Siklus Gaji yang Tanpa Sadar Bikin Gaji Hilang Seketika

Gajian emang jadi momen yang paling ditunggu semua orang. Detik-detik menuju tanggal gajian pasti pikiran-pikiran kita udah dipenuhi dengan sederet daftar belanja yang wajib dipenuhi. Entah beli skin care, bayar cicilan ini itu, bahkan sampe makanan enak apa yang kira-kira bakal dibeli sebagai bentuk self reward selama sebulan kerja. Ternyata, kebiasaan kita sebelum dan setelah gajian tanpa sadar membentuk sebuah siklus gaji, loh. Wah, gimana tuh siklus gaji itu? Yuk, simak di bawah ini!

Baca juga: Cara Mengelola Uang Gajian Biar Gak Boncos Pas Belanja


 

  1. Asyiiikkk its gajian time!!!

sumber: pixabay.com

Ini merupakan siklus pertama yang kira-kira dialamin di sekitar tanggal 25-1, deh. Yup, siklus itu adalah gajian!! Tanggal gajian pasti sudah ditunggu-tunggu. Buka tutup mbanking buat ngecek saldo mendadak jadi lebih intens tiap 10 menit. Rasa resah makin terasa kalo udah hari H tapi gaji belom turun. Tapi, semua itu bakal ilang saat nominal gaji udah masuk dalam saldo rekening kamu. Dalam hati pasti kamu langsung joget disco sebagai bentuk selebrasi atas kerja keras kamu selama sebulan ini. Yeay, saatnya menikmati gajian!

  1. Saatnya bayar ini itu

prioritas belanja
Via – Runthemoney

Wah, ternyata seneng abis nerima gaji harus ditahan dulu sebentar mengingat banyak cicilan dan utang di bulan lalu yang harus dibayar. Tuh liat tuh, cicilan rumah, laptop, mobil, dkk udah melototin kamu yang abis joget disco! Sekarang saatnya kamu sisihin sebagian gaji kamu biar mereka ga melotot lagi. Walaupun kesel tapi kalo udah bayar pasti lega kan. Siklus ini kira-kira dialamin ditiap minggu awal penerimaan gaji, sekitar tanggal 1-7 di awal bulan. Siapa nih yang tiap bulan selalu nerima surat cinta dari perusahaan kredit? ayo jangan lupa dibayar ya.

  1. Tidak lupa belanja kebutuhan dan keinginan

tip dapat promo cashback

Nah kalo udah bayar ini itu, sekarang saatnya kamu belanja kebutuhan kamu. Siklus ini biasanya dialamin di seminggu hingga dua minggu awal setelah penerimaan gaji, kira-kira sekitar tanggal 1-14, deh. Masa-masa dompet lagi subur-suburnya nih. Jangan lupa bikin list belanja bulanan buat kebutuhan kamu sampe akhir bulan ya. Masuk supermarket jadi hal yang mendadak menyenangkan karena ga lagi kuatir duit kurang atau pusing mikirin mana produk paling murah yang harus dibeli. Kalo bisa yang promo beli 1 gratis 1 deh.

Abis belanja, pasti kamu butuh yang Namanya self reward, deh. Entah ngopi, nongkrong sama temen, ataupun shopping kaya horang kaya. Pokonya ini saat terbaik kamu memanjakan diri kamu, deh. Eits, tapi jangan lupa untuk selalu mengutamakan kebutuhan di samping keinginan ya.

  1. Akhir bulan? Saatnya Ngirit!

Sumber Gambar : Great Performers Academy

Abis beberapa hari cosplay jadi orang kaya, sekarang saatnya kamu insaf sementara karena sadar gajian lagi masa lama! Baru tanggal 14 tapi dompet udah mulai menunjukkan tanda-tanda kurang asupan, nih. Biasanya siklus ini kamu alami di pertengahan bulan hingga akhir, kira-kira tanggal 14-20, lah. Mendadak rasa pusing, sakit kepala, dan mual kerasa kalo inget kekhilafan sebelumnya. Ayo amankan kartu ATM supaya ga sering-sering gesek lagi. Jangan lupa juga jauhin dompet dari pandangan mata. Karena ini saatnya kita ngirit!

  1. Menanti Gajian Lagi

Tanggal 20-an emang selalu kerasa berat nih, Blibli Friends! Rutinitas ngecek kalender kembali terulang, deh. Udah gaada gunanya menyesali kelakukan foya-foya kamu di awal bulan. Saatnya kita mulai memisah-misahkan uang per hari supaya ga kebobolan lagi dan terpaksa minjem temen. Tenang semua, penderitaan ini hanya sementara karena siklus ini akan kembali berulang saat kamu terima gaji! Makanya sekarang kita sabar aja deh udah. Jangan terlalu dipikirin. Daripada stres mending kita fokus kerja aja yuk. Siapa tau si bos ngelirik dan ngasih bonus pas gajian bulan depan, ihihihi.


Baca juga: Belanja Abis Gajian No Drama Pake Promo

Siapa nih yang kira-kira relate dengan siklus gaji di atas? Gajian emang jadi momen paling campur aduk. Makanya, penting banget buat kamu mengenal siklus gaji supaya ga terjebak dalam kesalahan yang sama. Alias biar ga selalu dihantuin rasa bersalah karena kelewat hedon di akhir bulan. Nah, biar ga mengulang kesalahan hedon itu, mending pas gajian belanjanya di Big Payday Blibli! Dijamin hemat dan gaada lagi penyesalan tiap abis belanja.

Dapatkan Promo Gajian Big Payday Hanya di Sini!

Promo Gajian Big Payday

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY