yang hobi fitness atau olahraga lainnya, smartband dari Oppo ini bisa jadi pilihan yang menakjubkan. Smartband  ini hadir dengan dimensi 45.3 x 29.1 x 10.6 mm dan bobot sekitar 33 gram. Meskipun lebih berat daripada smartband pada umumnya, tapi perangkat ini dipastikan tetap nyaman sewaktu digunakan.

Smartband ini juga sudah bisa disambungkan ke smartphone Oppo, bahkan android lain dan perangkat iOS. Sehingga, pengguna Apple tetap bisa merasakan kecanggihan wearables dari Oppo in. Saat disambungkan ke smartphone, ada banyak fitur keren yang bisa dimanfaatkan. Mulai dari menerima dan menolak telepon, notifikasi pesan, bahkan untuk shutter kamera.

Dukungan layar AMOLED-nya juga membuat perangkat ini konsumsi dayanya lebih rendah. Jenis layar ini juga bisa memancarkan cahaya tanpa menghasilkan terlalu banyak panas. Meski demikian, rasio kontras yang diberikan oleh perangkat ini masih cukup tinggi sehingga nggak akan bikin mata kamu perih. 

Tabel Spesifikasi Oppo Band 2

Spesifikasi Oppo Band 2
Body Dimensi: 45.3 x 29.1 x 10.6 mm
Bobot: 33 gram
Layar 1.57 inci
256 x 402 pixels
AMOLED
Prosesor Apollo 3.5
Memori RAM: 8 GB, ROM: 128 GB
Baterai 200 mAh
Fitur 200 antarmuka (UI)
Water resistant  5 ATM
Bluetooth 5.0
Support 100 jenis olahraga
Pemantau detak jantung
Pemantau SpO2
Harga Rp575.000-an (versi NFC)
Rp470.000-an (versi Non-NFC)

Fitur Menarik Oppo Band 2

Siapa sih yang nggak jatuh cinta sama smartband keluaran Oppo yang canggih banget ini? Biar makin jatuh cinta, kamu perlu tahu nih beberapa fitur menarik yang juga ditawarkan oleh Oppo Band 2!

1. Desain Mirip Smartwatch

Berbeda dengan smartband pada umumnya, kamu pasti akan terkejut dengan desain yang dimiliki oleh Oppo Band 2. Alih-alih memiliki bentuk yang serupa dengan generasi pertamanya, secara dimensi produk ini justru lebih mirip sama Oppo Watch Free. Namun saat diletakkan bersebelahan Oppo Band 2 ini terlihat sedikit lebih kecil daripada smartwatch tersebut.

Strap-nya terbuat dari material karet silikon yang agak kasar tapi tetap nyaman saat digunakan. Walaupun ukuran layarnya lebih besar daripada Oppo Band, tetapi bobotnya masih tergolong cukup ringan. Bobot bodinya hanya sekitar 20 gram dan 33 gram beserta dengan strap-nya. Itu artinya, bobot jam tangan ini nggak seberat jam tangan konvensional atau smartwatch ketika digunakan.

Yang membuatnya semakin keren adalah Oppo Band 2 ini nggak dibekali dengan tombol sama sekali. Berbeda sama pendahulunya yang masih dilengkapi dengan satu tombol kapasitif di bagian depannya. Berdasarkan situs resmi Oppo China, perangkat ini hadir dalam dua pilihan warna, yaitu Clear Blue dan Black.

2. Pemantau SpO2

Perangkat ini juga sudah dilengkapi dengan fitur pemantau SpO2 yang masih jarang dimiliki kompetitor dengan harga yang sama. SpO2 sendiri merupakan pelacak kadar saturasi oksigen dalam darah. Berbeda dengan denyut jantung yang terdeteksi dalam interval waktu sepanjang hari, pengecekan SpO2 biasanya dilakukan secara manual.

Proses pengecekannya pun juga memakan waktu yang relatif lama sehingga membuat pengguna enggan untuk melakukannya secara berkala. Namun, di perangkat ini SpO2 bisa dilakukan secara berkelanjutan seperti denyut jantung. Dengan begitu, kamu nggak perlu lagi melakukan pengecekan manual dan hasilnya bisa langsung dilihat di aplikasi HeyTap Health pada smartphone.

Selain itu, perangkat ini juga sudah bisa digunakan untuk menghitung denyut jantung untuk mengetahui kesehatan kamu. Buat yang ngerasa pola tidurnya bermasalah, perangkat ini juga bisa membantumu dalam mengontrol pola tidur. Nggak salah lagi, Oppo Band 2 memang smartband yang siap membantu kamu lebih rajin berolahraga. Satu perangkat tapi manfaatnya banyak banget, kan?

3. Opsi Watchface Menarik

Dibekali dengan layar AMOLED 1.57 inci, Oppo Band 2 sudah sepenuhnya menggunakan fitur gesture. Sehingga layarnya nyaman banget buat digunakan bernavigasi. Saat ingin membaca pesan notifikasi, kamu nggak perlu terlalu mendekatkan mata ke layar karena ukuran layarnya yang cukup besar. Kamu pun nggak perlu terlalu banyak scroll karena teks yang bisa dimuat dalam smartband ini cukup leluasa.

Selain itu, Oppo Band 2 juga bisa disambungkan ke ponsel pintar melalui aplikasi HeyMelody. Tampilannya pun super simpel, bahkan kamu juga bisa melakukan kustomisasi. Untuk watchface-nya juga menawarkan ratusan opsi yang menarik.

Tersedia juga Al Watch Face yang menjadi fitur unggulan sejak Oppo Band pertama buat membuat pola dengan warna sesuai keinginan. Opsi watchface-nya pun sudah banyak yang stylish sehingga membuatnya terlihat lebih premium saat dinyalakan.

4. Water Resistant 5 ATM

Selain memiliki desain yang menarik, Oppo Band 2 juga sudah dilengkapi dengan ketahanan terhadap air hingga 50 meter. Berkat sertifikasi water resistant 5 ATM, perangkat ini nggak akan bermasalah walaupun sering terkena cipratan air. Bahkan, perangkat ini bisa tetap berfungsi saat digunakan di kamar mandi, berenang, atau snorkling di laut.

Dengan adanya fitur ini, kamu nggak perlu khawatir Oppo Band 2 akan rusak saat digunakan beraktivitas di air. Saat tiba-tiba kamu kehujanan dan nggak sempat melepasnya, perangkat ini dijamin akan tetap aman terkendali.

5. Baterai Awet

Dengan fiturnya yang lengkap dan mumpuni, kamu nggak perlu khawatir harus bolak-balik mengisi ulang daya baterainya. Pasalnya, Oppo Band 2 mempunyai baterai 200 mAh yang diklaim bisa menyala hingga 14 hari pemakaian. Itu artinya, kamu hanya perlu mengisi dayanya 2 minggu sekali. Kalau digunakan secara intensif, perangkat ini masih bisa bertahan hingga 7-10 hari, kok.

Proses pengisian dayanya pun terbilang gampang banget. Cukup lepaskan modul utama kemudian letakkan di atas charging cradle. Untuk mengisi daya sampai penuh, kamu hanya memerlukan waktu sekitar 90 menit saja.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Band 2

Setelah mengetahui spesifikasinya secara detail, kini saatnya kamu bersiap-siap mengetahui kelebihannya. Perangkat yang berfungsi sebagai aksesoris sekaligus pencatat aktivitas harian ini diklaim mempunyai sejumlah kelebihan yang bikin banyak orang jatuh cinta. Daripada cuma penasaran, simak kelebihan perangkat canggih ini, yuk!

Kelebihan Oppo Band 2

Praktis dan Kekinian

Oppo Band 2 hadir dengan desain yang simpel dan praktis namun tetap terkesan kekinian. Dilengkapi dengan strap berbahan silikon yang nyaman di kulit menjadi poin plus pada perangkat ini. Bobotnya yang hanya 33 gram membuatnya nyaman dipakai sambil berolahraga maupun ketika sedang tidur. Kamu pun bisa memakainya saat berenang karena perangkat ini sudah water resistant hingga 5 ATM.

Layar AMOLED Berakurasi Tinggi

Penggunaan layar jenis AMOLED pada smartband maupun smartwatch agaknya sudah menjadi hal yang biasa. Namun, panel yang ditawarkan oleh produk Oppo ini cukup berbeda karena memiliki kemampuan menampilkan warna berstandar 100% DCI-P3. Selain itu, resolusi yang diberikan juga cukup besar sehingga teks yang ditampilkan pada layar 1.57 incinya ditampilkan dengan sangat jelas.

Sensor Lengkap

Sama halnya dengan smartband pada umumnya, Oppo Band 2 sudah dilengkapi dengan berbagai fitur untuk melacak kesehatan. Mulai dari menghitung jumlah langkah, jarak tempuh, denyut jantung, kalori, hingga kadar saturasi oksigen dalam darah (SpO2).

Yang membuatnya berbeda dari perangkat lain adalah pengecekan nilai SpO2-nya bisa dilakukan secara berkelanjutan. Biasanya, perangkat lain perlu melakukan proses pengecekan SpO2 secara manual sehingga membutuhkan waktu yang lama.

Baterai Tahan Lama

Siapa nih yang mengira kalau smartband ini boros daya karena mempunyai fitur yang canggih dan lengkap? Kalau kamu menduga seperti itu, jawabannya salah besar karena produk Oppo satu ini super hemat baterai. Meskipun baterainya hanya 200 mAh, seperti dijelaskan di atas, perangkat ini bisa bertahan menyala sampai 14 hari.

Bilapun kamu menggunakan secara intens, baterainya setidaknya masih bertahan sampai 7 harian, loh. Dengan begitu, kamu nggak perlu repot bolak-balik mengisi ulang daya baterainya setiap hari. Buat men-charge, kamu cukup melepaskan modul utamanya kemudian letakkan di atas charging cradle.

Bisa Disambungkan ke Smartphone

Meskipun merupakan produk Oppo, rupanya smartband ini juga bisa disambungkan ke perangkat Android lainnya, bahkan iOS, loh.  Sehingga, meskipun kamu bukan pengguna smartphone Oppo bisa tetap merasakan kecanggihan perangkat wearables ini. Untuk mengaksesnya, kamu bisa mengunduh aplikasi HeyTap Health yang bisa diunduh pada smartphone.

Dengan menyambungkan perangkat ini ke smartphone akan banyak fitur yang bisa dimanfaatkan dengan mudah. Saat ada panggilan masuk, kamu bisa menolaknya melalui smartband. Sementara saat mengangkat telepon, ada opsi mematikan mikrofon yang bisa digunakan. Selain itu, kamu juga bisa membaca notifikasi pesan dan menjadikan perangkat ini sebagai shutter saat foto menggunakan tripod.

Kekurangan Oppo Band 2

Selain memperhatikan kelebihannya, tentunya kamu juga harus mencari tahu kekurangannya juga. Sebenarnya, kekurangan yang dimiliki nggak terlalu signifikan dan masih tertutupi sama kecanggihannya. Biar nggak merasa menyesal setelah beli perangkat ini, simak kekurangannya berikut ini!

Varian Warna Sedikit

Oppo Band 2 tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu hitam dan biru cerah. Walaupun merupakan warna netral yang bisa digunakan laki-laki maupun perempuan, rasanya pilihannya tetap kurang banyak. Sebenarnya hal ini nggak jadi masalah sih buat yang suka sama salah satu dari kedua warna itu.

Kalau mereka yang tertarik dengan perangkat ini tapi nggak suka dengan warna hitam atau biru gimana dong? Tentu saja, akan lebih menarik kalau Oppo menambah varian warna untuk produk canggihnya in.

Tidak Bisa Otomatis Menyala

Beberapa smartband bisa otomatis menyala saat layarnya diarahkan ke muka. Sementara itu, layar dari smartband besutan Oppo ini nggak bisa bekerja secara otomatis. Pengguna perlu menyentuh layar terlebih dahulu buat melihat jam, kalori yang terbakar, dan aktivitas lainnya.

Hal ini tentu saja lumayan merepotkan bagi sebagian orang. Misalnya saat sedang bersepeda, mau nggak mau kamu harus berhenti terlebih dahulu buat mengecek jumlah kalori yang terbakar.

Magnet Charger Gampang Terlepas

Smartband ini menggunakan pin magnetik buat menghubungkan jam tangan sama kabel charger. Menurut ulasan beberapa pengguna, magnet tersebut gampang goyang karena kurang kuat. Sehingga kalau penggunaannya nggak berhati-hati memungkinkan smartband ini terjatuh.  Jadi, sebelum menggunakannya pastikan kamu sudah menguatkan magnetnya.


Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno8Z 5G

Duh, makin kepincut kan sama kecanggihan yang ditawarkan oleh Oppo Band 2. Kalau kamu memang lagi cari smartband yang stylish, jadikan perangkat ini sebagai pilihan utamanya. Pastinya, kamu sudah bisa mendapatkan Oppo Band 2 dengan harga yang bersahabat secara online di Blibli. Biar belanja makin aman, pastikan pilih Official Store-nya Oppo, ya!

Selain menawarkan harga yang murah, Blibli juga memberikan pilihan voucher gratis biaya pengiriman tanpa syarat apa pun. Kalau beruntung, bahkan kamu juga berkesempatan mendapatkan potongan harga menarik, loh. Di mana lagi coba bisa belanja hemat dengan penawaran yang gila-gilaan selain di Blibli. Yuk, buruan cek katalog produk idaman kamu di Blibli dan rasakan keuntungannya!