me

Review iPhone 15 Plus: Spesifikasi, Fitur Unik, Varian Warna dan Perbandingan dengan iPhone 15 Lainnya

Oct 27, 2023.By
Bagikan

phonearena.com
Ini dia review iPhone 16 Plus untukmu!

Cicilan 0% Gadget

iPhone 15 series adalah keluaran generasi iPhone yang paling banyak ditunggu termasuk di Indonesia karena memberikan fitur dan teknologi yang lebih modern di dalamnya. Sama halnya dengan iPhone generasi sebelumnya, iPhone 15 ini hadir langsung sepaket dengan empat varian yakni iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Kamu tertarik untuk menggunakan iPhone 15 Plus? Jangan lupa untuk cek dulu review iPhone 15 Plus ini sebagai pertimbangan sebelum membelinya.

Baca juga :


Spesifikasi Iphone 15 Plus 

Apa saja sih yang menjadi spesifikasi menarik dan unggulan dari iPhone 15 ini? Biar kamu bisa paham lebih jauh bisa langsung cek semua detail penjelasannya lengkap di bawah ini!

Dimensi dan Bodi 

phonearena.com

Spesifikasi pertama yang perlu kamu tahu mengenai iPhone 15 ini adalah tentang ukuran dimensi dan bodi dari iPhone. Dimensi dari iPhone 15 ini adalah sekitar 160.9 x 77.8 x 7.8 mm dengan berat produk sekitar 201 gram. Ukuran dari iPhone 15 Plus memang nggak terlalu berat karena menyesuaikan dengan jenis material berupa aluminium baja. 

Aluminium memang memiliki berat yang lebih ringan namun cenderung lebih mudah panas dibandingkan dengan material yang diberikan untuk variasi Pro dan Pro Max. Jika ditinjau dengan lengkap bagian rangka dan seluruh bodi dari iPhone 15 ini terdiri atas Glass front (Corning-made glass), glass back (Corning-made glass) dan aluminum frame

Kelengkapan lain yang mempengaruhi bodi iPhone 15 Plus ini adalah kapasitas SIM Card yang bisa masuk ke dalam ponselnya. Untuk strandar Internasional SIM Card yang bisa masuk ke dalam iphone berupa Nano-SIM and eSIM, kemudian untuk USA menggunakan Dual eSIM with multiple numbers dan untuk China adalah Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by). 

Bagusnya bodi ini sudah didukung dengan adanya IP68 dust dan water resistant (up to 6m for 30 min). Maksudnya adalah bodi dari iPhone 15 ini sudah aman dari anti debu dan juga kedalaman air sekitar 6 meteran selama 30 menitan. Sehingga ketika iPhone ini nggak sengaja jatuh ke dalam air maka nggak bakalan langsung rusak. 

Layar dan Display 

phonearena.com

Spesifikasi kedua yang perlu kamu tahu dari iPhone 15 Plus adalah tentang layar dan display. iPhone 15 Plus dibekali dengan jenis layar Super Retina XDR OLED yang memberikan kenyamanan dan ketajaman lebih baik mengenai layar yang diakses. Jenis layar ini setara dengan yang digunakan pada iPhone 14 variasi Pro dan Pro Max. 

Kelengkapan dari tipe layar iPhone 15 Plus ini adalah sudah mendukung adanya HDR10 dan Dolby Vision. Kedua fungsi ini memungkinkan layar menjadi lebih stabil, nggak noise dan tentunya aman untuk dipandang lebih lama. Nggak hanya itu, variasi iPhone 15 Plus ini sudah dibekali dengan kecerahan sampai dengan 1000 nit ketika di dalam ruangan. 

Bahkan ketika berada di luar ruangan kecerahannya mampu meningkat sampai dengan 2000 nit terlebih jika memang berada di area yang minim cahaya. Ukuran layarnya adalah sekitar 6,7 inci, sedikit lebih besar dibandingkan iPhone 15 reguler ditambah dengan 88.0% screen-to-body ratio mengenai ukuran rasio yang digunakannya. 

iPhone 15 Plus ini memiliki ukuran resolusi layar sekitar 1290 x 2796 pixels lebih tinggi sedikit dibandingkan iPhone 15 reguler tentunya. Kelengkapan lain mengenai layar yang perlu kamu tahu adalah 19.5:9 ratio (~460 ppi density) ditambah sudah ada ceramic Shield glass sebagai pelindung layar yang lebih maksimal anti gores dan tekanan. 

Chipset dan OS 

gizchina.com

Spesifikasi ketiga yang nggak kalah penting diperhatikan dari iPhone 15 Plus adalah mengenai penggunaan chipset dan OS di dalamnya. iPhone 15 Plus ini sudah berjalan di dalam iOS 17, upgradable to iOS 17.1 sehingga mengenai kecepatan dan performa yang diberikan nggak perlu diragukan lagi, kalau kamu sudah merasa oke dengan IOS 16 maka untuk IOS 17 ini lebih mantab. 

iPhone 15 Plus dilengkapi dengan penggunaan Apple A16 Bionic (4 nm) untuk chipset di dalamnya. Jenis ini sebenarnya sama dengan chipset yang diberikan pada iPhone 15 Pro dan Pro Max. Ukuran kapasitas kemampuan chipset 15 Plus ini sedikit lebih rendah dibandingkan dengan yang digunakan variasi iPhone 15 Pro dan Pro Max yang sudah menggunakan A17. 

Chipset ini didukung dengan penggunaan Hexa-core (2×3.46 GHz Everest + 4×2.02 GHz Sawtooth) untuk jenis CPU yang ada di dalamnya. Kinerja yang diberikan tentu sudah cukup stabil terlebih ketika digunakan untuk membuka kamera, bermain game maupun untuk dukungan hiburan lain yang diinginkan. 

Nggak hanya cepat dan performanya oke namun iPhone 15 Plus ini sudah didukung dengan pengadaan Apple GPU (5-core graphics) sebagai jenis GPU di dalamnya. Hal ini menunjang penampakan grafis dan animasi di dalamnya menjadi lebih tajam dan tentunya nyaman di mata mengenai perpaduan gelap terang dan juga gradien warna yang ada di dalamnya. 

Memori Penyimpanan 

phonearena.com

Spesifikasi keempatnya dari iPhone 15 Plus ini adalah tentang memori penyimpanan. iPhone memang banyak dianggap sebagai ponsel dengan penyimpanan terbatas. Namun kamu nggak perlu khawatir karena Apple sudah banyak berbenah terlebih setelah peluncuran generasi iPhone 14 series sebelumnya sehingga untuk iPhone 15 series ini juga sangat diperhatikan. 

Untuk iPhone 15 Plus dibekali dengan beberapa pilihan memori penyimpanan yakni 128GB 6GB RAM, 256GB 6GB RAM, 512GB 6GB RAM. Ukuran ini memang standar untuk tipe iPhone reguler dan Plus sementara untukmu yang pengen penyimpanan lebih besar bisa menggunakan variasi yang Pro maupun Pro Max karena bisa sampai dengan 1 TB memorinya. 

Hanya saja iPhone 15 Plus ini nggak dilengkapi dengan tambahan slot memori lagi jadi kamu memang hanya bergantung dengan RAM dan penyimpanan internal. Tipe penyimpanan yang digunakan adalah NVMe karena dianggap lebih mumpuni dan aman dibandingkan dengan tipe terbaru yang sudah diterapkan pada Android. 

Kamera Utama 

phonearena.com

Spesifikasi kelima dari iPhone 15 Plus adalah tentang pengadaan kamera utamanya. iPhone 15 Plus memang sudah banyak mendapatkan pengembangan meskipun masih ada beberapa unsur dari iPhone 14 lalu yang dimasukkan pada generasi 15 ini. Kamera belakangnya menggunakan tipe dual dengan satu flash sehingga menambah hasil jepretan menjadi lebih tajam. 

Resolusi dari kedua kamera belakangnya adalah 48 MP, f/1.6, 26mm (wide), 1/1.56″, 1.0µm, dual pixel PDAF, sensor-shift OIS dan 12 MP, f/2.4, 13mm, 120˚ (ultrawide). Kedua jenis kamera ini bakalan memberikan hasil jepretan yang lebih nyata dan detail tentunya juga menunjang minim noise ketika dipakai untuk menjepret objek sesuai keinginan. 

Fitur tambahan yang diberikan pada kamera utama iPhone 15 Plus ini adalah dual-LED dual-tone flash, HDR (photo/panorama). Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk mendapatkan hasil foto yang lebih nyata maupun natural. Terlebih dengan adanya fitur photo atau panorama ini memungkinkan kamu bisa mendapatkan detail objek yang lebih memuaskan. 

Banyak orang yang menganggap kamera iPhone kurang maksimal untuk memberikan hasil rekaman. Namun kamu perlu tahu kalau iPhone 15 Plus ini sudah dibekali dengan kemampuan kapasitas perekaman sampai dengan 4K@24/25/30/60fps, 1080p@25/30/60/120/240fps, HDR, Dolby Vision HDR (up to 60fps), Cinematic mode (4K@30fps), stereo sound rec.

Kamera Depan Selfie 

apple.com

Spesifikasi keenam dari iPhone 15 Plus adalah tentang kamera depan atau selfie. Kebanyakan kamera depan memang nggak sebagus kamera belakang bahkan hasil jepretannya juga cenderung nggak natural. Namun kamu nggak perlu khawatir karena kamera iPhone 15 Plus ini untuk bagian depannya juga sudah oke digunakan. 

Resolusi kamera depannya adalah 12 MP, f/1.9, 23mm (wide), 1/3.6″, PDAF ditambah dengan fitur dukungan SL 3D, (depth/biometrics sensor) untuk sensor yang membuat tampilan setiap jepretannya menjadi lebih detail dan nyata. Sensor ini memungkinkan kamu bisa mendapatkan jepretan yang lebih HD meskipun dengan gerakan objek yang cepat. 

Fitur dukungan lain yang juga diberikan pada kamera depan iPhone 15 Plus ini adalah HDR, Cinematic mode (4K@30fps). Jadi, HDR yang diberikan nggak hanya ada pada bagian kamera belakang namun juga diberikan untuk kamera depannya begitu juga dengan pengadaan cinematic mode yang membuat hasil rekaman menjadi lebih dramatis tanpa perlu editing tambahan. 

Hasil rekaman dari kamera depan juga bagus banget dengan kemampuan kapasitas sampai dengan 4K@24/25/30/60fps, 1080p@25/30/60/120fps, gyro-EIS. Tentu saja ukuran ini setara dengan apa yang diberikan untuk kamera belakangnya. Jadi, kamu bisa lebih bebas mau menggunakan kamera depan maupun belakang sesuai dengan kebutuhan. 

Konetivitas 

phonearena.com

Spesifikasi ketujuh dari iPhone 15 Plus ini adalah mengenai sambungan atau konetivitas dari ponselnya. Sebuah iPhone tentu diharapkan mampu memberikan kepraktisan dan tingkat efisiensi yang lebih baik untuk digunakan. Sehingga penting banget untuk mempertimbangkan adanya sambungan yang lebih lengkap di dalamnya. 

Namun kamu nggak perlu khawatir karena iPhone 15 Plus ini sudah dilengkapi dengan beberapa sambungan menarik seperti Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, hotspot, 5.3, A2DP, LE untuk bluetooth dan juga beberapa positioning berupa GPS, GLONASS, GALILEO, BDS, QZSS. iPhone 15 Plus ini nggak ada radio namun sudah mendukung NFC. 

Selain itu, sambungan lain yang bisa kamu gunakan untuk mengisi daya ponsel maupun untuk memindahkan data dari perangkat lain adalah USB Type-C 2.0, DisplayPort terlebih jika kamu memang suka pemindahan dengan bantuan kabel. Meskipun sebenarnya iPhone 15 Plus ini juga menunjang sambungan nirkabel yang cukup mumpuni.

Sama halnya dengan iPhone 14 sebelumnya, kali ini iPhone memang sudah menerapkan penggunaan USB Type C memenuhi kebutuhan pasar dan juga membuat desain yang lebih minimalis. 

Daya Baterai dan Ketahanan 

phonegradekenya.odoo.com

Spesifikasi kedelapan dari iPhone 15 Plus ini adalah mengenai daya baterai dan ketahanannya ketika digunakan. Tipe baterai yang digunakan adalah Li-Ion 4383 mAh, non-removable yang bisa digunakan sampai seharian penuh. Semua iPhone 15 series memang dibuat lebih awet penggunaan baterainya sehingga lebih minim proses pengisian baterainya. 

Kelengkapan selanjutnya dari pengisian daya ini adalah wired, pd2.0, 50% in 30 min (advertised). Maksudnya adalah kamu bisa kembali mendapatkan daya sampai dengan 50 persenan hanya dalam waktu 30 menitan saja. Ada beberapa kapasitas ukuran pengisian daya yang perlu kamu tahu seperti 15W wireless (MagSafe), 7.5W wireless (Qi) dan 4.5W reverse wired. 

Jika ditinjau dengan perkiraan jam maka baterai iPhone 15 Plus ini bakalan mampu bertahan dengan rentang waktu 20 dan 26 jam. Ukuran ini digunakan sebagai patokan penggunaan yang normal. Perbedaan rentang waktu penggunaan juga dipengaruhi dengan tipe pemakaian seperti untuk streaming, mendengarkan musik atau bahkan untuk kebutuhan menonton video. 

Fitur Unik iPhone 15 Plus 

Selain memahami spesifikasinya yang mumpuni kamu juga harus tahu kalau iPhone 15 Plus ini sudah dilengkapi dengan beberapa fitur unik di dalamnya. Biar lebih jelas kamu bisa langsung cek semua detailnya di bawah ini!

Layar yang Lebih HD dan Kecerahan Maksimal 

thestreet.com

Fitur menarik pertama yang perlu kamu tahu dari iPhone 15 Plus ini adalah tentang layar yang dibuat lebih mengesankan. Meskipun iPhone 15 Plus ini berada di bawah spesifikasi layar Pro dan Pro Max namun nyatanya tipe layar ini sudah mampu memberikan kepuasan tersendiri. Jika kamu belum familiar dengan tipe layar ini ketajamannya setingkat lebih tinggi dari AMOLED. 

Jenis layar Super Retina XDR OLED dibekali dengan kerapatan piksel 460 ppi begitu juga dengan tambahan HDR Display, True Tone dan kemampuan kecerahan sampai dengan 2000 nit. Layar yang HD dan cerah memang mampu memberikan kenyamanan lebih baik untuk mata. Layar yang lebih HD dan jernih jelas memberikan kenyamanan tersendiri untuk digunakan dalam jangka panjang. 

Chipset yang Setara dengan iPhone 14 

skafary.com

Fitur menarik kedua yang bisa kamu nikmati dari iPhone 15 Plus ini adalah pengadaan chipset yang memang sudah sangat bagus performanya. Kamu harus tahu kalau A16 Bionic ini menjadi chipset yang dipasangkan pada iPhone 14 Pro dan Pro Max variasi paling tinggi dari iPhone 14 series keluaran sebelumnya. 

Kinerjanya bakalan lebih tinggi dan cepat bahkan sudah mendukung kebtuuhanmu untuk mengakses lebih banyak pekerjaan multitasking, game maupun membuka aplikasi yang berat sekalipun. Chipset ini juga berpengaruh terhadap pengaksesan kamera serta memori penyimpanan yang lebih sinkron untuk digunakan. 

Banyak yang menganggap kalau chipset A16 Bionic ini memang sangat stabil performanya karena sudah terbukti lewat penggunaannya di iPhone 14 sebelumnya. Chipset ini membuat kinerja ponsel menjadi lebih ringan dan nggak mudah panas pada perangkat penggunanya. 

Fitur Sensor yang Lebih Komplit 

phonearena.com

Fitur menarik ketiganya adalah mengenai penambahan sensor untuk keamanan dan juga kemudahan akses di berbagai konektivitas iPhone tersebut. Bagusnya iPhone 15 Plus ini sudah dilengkapi dengan Face ID yang menunjang keamanan ponsel menjadi lebih baik untuk digunakan. Sensor lain yang digunakan adalah accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer. 

Selain itu iPhone 15 Plus ini juga sudah mendukung Ultra Wideband 2 (UWB) support ditambah penggunaan Emergency SOS via satellite (SMS sending/receiving) di dalamnya. Dengan banyaknya sensor yang diberikan maka bakalan mempermudah pengguna untuk mengakses satu fitur menuju fitur lainnya dengan waktu yang lebih cepat tentunya. 

Dynamic Island 

digitaltrends.com

Fitur menarik keempat yang bisa kamu pahami dari iPhone 15 Plus ini adalah mengenai pengadaan dynamic island. Pengadaan dynamic island ini memang sudah ada pengadaannya di iPhone 14 dan diterapkan kembali pada tipe iPhone 15 ini. Tampilannya memang sangat estetik dan memuaskan para penggunanya meskipun masih menggunakan versi beta. 

Bagusnya, fitur ini bisa langsung kamu besarkan atau kecilkan sesuai kebutuhan. Dengan adanya fitur ini memungkinkan kamu untuk melihat beberapa informasi penting tentang musik yang diputar, koneksi airdrop dan hal lain dengan cara yang menyenangkan. Fitur ini memang menjadi ciri khas iPhone generasi terbaru saat ini. 

Varian Warna dan Perbandingan Semua Series Iphone 15 

Kamu harus tahu kalau untuk pilihan warna dari iPhone 15 series ini memang beda. Untuk variasi iPhone 15 reguler dan Plus pilihannya adalah Black, Blue, Green, Yellow, Pink. Kemudian untuk variasi Pro dan Pro Max pilihannya adalah black titanium, white titanium, blue titanium dan natural titanium. Perbedaan ini juga disesuaikan dengan penggunaan bahan dari material kerangkanya. 

Spesifikasi iPhone 15 

phonearena.com
  • Jenis Layar: Super Retina XDR OLED
  • Ukuran Layar: 6.1 inci
  • Refresh Rate: 60 Hz
  • Resolusi Layar: 1179 x 2556 piksel
  • Rasio: 19.5:9
  • Kerapatan: 461 ppi
  • Proteksi: Ceramic Shield Glass
  • Ios: iOS 17
  • Chipset: Apple A16 Bionic
  • CPU: Hexa-core (2×3.46 GHz Everest + 4×2.02 GHz Sawtooth)
  • GPU: Apple GPU (5-core graphics)
  • RAM: 6 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB, 512 GB
  • Memori Eksternal: Tidak Ada
  • Kamera Utama: Dual 48 MP (wide), f/1.6 dan 12 MP (ultrawide), f/2.4
  • Baterai: Li-Ion 3349 mAh
  • Kelengkapan: Face ID, akselerometer, cahaya, giroskop, proksimitas, kompas, barometer

Spesifikasi iPhone 15 Plus 

phonearena.com
  • Jenis Layar: Super Retina XDR OLED
  • Ukuran Layar: 6.7 inci
  • Refresh Rate: 60 Hz
  • Resolusi Layar: 1290 x 2796 piksel
  • Rasio: 19.5:9
  • Kerapatan: 460 ppi
  • Proteksi: Ceramic Shield Glass
  • Ios: Ios 17
  • Chipset: Apple A16 Bionic
  • CPU: Hexa-core (2×3.46 GHz Everest + 4×2.02 GHz Sawtooth)
  • GPU: Apple GPU (5-core graphics)
  • RAM: 6 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB, 512 GB
  • Memori Eksternal: Tidak Ada
  • Jenis Kamera: Dual 48 MP (wide), f/1.6 dan 12 MP (ultrawide), f/2.4
  • Baterai: Li-Ion 4383 mAh
  • Kelengkapan: Face ID, akselerometer, cahaya, giroskop, proksimitas, kompas, barometer

Spesifikasi iPhone 15 Pro

phonearena.com
  • Jenis Layar: LTPO Super Retina XDR OLED
  • Ukuran Layar: 6.1 inci
  • Refresh Rate: 120 Hz
  • Resolusi Layar: 1179 x 2556 piksel
  • Rasio: 19.5:9
  • Kerapatan: 461 ppi
  • Proteksi: Ceramic Shield Glass
  • IOS: ISO 17
  • Chipset: Apple A17 Pro
  • CPU: Hexa-core (2x Performance core + 4x Efficiency core)
  • GPU: Apple GPU (6-core graphics)
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
  • Memori Eksternal: Tidak Ada
  • Jenis kamera: Triple 48 MP (wide), f/1.8, 12 MP (ultrawide), f/2.2 dan 12 MP (telephoto), f/2.8. 
  • Baterai: Li-Ion 3274 mAh
  • Kelengkapan: Face ID, akselerometer, cahaya, giroskop, proksimitas, kompas, barometer. 

Spesifikasi iPhone 15 Pro Max

phonearena.com
  • Jenis Layra: LTPO Super Retina XDR OLED
  • Ukuran Layar: 6.7 inci
  • Refresh Rate: 120 Hz
  • Resolusi Layar: 1290 x 2796 piksel
  • Rasio: 19.5:9
  • Kerapatan: 460 ppi
  • Proteksi: Ceramic Shield Glass
  • IOS: ISO 17 
  • Chipset: Apple A17 Pro
  • CPU: Hexa-core (2×3.78 GHz Performance core + 4×2.02 GHz Efficiency core)
  • GPU: Apple GPU (6-core graphics)
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 256 GB, 512 GB, 1 TB
  • Memori Eksternal: Tidak Ada
  • Jenis kamera: Triple 48 MP (wide), f/1.8, 12 MP (ultrawide), f/2.2 dan 12 MP (telephoto), f/2.8
  • Baterai: Li-Ion 4441 mAh
  • Kelengkapan: Face ID, akselerometer, cahaya, giroskop, proksimitas, kompas, barometer

Harga iPhone 15 Series 

Kamu pengen beli iPhone 15 series? Sebagai pertimbangan bisa banget langsung cek semua rincian lengkapnya di bawah ini!

Harga iPhone 15 

phonearena.com
  • iPhone 15 128GB US$799 (Rp 12,2 juta)
  • iPhone 15 256GB US$899 (Rp 13,8 juta)
  • iPhone 15 512GB US$ 1.099 (Rp 16,8 juta)

Harga iPhone 15 Plus 

phonearena.com
  • iPhone 15 Plus 128GB US$899 (Rp 13,8 juta) 
  • iPhone 15 Plus 256GB US$999 (Rp 15,3 juta) 
  • iPhone 15 Plus 512GB US$ 1.199 (Rp 18,4 juta)

Harga iPhone 15 Pro

phonearena.com 
  • iPhone 15 Pro 128GB US$999 (Rp 15,3 juta) 
  • iPhone 15 Pro 256GB US$1.099 (Rp 16,8 juta) 
  • iPhone 15 Pro 512GB US$1.299 (Rp 19,9 juta) 
  • iPhone 15 Pro 1TB US$1.499 (Rp 23,0 juta)

Harga iPhone 15 Pro Max 

phonearena.com
  • iPhone 15 Pro Max 128GB US$1.199 (Rp 18,4 juta)
  • iPhone 15 Pro Max 256GB US$1.299 (Rp 19,9 juta)
  • iPhone 15 Pro Max 512GB US$1.499 (Rp 23,0 juta)
  • iPhone 15 Pro Max 1TB US$1.699 (Rp 26,0 juta)

Baca juga :

Nah, itulah review iPhone 15 Plus yang bisa kamu ketahui. Apakah Blibli Friends tertarik untuk beli produk iPhone 15 Plus ini? Yuk, beli produk iPhone dengan penawaran harga terbaik di Blibli Apple Authorized Reseller. Yuk, beli semua kebutuhanmu di Blibli sekarang juga!

Tag: