Spesifikasi Lengkap Kamera Terbaru Sony A7R IV, Resolusinya 61 MP!

Bagi para fotografer landscape, kamera mirrorless tentu tidak asing lagi dan sudah lama jadi favorit berkat ketangguhan bodi serta kekayaan fiturnya. Nah, beberapa pekan lalu, pabrikan kamera asal Jepang ini baru meluncurkan kamera terbarunya yang dijuluk Sony A7R IV.

Salah satu fitur unggulan dari kamera serbabisa ini adalah resolusinya yang superbesar, yaitu 61 MP. Penasaran apa saja spesifikasi serta fitur unggulan lain dari kamera Sony A7R IV ini? Blibli akan membahasnya secara lengkap di bawah ini.

Sensor Full-Frame, Resolusi Superbesar

Via pisces.com

Sama seperti seri sebelumnya, Sony A7R IV ini masih dilengkapi sensor full-frame CMOS Exmor R dengan prosesor BIONZ X. Meski bermesin sama, A7R IV ini merupakan sebuah gebrakan di lini full-frame Sony maupun kamera mirrorless lainnya di dunia.

Kamera ini menawarkan resolusi superbesar, yaitu 61 MP. Bagi sebagian orang resolusi memang tidak terlalu penting, namun bagi sebagian kalangan fotografer profesional resolusi tinggi artinya dapat membantu mereka dalam proses pencetakan foto dalam ukuran besar.

Dengan resolusi sebesar itu, detail dalam foto akan tetap terjaga karena akan berpengaruh juga pada dynamic range-nya yang luas.

Sony juga sadar bahwa resolusi besar tak selamanya diperlukan karena akan boros memori dan bakal membuat post editing foto jadi lebih lambat. Oleh karena itu, jika sedang memotret untuk kebutuhan biasa kamu bisa menggunakan kualitas gambar crop 26,2 MP, sama seperti kamera APS-C.

Jika foto dicetak dalam ukuran besar, tentu getaran sedikit saja akan membuat blur terlihat jelas. Untuk meminimalisasi risiko tersebut, Sony merombak ulang susunan unit shutter-nya dengan menggunakan sekrup peredam demi menyerap getaran shutter saat kamera menjepret. Jadi, kamu bisa tenteram foto bakal bebas shake saat memotret handheld maupun dengan shutter speed lambat.

Urusan low-light photography tentu saja kamera ini sangat bisa diandalkan. Dengan rentang ISO 100-32000 kamu tidak perlu ragu lagi memotret dalam kondisi temaram, meski tanpa menggunakan tripod sekalipun.

KOLEKSI KAMERA SONY A7 TERLENGKAP ADA DI SINI

Fitur Sony A7R IV

Via slahsgear.com

Sony A7R IV juga cocok bagi para fotografer profesional yang sering memotret alam. Pasalnya, kamera ini juga menawarkan fitur silent shutter agar binatang-binatang eksotis yang kamu potret tidak kabur mendengar suara jepretan kamera.

Sony A7R IV ini punya kemampuan continuous shoot hingga 10 fps dengan shutter mekanik, dan 8 fps dengan live view. Jadi, kamu tidak perlu khawatir ketinggalan momen berharga yang berlangsung dengan cepat.

Selain desain baru shutter-nya tadi, untuk menjamin gambar bebas blur, kamera ini dilengkapi sistem stabilisasi 5-axis yang ditanam di dalam bodi kamera. Jadi, kamu tetap bisa memotret handheld bebas blur dengan kompensasi shutter speed mencapai 5,5 stop.

Sama seperti kamera flagship Sony lainnya, kamera ini sudah dilengkapi tracking AF real-time dengan teknologi AI cerdas. Ada juga Eye AF real-time yang bakal terus mengikuti mata subjek kamu saat memotret atau merekam video.

Sony A7R IV ini juga cukup mumpuni soal rekam video. Kamera ini menawarkan resolusi maksimum 4K dengan Fast Hybrid AF dan S-Log 3 / HLG. Pengoperasiannya juga kian mudah karena kamu bisa langsung menentukan fokus objek pada LCD. Dengan fitur Eye AF real-time tadi, video yang kamu hasilkan pasti akan fokus dan sinematik.

Salah satu faktor yang turut menentukan kamu tidak kehilangan momen adalah kecepatan transfer data di media penyimpanan. Nah, Sony A7r IV ini menyediakan dua slot kartu memori. Keduanya mendukung tipe penyimpanan tertinggi, yaitu UHS-II.

Soal baterai, kamera ini mampu bertahan hingga 530 jepretan jika memakai viewfinder, dan 670 jepretan jika kamu memakai monitor LCD.

KAMERA SONY POCKET BISA BELI DI SINI

Harga Kamera Sony A7R IV

Dengan segala fitur unggulannya, sudah tentu kamera ini tidak murah. Harga kamera Sony A7R IV di Indonesia adalah Rp49.999.000 body only. Tertarik membeli salah satu kamera Sony terbaik ini?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY