Cara Masak Hidangan Tahan Lama untuk Akhir Bulan

hidangan tahan lama

Mendekati akhir bulan, sebaiknya kamu mulai bersiap-siap untuk membuat hidangan yang tahan lama, nih! Selain untuk menghemat selama nunggu gajian, menyediakan hidangan tahan lama juga bisa menyelamatkanmu dari penuhnya tempat makan yang kerap kali penuh di akhir bulan! Apa saja, sih yang kira-kira bisa kamu buat? Yuk, intip beberapa inspirasi resep di bawah ini!

LIHAT DULU KUMPULAN BAHAN MAKANAN DAN PERLENGKAPAN DAPUR YANG KAMU PERLUKAN DI SINI

1. Pancake gandum utuh

hidangan tahan lama
Via – Entertaining with Beth

Pagi-pagi enaknya sarapan dengan sesuatu yang nggak bakal bikin kamu kelaparan hingga siang hari. Nah, waktunya untuk bikin pancake sehat kaya serat, nih! Resep ini bisa menghasilkan 16 pancakes yang bisa kamu simpan dan hangatkan kembali jika terlalu banyak untuk dikonsumsi. Ini yang perlu kamu siapkan:

1 cup susu cair full cream
1 ⅓ cup gandum utuh
2 butir telur
1 sdm gula
¼ sdt garam
2 sdm minyak kanola
1 sdt baking soda
2 sdt baking powder

Begini cara membuatnya, haluskan susu dan gandum dalam heavy duty blender selama kurang lebih 4 menit. Selama proses penghalusan tersebut, masukkan telur, gula, garam, minyak kanola, dan baking soda. Terakhir, ketika adonan sudah hampir tercampur merata, tambahkan baking powder. Selanjutnya, kamu tinggal menuangkan adonan ke pan anti lengket yang sudah dipanaskan. Sajikan pancake-mu selagi hangat, ya!

TEMUKAN BAHAN DAN PERALATAN UNTUK MEMBUAT PANCAKE DI SINI

2. Stik roti keju

hidangan tahan lama
Via – King Arthur Flour

Berikutnya adalah resep camilan tahan lama yang bisa menyelamatkanmu selama pekan terakhir di akhir bulan. Bahan-bahan yang kamu butuhkan adalah:

1 pak besar roti tawar kupas
400 ml susu cair full cream
¼ cup mentega
¾ cup bubuk keju parmesan
Bubuk bawang putih (secukupnya)

Resep praktis satu ini gampang banget dibuat! Pertama, kamu perlu mencampurkan susu dengan bubuk bawang putih dan mentega yang sudah dicairkan ke dalam sebuah mangkuk; aduk hingga merata. Di sisi lain, siapkan loyang dan taruh parchment paper di permukaannya. Bariskan lembaran roti di atas kertas tersebut dan oleskan campuran susu tadi di permukaan roti menggunakan kuas, lalu taburkan bubuk parmesan di atasnya.

Potong-potonglah roti seukuran jari dengan pizza cutter kemudian panggang dalam oven selama 12 menit pada suhu 176°. Jika sudah matang dengan warna coklat keemasan, kamu bisa memotek-motek bread stick ini dan memasukkannya ke dalam toples kedap udara supaya tahan lama.

CARI BAHAN UNTUK CAMILAN PRAKTIS TAHAN LAMA? DI SINI AJA!

3. Sup tortellini Italia

hidangan tahan lama
Via – What the Forks for Dinner?

Butuh makanan hangat di musim hujan untuk akhir bulan? Nggak masalah! Kamu bisa buat sup tomat ala Italia ini. Berikut adalah bahan-bahan yang kamu perlukan:

¼ kg daging hamburger
¾ sdt bawang putih cincang
½ siung bawang bombay cincang
Garam dan merica secukupnya
½ kg tomat
0.1 kg saus tomat
90 gr pasta tomat
1 liter air
1 buah paprika hijau, cincang
4 sdt kaldu sapi
1 buah wortel, cincang
½ kg tortellini
2 sdm oregano

Sebelum membuat racikan sup tomat, kamu perlu menumis dulu daging hamburger dengan bawang bombay, bawang putih, dan merica dalam panci hingga harum dan kecoklatan. Kemudian, haluskan tomat dengan blender hingga halus. Selanjutnya, campurkan semua bahan ke dalam panci, kecuali tortellini, dan biarkan mendidih. Setelah sup mendidih, masukkan tortellini ke dalam panci dan tanak sup dengan api kecil selama 15–20 menit dalam keadaan setengah tertutup. Jika sudah, sup siap disajikan untuk 6 porsi.

SEGERA LENGKAPI KEBUTUHAN HIDANGAN AKHIR BULANMU DI SINI

4. Ayam suwir ala Meksiko

hidangan tahan lama
Via – Paleobailey

Hidangan tahan lama yang satu ini cocok dijadikan brunch, lunch, ataupun dinner, lho. Yuk, intip bahan apa yang akan kamu perlukan!

4 dada dan paha ayam
2 cup air hangat
3 sdt bubuk kaldu ayam
1 ½ sdt bubuk paprika
1 ½ sdt jinten
1 ½ bubuk bawang putih
1 jumput bubuk cayenne
1 sdm mentega
½ sdt air jeruk limau

Untuk membuat menu ini, campurkan kaldu ayam, bubuk paprika, bubuk bawang putih, dan bubuk cayenne ke dalam air hangat dan aduk hingga merata. Susun potongan ayam di atas kuali dan tuang campuran bumbu tadi ke dalamnya, masak hingga matang. Setelah itu, suwir-suwir potongan ayam dan jerang lagi di dalam kuali dengan api kecil selama 10 menit. Kemudian, tiriskan airnya, ampurkan mentega serta air limau, dan aduk hingga rata. Sajikan bersama dengan tortila atau komplementer lain sesuai selera.

SIAPKAN BAHAN UNTUK HIDANGAN TAHAN LAMA DI SINI


Itu dia beberapa inspirasi resep hidangan tahan lama yang bisa kamu andalkan saat akhir bulan. Dengan begitu, kamu nggak perlu khawatir lagi harus boros ataupun antre makan di luar. Asupan gizimu pun lebih terjamin!

Nah, supaya nggak terjebak penuhnya supermarket di akhir bulan juga, kamu bisa memenuhi segala kebutuhan dapurmu di Blibli.com, lho! Mulai dari bahan hingga pelaratan masak, semua ada!

Tunggu apa lagi? Segera borong keperluan hidangan tahan lama untuk akhir bulan di #BlibliSekarang!

LENGKAPI KEBUTUHAN DAPURMU UNTUK MEMBUAT HIDANGAN TAHAN LAMA DI AKHIR BULAN

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY