Tahun baru, awal yang baru. Tentunya saat ini adalah momen paling tepat untuk membuat resolusi! Meski biasanya resolusi dilakukan oleh orang dewasa, moms bisa mulai mengajak si kecil membuat resolusi dari sekarang lho!

Dengan membuat dan menjalankan resolusi, si kecil akan belajar berkomitmen terhadap keputusan yang dibuatnya. Jadi, mengajaknya membuat resolusi sangatlah penting bagi perkembangannya.

Jika moms bingung bagaimana cara untuk membantunya membuat resolusi tahun baru, langsung saja 5 tips ini!

1. Buat resolusi bersama-sama sekeluarga

resolusi-bersama

Via Mailguard

Si kecil belumlah benar-benar mengerti konsep dari resolusi itu sendiri. Supaya ia bisa lebih mudah mengerti dan merasakan ‘akibat’ dari resolusi, moms dan dads bisa mengakalinya dengan membuat resolusi bersama-sama.

Buatlah resolusi personal moms dan dads sambil mendiskusikannya bersama si kecil saat quality time. Coba juga buat resolusi untuk dicapai sekeluarga. Misalnya pergi piknik satu kali setiap bulannya.

Dengan membicarakan dan membuat resolusi seperti ini, si kecil pasti akan lebih tertarik untuk membuat dan menjalani resolusinya. Justru ia akan merasa lebih bersemangat karena bisa ikut berpartisipasi dalam suatu hal yang sedang “happening” di keluarga kecil moms.

2. Jadilah role model terlebih dahulu

role-model

Via At Ease With Eating

Kalau moms ingin si kecil menjadi anak yang mampu berkomitmen, tentunya moms harus menjadi contoh yang baik terlebih dulu. Agar si kecil melaksanakan resolusinya untuk bangun pagi, moms juga harus turut bangun pagi setiap harinya. Begitu pula dengan resolusi makan makanan sehat.

Nggak hanya itu, moms juga harus menjaga komitmen moms untuk terus menjalankan resolusi moms di tahun ini. Bila si kecil melihat moms sendiri nggak disiplin menjalani resolusi, ia pasti akan ikutan malas untuk menjalankan resolusinya!


BACA JUGA 8 Tips Buat Moms Untuk Mendandani Si Kecil Agar Tampil Fashionable di Tahun 2017!


3. Bantulah si kecil untuk membuat resolusinya

bantu-si-keci

Via Reader’s Digest

Karena tahun ini (mungkin) adalah pertama kalinya si kecil ikut membuat resolusi bersama moms, lebih baik moms coba bantu ia berpikir.

Moms bisa memberikannya beberapa ide resolusi dari pengalaman moms di tahun sebelumnya. Dari ide tersebut, si kecil bisa mendapat inspirasi untuk resolusi lain yang ingin ia buat.

Nah, hal penting yang moms harus ingat yaitu si kecil masih dalam proses untuk belajar berkomitmen. Karena itu pastikanlah agar resolusi mulai dari hal yang mudah. Jika terlalu sulit, si kecil malah akan menyerah dan nggak mau berkomitmen lagi.

Misalnya, daripada dia membuat resolusi untuk menjaga kamarnya selalu rapi, moms bisa membuatnya menjadi “aku akan membereskan bantal guling dan melipat selimutku setiap bangun tidur.”

4. Tanyakanlah padanya secara berkala mengenai pelaksanaan resolusinya

tanyakan

Via Whole Parent

Untuk memastikan kalau ia tetap berkomitmen dan melakukan resolusinya, moms bisa menanyakannya secara berkala. Tapi jika ia nggak melakukannnya resolusinya selama beberapa hari, moms nggak boleh mengomelinya ya. Kalau ngambek dan menyerah akan lebih parah lagi!

Daripada mengomelinya, lebih baik moms coba tanyakan saja apakah resolusi tersebut terlalu sulit untuknya. Jika ia merasa terlalu sulit, moms dan si kecil bisa mendiskusikannya kembali. Buatlah resolusinya menjadi lebih mudah untuk ia praktekkan.

Pelajaran penting dari mengajaknya membuat resolusi sejak dini adalah agar ia mau belajar untuk berkomitmen dalam mencapai tujuan-tujuan hidupnya. Karena itu yang terpenting adalah ia tetap mau mempraktekkan resolusinya tersebut.

5. Berikan ia penyemangat untuk terus menjalankan resolusinya

penyemangat

Tekun dalam menjalani resolusi sepanjang tahun adalah suatu hal yang menantang, bahkan bagi orang dewasa. Karena itu moms harus memberinya penyemangat agar ia tetap mau menjalankan resolusinya.

Pujilah ia secara berkala biar semangat terus. Berikan ia hadiah karena sudah sukses menjalankan resolusinya dengan tekun selama beberapa bulan. Moms juga bisa memberikan barang yang dibutuhkannya untuk melakukan resolusi berupa karakter favoritnya!

Misalnya seperti memberinya selimut dengan karakter favoritnya agar ia nggak lupa untuk membereskan ranjangnya setiap pagi.

Dengan terus memberinya semangat dari tindakan dan perilaku, moms sendiri juga akan tetap termotivasi untuk menjalankan resolusi milik moms!

Kemampuan untuk tetap menjaga komitmen dan tekun dalam mencapai hal-hal yang menjadi tujuan hidup haruslah dipupuk sejak dini. Karena itu, moms bisa haruslah mengajari si kecil dengan membuat dan menjalankan resolusi dari sekarang.

Yuk sekarang ajak si kecil membuat resolusi! Pastinya saat besar nanti si kecil akan menjadi orang yang sukses dan bertanggungjawab!

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY