Realme 5s, Realme 5, atau Realme 5 Pro: Smartphone Mana yang Harus Kamu Pilih?

Photo by lampung.tribunnews.com

Pada akhir tahun 2019, Realme yang merupakan saudara dari Oppo ini memperkaya seri smartphone Realme 5 mereka dengan merilis Realme 5s ke pasaran. Tentunya Realme memiliki strategi khusus dengan rilisnya produk terbaru ini, bukan semata-mata sebagai aksi terhadap respons pasar terhadap dua produk pendahulunya tersebut.

Sebelum memutuskan ingin membeli seri Realme 5 yang mana, tentunya kamu harus mengetahui perbedaan di antara ketiga seri ini. Siapa yang unggul di mana dan diferensiasi apa yang paling signifikan di antara ketiganya. Daripada penasaran, simak perbedaan di antara Realme 5, Realme 5 Pro, dan Realme 5s berikut ini.

Perbedaan tipis pada sisi layar

Photo by Gadget Tren

Dari segi desain bodi dan layar yang digunakan, ketiga seri ini tidak memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Ketiga seri ini menggunakan layar penuh dengan poni kecil berbentuk drop pada bagian atas untuk mengakomodasi kamera depan. Pengguna juga tidak akan kesulitan mengoperasikannya karena layarnya yang tidak terlalu besar.

Realme 5 dan Realme 5s menggunakan layar seluas 6,5 inci, sedangkan Realme 5 Pro sedikit lebih kecil dengan 6,3 inci. Perbedaan dapat terlihat dari kualitas resolusi yang digunakan. Realme 5 dan Realme 5s menggunakan resolusi HD+, sedangkan Realme 5 Pro memiliki kualitas resolusi yang lebih baik, yaitu FHD+.

Cek produk dan harga Realme 5s di sini.

Dua variasi dapur pacu

Photo by Harapan Rakyat

Jika dilihat dari pilihan dapur pacu yang digunakan, cukup terlihat Realme menempatkan Realme 5 Pro berada di atas dua saudaranya dengan menggunakan chipset Snapdragon 712. Sementara itu, Realme 5 dan Realme 5s menggunakan prosesor kelas menengah Snapdragon 665.

Untuk melengkapi prosesor, Realme menggunakan konfigurasi yang berbeda pada bagian RAM dan internal memorinya. Realme 5s sebagai varian terbaru hanya memiliki satu varian saja, yaitu RAM 4 GB dengan internal memori 128 GB. Realme 5 memiliki dua kapasitas, yaitu pilihan internal memori 32 GB dan 64 GB dengan RAM sebesar 3 GB.

Penasaran dengan Realme 5? Cek barangnya di sini.

Konfigurasi kamera yang mewah

Photo by Gizmochina

Spesifikasi kamera masih menjadi nilai jualan utama dari sebuah smartphone saat ini. Realme 5s dan Realme 5 Pro memiliki spek kamera yang hampir semua. Untuk kamera utama keduanya mengusung konfigurasi yang sama persis. Kamera utama 48MP, kamera ultrawide 8MP (focal length 13 mm), kamera makro 2MP, dan sebuah kamera 2MP untuk depth focus. Perbedaannya hanya terdapat besaran megapixel pada kamera depannya, yaitu Realme 5s sebesar 13MP dan Realme 5 Pro sebesar 16MP.

Di sisi lain, Realme 5 sebagai seri pertama dari model ini memiliki konfigurasi yang hampir serupa dengan Realme 5s. Hanya saja, untuk kamera utamanya, Realme 5 hanya memiliki resolusi 12MP saja. Namun, konfigurasi empat kamera utama pada ketiga model ini jelas menjadi nilai jualan utama dari smartphone kelas menengah ini.

Ingin Realme 5 kelas teratas? Cek Realme 5 Pro di sini.

Penawaran harga yang terjangkau

Photo by Techprolonged

Perbedaan harga di antara ketiga smartphone ini tidak jauh berbeda. Realme 5 Pro sebagai seri teratas dipatok dengan harga Rp3.205.000, sedangkan Realme 5 dibanderol mulai dari Rp1.999.000. Sementara itu, Realme 5s sebagai seri terbaru ditawarkan dengan harga Rp2.480.000.

Dengan varian harga yang terjangkau seperti ini, sepertinya memiliki konfigurasi empat kamera yang mewah sudah bisa dirasakan oleh semua kalangan. Apakah kamu tertarik untuk merasakan kehebatan Realme 5s?

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY