me

Resep Kue Pukis, Bisa Buat Sendiri di Rumah!

Apr 23, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

Cek cara pembuatan kue pukis dari resep yang anti gagal sebagai berikut

Resep Kue Pukis —Saat memiliki waktu kosong di rumah, mungkin kamu bisa membuat makanan yang mudah dan juga hemat biaya. Cara pembuatan kue pukis ini bisa kamu praktekkan sendiri di rumah dan anti gagal. Salah satu jajanan pasar yang banyak disukai oleh masyarakat ini bisa kamu buat dengan menggunakan bahan-bahan rumahan yang gampang ditemukan di pasaran, kok.

Selain itu, kamu juga bisa mengkreasikan dengan membuat varian rasa kue pukis dan enak dan empuk. Menariknya lagi, Blibli Friends juga bisa menikmati kue pukis ini dengan segelas teh atau kopi hangat. Pastinya kamu penasaran gimana cara membuat kue pukis yang empuk dan anti gagal ala rumahan? Yuk, langsung aja simak apa aja bahan dan cara-cara pembuatannya disini!

Baca juga: Resep Gulai Daging yang Cocok untuk Sajian Lebaran

Supermarket Online BLM

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Bahan Utama

  • 70 ml air hangat kuku
  • 15 gram atau 1 sendok makan gula pasir 
  • 1 1/2 sendok teh ragi instan

Bahan Adonan

  • 2 butir telur
  • 105 gram atau 7 sendok makan gula pasir
  • 400 ml santan atau 200 ml santan murni dan 200 ml air
  • 300 gram atau 30 sendok makan tepung terigu protein sedang
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 40 gram atau 4 sendok makan susu kental manis
  • 75 gram atau 5 sendok makan margarin

Bahan Pelengkap

  • Meses secukupnya (opsional)
  • Coklat leleh secukupnya (opsional)
  • Keju parut secukupnya (opsional)

Alat-alat yang Diperlukan

  • Kompor
  • Cetakan pukis
  • Mangkuk
  • Centong
  • Sutil atau spatula kecil (bisa juga tusuk sate)

Cara Membuat Kue Pukis

  1. Buat biang dengan menyiapkan mangkuk berisikan air hangat kuku, lalu campurkan 1 sendok makan gula pasir dan ragi instan. Aduk sampai merata dan gula pasirnya larut ke dalam air hangat. Sisihkan sebentar hingga raginya lunak dan berbusa.
  2. Siapkan wadah berbentuk mangkuk yang cukup besar, lalu campurkan telur dan 7 sendok makan gula pasir. Aduk sebentar adonan dengan menggunakan whisk hingga kedua bahan tercampur.
  3. Tambahkan santan murni dan air biasa yang sudah diaduk terlebih dahulu.
  4. Tuangkan santan demi sedikit, dengan memasukkannya 1/3 bagian santan.
  5. Tambahkan garam, vanili bubuk atau pasta vanila, serta masukkan seluruh bahan biang yang sudah lunak dan berbusa ke dalam mangkuk adonan.
  6. Aduk semua bahan hingga tercampur rata dengan menggunakan whisk.
  7. Tambahkan tepung terigu protein sedang sambil diaduk-aduk adonannya lagi.
  8. Aduk terus hingga semua tepung larut bersama adonan.
  9. Saat adonan sudah terasa berat, kamu bisa menambahkan larutan santan lagi sedikit demi sedikit lagi. Sisakan lagi santan 1/3 bagian.
  10. Aduk kembali sampai tercampur rata. Lakukan selama 7 hingga 10 menit.
  11. Tambahkan baking powder, susu kental manis, margarin yang sudah dilelehkan, dan sisa santan yang tadi disisihkan. Aduk lagi semua bahan hingga tercampur rata.
  12. Berikutnya, tutup adonan dengan plastik wrapping dan diamkan selama 2 hingga 3 jam.
  13. Saat adonan sudah tampak mengembang, kamu bisa membuka plastik wrapping dan aduk adonan sebelum kamu menggunakannya.
  14. Aduk terus dan usahakan untuk membuang gelembung pada adonan hingga mulus kembali.
  15. Siapkan cetakan pukis di atas kompor dan panaskan dengan menggunakan api kecil.
  16. Oleskan margarin pada cetakan pukis terlebih dahulu.
  17. Tuangkan adonan pukis dengan menggunakan centong. Masukkan adonan sampai 1/3 bagian cetakan pukis.
  18. Tutup cetakan hingga adonan pukis mengembang.
  19. Saat adonan pukis sudah matang dan berubah warna menjadi kekuningan, kamu sudah bisa mengangkat pukis dengan menggunakan sutil atau spatula kecil.
  20. Pada sisa adonan pukis yang masih ada, kamu bisa menambahkan dengan bahan pewarna makanan untuk mendapatkan warna pukis yang bervariasi. Masak lagi dan lakukan hingga bahan adonan pukis habis.
  21. Pindahkan pukis ke wadah piring dan diamkan sebentar.
  22. Tambahkan meses, keju, atau lelehan coklat sebagai topping pukis. Sajikan di piring dan kue pukis siap dimakan, deh!

Tips Membuat Kue Pukis

Memang cara pembuatan kue pukis ini cukup mudah dan bisa diikuti di rumah. Tapi kalau kamu mengikutinya tanpa menggunakan tips, bisa aja adonan kue pukis yang kamu ciptakan gagal dan nggak empuk. Oleh karena itu, untuk mendapatkan kue pukis yang empuk dan anti gagal, kamu bisa mengikuti tips-tips membuat kue pukis sebagai berikut:

Menggunakan Ragi yang Masih Segar

freepik.com

Mengingat kue pukis menggunakan bahan pengembang, Blibli Friends harus menggunakan bahan yang masih bagus dan segar, termasuk ragi instan. Hal ini juga membuat adonan kamu bisa mengembang dengan baik dan saat dimasak nggak bantet. Usahakan jangan menggunakan ragi yang sudah lama atau sisa, karena bisa membuat adonan gagal mengembang.

Menggunakan Santan Peras

Nggak cuma ragi, Blibli Friends juga perlu memperhatikan bahan santan kelapa yang kamu gunakan. Ada baiknya, kamu menggunakan santan peras dan bukan santan instan. Pastikan juga santan kelapa yang kamu gunakan murni diperas dan masih kental. Hal ini bertujuan agar adonan pukis kamu terasa lebih gurih.

Menggunakan Telur yang Masih Baru

freepik.com

Salah satu tips membuat kue pukis yang empuk dan anti gagal adalah memilih bahan yang masih baru dan segar, termasuk telur. Pastikan Blibli Friends menggunakan telur yang masih baru untuk mendapatkan adonan yang bagus dan mengembang.

Kamu bisa memastikan telur yang masih baru atau nggak dari bau atau teksturnya, jika telurnya cair dan baunya nggak sedap bisa dipastikan itu telur yang sudah lama.

Fermentasi dengan Cara yang Tepat

Cara pembuatan kue pukis ini memang menggunakan proses fermentasi. Oleh karena itu, Blibli Friends harus melakukannya dengan cara yang tepat. Saat proses fermentasi, pastikan kamu membiarkan adonan tertutup dengan suhu ruang yang tepat, bukan panas ataupun lembab.

Mengaduk Adonan dengan Satu Arah

freepik.com

Saat ingin mendapatkan adonan yang tepat dan anti gagal, Blibli Friends juga perlu memperhatikan cara mengaduknya. Usahakan Blibli Friends mengaduk adonan dengan satu arah dan menggunakan whisk, karena kalau menggunakan mixer adonan bisa lebih cepat mengembang. Tapi, kalau kamu ingin menggunakan mixer, bisa menggunakan kecepatan yang rendah, ya.


Baca juga: Resep Capcay Goreng yang Bisa Dibuat di Rumah

Nah, itu dia resep kue pukis yang empuk dan anti gagal ala rumahan yang bisa kamu buat sendiri. Kamu bisa berkreasi dan menciptakan rasa-rasa kue pukis agar lebih nikmat. Pastikan juga kamu menggunakan cetakan kue pukis yang bisa kamu dapatkan di toko online.

Dapatkan semua bahan-bahan dan alat pembuatan kue pukis di supermarket online Blibli. Kamu bisa menemukan berbagai bahan dan alat yang bervariasi, kok. Gunakan juga voucher dan promo yang tersedia di Blibli untuk pembelanjaan lebih hemat karena pasti untung belanja di Bliblimart. Yuk, kreasikan kue pukis kamu sesuai selera dan praktekkan langsung di rumah.

Tag: