Kalau bingung mencari aktivitas untuk akhir pekan, road trip bersama motor kesayangan harus diagendakan. Coba rencanakan dengan baik, cari saat yang tepat saat cuaca cerah, dan siap-siap mengejar petualangan seru hanya bersama motor kesayanganmu!

1. Cek kondisi mesin dan onderdil motor supaya tidak menghambat petualanganmu!

Yuk, Road Trip Sendirian, Hanya Kamu dan Motor Kesayanganmu!
Via – primefactorsmotorcycles

Supaya kamu tidak repot mencari bengkel di perjalanan, hal yang paling utama sebelum melakukan road trip adalah memeriksa kondisi motormu! Nah, bagian utama yang harus kamu periksa antara lain adalah ban.

Kenapa ban? Karena ban menentukan kenyamanan motormu dalam melaju. Kalau ban yang kamu pakai sudah mulai gundul atau menipis, bisa-bisa ban motormu tidak mencengkeram jalan dengan baik, loh. Selain itu, perhatikan juga oli, lampu, rem, accu, kopling, karburator, dan shockbreaker.

Nah, shockbreaker ini juga bisa memberikan kenyamanan untukmu saat mengendarai motor. Dengan shockbreaker yang sehat, kamu bisa duduk nyaman meskipun jalanannya berlubang.

2. Ini juga penting banget, nih! Periksa kesehatanmu!

Yuk, Road Trip Sendirian, Hanya Kamu dan Motor Kesayanganmu!2
Via – Daily DIY

Nah, hal yang satu ini juga sangat penting nih. Kalau motormu sudah kamu bawa ke bengkel dan siap meluncur, masa perjalanan gagal karena kamu kurang sehat? Selain motormu yang harus sehat, kamu juga harus sehat dong.

Coba periksakan terlebih dahulu kesehatanmu. Konsultasi dengan doktermu apakah aman jika kamu melakukan road trip sendirian ke luar kota. Kedengarannya lebay sih, tapi ini penting banget. Daripada kamu tiba-tiba drop di jalan, kan berabe. Setuju nggak?

Nah, kalau kamu sudah konsultasi dengan doktermu, jangan lupa persiapkan obat-obatan pribadi untuk berjaga-jaga kalau di perjalanan kamu menderita demam atau sakit yang lainnya. Kalau sudah sehat, jadi tenang kan mau berangkat road trip?

3. Safety can be fun! Perhatikan keamanan berkendara

Yuk, Road Trip Sendirian, Hanya Kamu dan Motor Kesayanganmu!3
Via – bikebandit

Yang satu ini jelas harus kamu siapkan sebaik mungkin. Jika keamananmu sudah terjamin, kamu bisa berkendara dengan tenang. Nah, hal yang paling wajib kamu gunakan adalah helm SNI. Selain untuk kepentingan keamanan, bisa-bisa kamu ditilang kalau nggak pakai helm.

Perintilan lainnya yang disarankan adalah sarung tangan yang dilengkapi hard protector, riding boots yang menutup hingga tumit, jaket yang dilengkapi dengan wind breaker supaya kamu nggak perlu menggunakan rompi tambahan, dan tentunya jas hujan dengan bagian atas dan bawah terpisah.

Sudah siap berkendara dengan aman?

4. Perhatikan kelengkapan surat kendaraan

Yuk, Road Trip Sendirian, Hanya Kamu dan Motor Kesayanganmu!4
Via – infoblitar.com

Jangan sampai deh kamu melupakan surat-surat kendaraan seperti SIM, STNK, dan surat penting lainnya. Nggak mau kan ditilang hanya karena melupakan surat-surat? Kamu pasti jadi nggak mood buat nerusin perjalanan, kalau itu sampai terjadi.

Makanya, membawa surat kendaraan itu sangat penting, supaya kamu nggak panik kalau ada polisi yang memeriksa surat-surat kendaraanmu.


Baca juga:Sudah Tahu, Pentingnya Asuransi Motor?


5. Bawalah barang dan perbekalan sesuai kebutuhanmu saja. Jangan terlalu banyak.

Yuk, Road Trip Sendirian, Hanya Kamu dan Motor Kesayanganmu!5
Via – ride apart

Road trip sendirian tentunya kamu tidak bisa membawa barang bawaan yang banyak, karena kapasitas penyimpanan motor yang terbatas. Selain itu, bawaan yang terlalu banyak hanya akan merepotkanmu di perjalanan.

Jadi, bawalah barang dan perbekalan secukupnya saja. Untuk mengantisipasi barang bawaanmu yang tidak muat di motor, kamu bisa menggunakan tambahan box.

6. Jangan lupa untuk berkabar dengan keluarga atau kerabat terdekat

Yuk, Road Trip Sendirian, Hanya Kamu dan Motor Kesayanganmu!8
Via – Dauntless Jaunter

Kamu nggak mau kan membuat orang-orang terdekat khawatir karena memikirkanmu yang nggak ngasih kabar. Nah, berpamitanlah kepada orang tua atau orang-orang terdekatmu, kemudian rutin memberi kabar tentang posisi keberadaanmu, supaya orang-orang terdekatmu tidak khawatir.

Kalau kamu rutin berkabar, orang-orang terdekatmu tenang, kamu juga tenang kan? Setelah berkabar langsung lanjut lagi deh road trip-nya.


Yuk, Road Trip Sendirian, Hanya Kamu dan Motor Kesayanganmu!6

Jadi bagaimana? Tertantang untuk melakukan roadtrip hanya kamu dengan motormu? Nah, segera persiapkan kebutuhanmu untuk melakukan roadtrip seperti yang sudah dijelaskan di atas!

Kalau kamu ragu dengan motormu yang sekarang, Blibli.com menyediakan sepeda motor sport khusus untuk roadtrip kamu nih! Kawasaki Versys yang didukung dengan mesin 250cc bersilinder ganda, rangka backbone, suspensi depan panjang, dan velg 19/17.

Versys dijamin memberikan kenyamanan tingkat tinggi dan dapat kamu percayakan untuk segala situasi. Apalagi motor ini juga dilengkapi dengan side panniers, fog lamps, engine guards, dan hand guards.

Yuk pre-order Kawasaki Versys-X 250 City and Tourer di Blibli.com. Ada cicilan hingga 24 bulan dan voucher BBM Shell senilai Rp. 500.000 loh.


Baca juga:Anak Perantau, Perhatikan Hal-Hal Ini Sebelum Membeli Motor!


Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY