me

Review Hyundai Stargazer Terlengkap untuk Kamu

Oct 18, 2021.By Rio
Bagikan

Image source: kumparan.com

Brand kendaraan bermotor terutama mobil tentunya sangat banyak di Indonesia. Tapi, persaingan paling ketat ada pada mobil keluarga. Salah satu mobil MPV yang tengah menjadi perbincangan hangat ini adalah Hyundai Stargazer. Apa sih yang istimewa dari mobil besutan Korea Selatan ini? Simak ulasan ini yuk, Blibli Friends!

Baca juga : Spesifikasi Toyota Avanza 2022 Bocor, Ini Ulasannya

__________________________________________________________________________________________________________________________

Review Model Hyundai Stargazer

Hyundai Stargazer
Image source: otomotif.kompas.com

Tahukah kamu? Ternyata nama Hyundai Stargazer sudah terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham semenjak November 2020 lalu. Tapi, memang rencananya Hyndai Stargazer baru akan debut di tahun 2022. Nama itu terdaftar sebagai nama dagang dari Hyundai Motor Company yang ada di Korsel.

Meski terdaftar di Korsel, nyatanya Hyundai Stargazer akan diproduksi di pabrik Hyundai terbaru yang ada di Kota Delta Mas, Bekasi. Hyundai Stargazer ini adalah jenis mobil yang masuk pada model low MPV. Artinya, mobil ini termasuk jenis mobil dengan fitur sederhana, bentuk badan yang nggak terlalu besar, mampu menunjang akomodasi sehari-hari, serta irit bahan bakar.

Ya, mobil yang akan menjadi pesaing berat Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander ini akan masuk pada segmen mobil untuk keluarga. Masyarakat pertama kali melihat penampakan dari Hyundai Stargazer di Juli 2021. Saat itu, Hyundai Stargazer sempat mencuri perhatian karena terposting di akun Instagram orang Indonesia.

Review Tampilan Hyundai Stargazer

Dari kemunculannya di Instagram seseorang di bulan Juli lalu, desain dari Hyundai Stargazer berhasil mencuri perhatian. Sekilas, mobil besutan perusahaan negeri ginseng ini punya desain fascia yang mirip dengan Hyundai Staria yang merupakan pendahulunya. Ada yang bilang juga tampilannya mirip dengan Mitsubishi Xpander.

Tampilan yang mirip dengan Hyundai Staria adalah bagian grill yang terlihat berbentuk kotak. Lalu, lampu depannya pakai desain kotak dan kaca depannya pun lebar. Bagian model pelek dari Hyundai Stargazer ini juga nggak kalah unik dari Hyundai Staria.

Mobil yang mengisi segmen Low MPV ini akan punya konfigurasi kabin dengan 7 penumpang. Bagian belakang mobil disebut-sebut sangat mirip dengan Hyundai Bayon terutama pada bagian lampu mobilnya.

Review Dimensi Hyundai Stargazer

dimensi hyundai stargazer
Image source: carvaganza.com

Nama Hyundai Stargazer ternyata sudah disebut-sebut bahkan semenjak tahun 2019 lalu. Meski belum punya nama, kala itu desas-desus desain dan bodi dari Hyundai Stargazer sudah banyak beredar. Mobil besutan Hyundai ini dikabarkan akan punya basis Hyundai Hexa Space.

Pada nama yang sudah terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham, tercatat juga Hyundai Stargazer memang belum terlihat akan memakai mesin seperti apa. Namun, cukup banyak simpang siur mengenai mesinnya di pasaran.

Ada yang mengatakan Hyundai Stargazer akan memakai mesin 4 silinder 1.5 liter. Biasanya mesin itu bisa menghasilkan tenaga 115 PS dan torsi maksimal 144 Nm. Mesin tersebut adalah jenis mesin yang sama dipakai oleh Hyundai Creta dan Kia Sonet.

Tapi, ada opsi lain juga kalau mobil akan memakai mesin diesel 1.5 liter yang bisa memberikan daya 115 PS dan torsi 250 NM. Beberapa opsi pilihan mesin lainnya juga banyak, tapi belum bisa dipastikan kejutan apa yang akan diberikan Hyundai untuk kendaraan besutannya ini.

Hyundai Stargazer vs Toyota Avanza

Sudah bukan rahasia kalau segmen low MPV di Indonesia dikuasai oleh Toyota Avanza. Hal itu akan bisa kamu buktikan ketika di jalanan dan melihat beragam jenis Avanza di sekitar. Untuk itu, Hyundai nggak main-main merancang produknya biar bisa menyaingi keberadaan Toyota Avanza di Indonesia.

Dibandingkan dengan Avanza, Hyundai Stargazer memang punya tubuh yang lebih “gemuk”. Tujuannya adalah agar ruangan di dalamnya bisa lebih lega. Untuk masalah harga, memang belum ada pemberitaan lebih lanjut. Namun, harga yang dipasarkan kemungkinan besar akan sangat bersaing karena produk Hyundai yang satu ini diproduksi di Indonesia dari 0.

Pabrik baru Hyundai yang didirikan di Bekasi adalah bukti keseriusan Hyundai memasarkan produknya di Indonesia. Jadi, jangan heran kalau nantinya kamu akan melirik kendaraan besutan Hyundai yang satu ini, ya.

Hyundai Stargazer vs Mitsubishi Xpander

Beralih ke nama lain yang juga nggak kalah populer di kelas Low MPV. Hyundai Stargazer banyak dibandingkan dengan Mitsubishi karena desainnya yang mirip. Meski begitu, beberapa bagian lainnya punya desain yang mirip dengan Hyundai Staria dan Hyundai Bayon.

Nah, Mitsubishi Xpander adalah kendaraan yang dipasarkan sekitar harga 237 jutaan hingga 257 jutaan. Kendaraan ini diperkirakan akan bersaing ketat dengan Hyundai Stargazer yang rencananya akan dipasarkan dengan harga yang jauh lebih rendah dibanding pendahulu Hyundai yang mencapai milyaran.

Alasan utama harga Hyundai Stargazer akan turun tentunya karena produksi Hyundai Stargazer yang langsung ada di Indonesia. Pabrik Hyundai lain yang baru berdiri di Bekasi adalah tempat Hyundai Stargazer akan diproduksi dan dirakit.

Keunggulan Hyundai Stargazer yang akan menyaingi Xpander disebut-sebut dari efisiensi bahan bakarnya. Hal itu disebabkan oleh varian mesin dari Hyundai yang terkenal dengan bahan bakarnya yang irit.

Kelebihan Hyundai Stargazer

review hyundai stargazer
Image source: otodriver.com

Berbicara mengenai kelebihan dari Hyundai Stargazer memang belum bisa pasti. Tapi, kamu perlu tahu kalau nantinya diperkirakan harga dari Hyundai Stargazer ini akan jauh lebih bersaing karena pabrik dari Hyundai yang ada di Indonesia sekarang nggak cuma satu. Dan Hyundai Stargazer ini bahkan akan dibuat dari 0 dan dirakit langsung di cabang pabrik terbarunya yang ada di Bekasi.

Karena dirakit dan dibuat di Indonesia, harganya pun tentu berbeda dengan produk impor dari Hyundai sebelumnya. Selain dari harga, hal lain yang menjadi kelebihan dari Stargazer ini adalah mesinnya yang irit bahan bakar. Hal itu cukup bisa dipastikan karena sebelum-sebelumnya juga Hyundai selalu memproduksi kendaraan yang irit bahan bakar.

Kalau mengacu pada sebelumnya juga, Hyundai punya konsep kendaraan yang dinamakan dengan Hexa Space. Konsep itulah yang diperkirakan menjadi dasar interior dari Hyundai Stargazer nantinya. Konsep Hexa Space ini membuat Hyundai Stargazer kemungkinan besar akan punya panjang kendaraan 4300 mm, lebar 1820 mm, dan tinggi 1647 mm.

Bukti desain Hexa space itu bisa dilihat dari kemunculannya di jalanan dengan desain yang cukup gemuk. Hasilnya, ruangan di dalam kendaraan memang jauh lebih lega. Jarak roda dengan sumbunya pun cukup besar.

Nah, itulah review mengenai Hyundai Stargazer yang rencana baru akan diluncurkan di tahun 2022 nanti. Meski nggak punya keterangan lengkap, tapi bocoran tentang desain dan juga modelnya akan membuatmu ngiler, terutama kalau kamu memang sedang cari mobil untuk keluarga.

_________________________________________________________________________________________________________________________

Baca juga: Spesifikasi Honda Civic 2022

Kalau kamu berminat untuk mencari mobil besutan Hyundai ini, nantinya kamu nggak perlu repot. Untuk memesannya, kamu bisa langsung ke Blibli, lho! Toko online terlengkap di Indonesia ini menyediakan beragam produk dari Hyundai termasuk spare part aslinya.

TEMUKAN VARIASI MOBIL HYUNDAI TERLENGKAP DI SINI