me

Sinopsis Panggonan Wingit, Film Horor dari Kisah Nyata?

Nov 23, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

harapanrakyat.com
Intip dulu sinopsis Panggonan Wingit sebelum nonton!

Promo Dream On Mei 2024

Sinopsis Panggonan Wingit — Film horor selalu dilahap oleh penonton tanah air karena memang masih banyak yang percaya dengan hal-hal mistis. Tanggal 30 November 2023 nanti, ada satu lagi film horor menarik yang harus Blibli Friends tonton, berjudul Panggonan Wingit. Film yang disutradarai oleh Gutur Soeharjanto ini dibintangi deretan aktor ternama. Daripada penasaran, yuk langsung cek sinopsis Panggonan Wingit di sini. 

Sebelumnya, kamu harus tahu kalau Panggonan Wingit itu adalah bahasa Jawa yang artinya tempat angker, atau tempat yang dihuni makhluk gaib. Nah, dari judulnya saja sudah horo, kan? Langsung saja simak sinopsisnya di bawah ini. 

Baca Juga:


Sinopsis Panggonan Wingit

Film ini mengisahkan tentang kehidupan kakak dan adik, Raina dan Fey. Keduanya memutuskan pindah dari Jakarta ke Semarang dengan tujuan untuk mengelola hotel warisan dari kakek dan nenek mereka, Kakek Garinto dan Nenek Suktini. Hotel yang diwariskan ini bernama Hotel Ambar Mangun. Sebagai cucu yang patuh, Raina dan Fey pun bersedia menjalankan amanah dari dua orang yang mereka sayang.

Mengelola hotel ternyata nggak semudah itu karena Raina dan Fey harus mematuhi peraturan yang ditetapkan kakek dan nenek mereka. Mereka berdua dan siapa pun yang berada di hotel itu dilarang untuk masuk ke lantai 3. Raina dan Fey sebenarnya nggak mengerti apa yang membuat lantai 3 terlarang, tapi toh mereka mematuhinya saja. Hingga suatu malam terdengar suara tangis dari lantai 3. 

Raina yang kebetulan mendengar suara tangis dari salah satu kamar di lantai 3 itu. Rasa penasaran Raina ternyata lebih besar dan ia pun nekat masuk ke pintu tanpa nomor. Di sana ia melihat wanita tua dengan kulit yang sangat putih berkata “Telung dino, tengah wengi” yang artinya “Tiga hari, tengah malam.” Dari sini, Raina pun menyadari bahwa nyawanya sudah terancam karena telah masuk ke Panggonan Wingit.

Kakek Garinto, Nenek Suktini, dan Fey pun berusaha mencari cara agar Raina terlepas dari malapetaka. Mereka juga mencari tahu ada apa di balik misteri kelam kamar tanpa nomor tersebut. Berhasilkah usaha mereka dalam menemukan rahasia besar di baliknya? Penasaran kan? Jangan lupa catat tanggal mainnya ya!

Siapa Saja Cast di Film Panggonan Wingit?

Siapa saja yang memerankan film Panggonan Wingit? Yang pasti ada beberapa nama besar yang bikin film ini makin menarik. Di antaranya adalah:

1. Luna Maya 

jpnn.com

Berperan sebagai Raina, seorang kakak yang bertanggung jawab dan menjadi keturunan yang baik dengan menerima tugas sebagai pewaris hotel keluarga. Raina yang selama ini tinggal di Jakarta dan nggak pernah dihadapkan pada pengalaman mistis, tiba-tiba harus langsung dipertemukan dengan makhluk-makhluk gaib yang sulit dijelaskan keberadaannya. 

Pemilihan Luna Maya sebagai aktris utama dalam film ini dianggap bisa menjadi daya tarik besar. Bukan hanya karena filmografi Luna yang sudah panjang saja, tapi karena baru-baru ini Luna sukses banget memerankan karakter Suzzanna di film Suzzanna: Malam Jumat Kliwon. 

Sebelumnya, Luna Maya juga sudah pernah beberapa kali berperan dalam film horor dan thriller. Di antaranya adalah Bangsal 13, Killers, Devil’s Whisper, Suzzanna: Bernapas dalam Kubur, dan Rumah Kentang: The Beginning. 

2. Christian Sugiono 

bandung.viva.co.id

Christian Sugiono di film ini berperan sebagai Ardo, mantan kekasih Raina yang karena satu dan lain hal akhirnya terlibat juga dalam masalah ini. Ardo adalah seorang jurnalis, jadi secara naluriah dia selalu ingin tahu dan berusaha memecahkan misteri di balik Panggonan Wingit yang ada di lantai 3 Hotel Ambar Mangun. Apakah Ardo berhasil membantu Raina dan keluarganya?

Banyak bermain film dengan genre drama dan komedi romantis, ternyata Panggonan Wingit merupakan film horor kedua Christian. Sebelumnya, pria yang biasa dipanggil Tian ini sudah pernah berperan di film horor yang sama dengan Luna Maya, yaitu Rumah Kentang: The Beginning. 

3. Bianca Hello 

popbela.com

Bianca Astrid Hello di film ini berperan sebagai adik Raina, Fey. Meski masih muda, Fey terpaksa juga mengikuti kakaknya untuk pindah dari Jakarta Semarang. Ia pun bersedia membantu mengelola hotel yang sudah diwariskan pada Raina dan dirinya. Begitu diberi tanggung jawab, Fey pun berusaha melaksanakannya sebaik mungkin. 

Bianca sendiri adalah aktris keturunan Indonesia dan Belanda yang lahir pada tahun 2001. Bianca terjun ke dunia akting sejak tahun 2016 lewat film Rumah Malaikat, di mana ia berperan menjadi Sheila. Setelah itu, Bianca cukup aktif berakting di film. Di antaranya ada Mereka yang Tak Terlihat, Mata Batin, Mata Batin 2, Makmum, Wedding Proposal, dan Hompimpa. 

4. Egy Fedly 

trueid.id

Belum ada bocoran di film ini Egy Fedly memerankan karakter apa. Yang pasti, aktor dan musikus kelahiran Bandung tahun 1956 ini sudah aktif di dunia peran sejak tahun 1979 hingga sekarang. Ia debut di film berjudul Tali Merah Perkawinan yang rilis tahun 1981.

Egy Fedly sudah nggak asing berperan di film horor dan thriller. Beberapa film yang pernah dibintanginya adalah Kuntilanak 2, Fiksi., Mengejar Setan, Hantu Pohon Boneka, Jailangkung, Pengabdi Setan, Arwah Tumbal Nyai: Part Arwah, Wengi: Anak Mayit, Kain Kafan Hitam, Lukisan Ratu Kidul, Pocong the Origin, Si Manis Jembatan Ancol, dan Pengabdi Setan 2: Communion. 

5. Firstriana Aldila

liputan6.com

Peran Firstriana Aldila juga belum diberi bocoran. Yang pasti aktris kelahiran tahun 1999 ini debut di film Panggonan Wingit. Sebelumnya, Firstriana Aldila sudah berperan di banyak serial TV. Di antaranya Insya Allah Ada Jalan, Tak Kasat Mata, Wanita Perindu Surga, Bismillah Cinta, dan Jodoh Wasiat Bapak Babak 2. 

Fakta Menarik Film Panggonan Wingit

Apa yang menarik dari film Panggonan Wingit? Ini dia beberapa faktanya:

1. Rumor Kisah Nyata

jpnn.com

Menurut rumor yang beredar, kisah yang diangkat menjadi film Panggonan Wingit berdasarkan kisah nyata yang terjadi di Semarang. Nggak bisa dibuktikan kebenarannya, tapi ceritanya sudah menjadi legenda urban!

2. Sutradara Peraih Penghargaan

konteks.co.id

Disutradarai oleh Guntur Soeharjanto, yang karyanya banyak meraih penghargaan bergengsi1 Di antaranya FTV Juli di Bulan Juni yang meraih 9 penghargaan di FFI 2005 dan 99 Cahaya di Langit Eropa yang merupakan salah satu film terlaris sepanjang masa. 

3. Film Kelima Luna dan Tian

infobdg.com

Panggonan Wingit merupakan film kelima Luna dan Tian berperan bersama. Yang pertama adalah Cinta Silver (2005), lalu ada Jakarta Undercover (2006), Sabrina (2018), dan Rumah Kentang: The Beginning (2019).


Baca Juga:

Makin penasaran kepingin menonton filmnya setelah tahu sinopsis Panggonan Wingit? Nantikan kehadirannya di bioskop tanggal 30 November nanti, tapi sebelumnya dapatkan dulu voucher M-Tix di Blibli supaya beli tiket nonton lebih hemat!