me

Panduan Wisata Pulo Cinta Gorontalo: Rute, Kegiatan, dan Daya Tarik

Aug 15, 2023.By Nadine
Bagikan

pulocinta.com
Cocok sebagai tempat liburan, ini dia panduan wisata Pulo Cinta Gorontalo.

Promo Dream On Mei 2024

Siapapun tahu kalau Indonesia memiliki ragam budaya dan daerah dengan keindahan alam yang menakjubkan. Wajar aja, hampir di setiap wilayahnya dijadikan sebagai tempat wisata, salah satunya Pulo Cinta Gorontalo ini. Pulau yang menyimpan banyak keindahan dan daya tarik ini juga memang sudah dikenal. Nah, untuk kamu yang tertarik untuk berkunjung, simak informasi Pulo Cinta disini!

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Nusa Penida, Wajib Dikunjungi!


Tentang Pulo Cinta

Tentang Pulo Cinta
garuda-indonesia.com

Pulo Cinta atau Pulau Cinta merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Kabupaten Boalemo, Gorontalo, Indonesia. Pulau cantik yang juga disebut dengan Pulau Rempah, Sulawesi ini mempunyai keindahan yang mirip seperti tempat wisata di Samudera Hindia, yaitu Pulau Maldives. Bahkan, karena keindahan laut birunya, Pulau ini dinamakan sebagai Maldives nya Indonesia, loh.

Sebelum membahas lebih jauh, ternyata Pulo Cinta ini memiliki sejarah yang mengesankan, loh. Nama pulau tersebut berasal dari bentuk pulau yang menyerupai bentuk hati dan awalnya nggak memiliki penghuni sama sekali. Seiring berjalannya waktu, Pulo Cinta ini pun dikelola dan dibuat resort dengan bentuk menyesuaikan di sekitarnya serta didesain mengikuti pola hati tersebut, nih.

Selain itu, Pulo Cinta ini juga memiliki legenda tersendiri yang romantis dan dikenal juga sebagai citranya saat ini. Kabarnya, Pulo Cinta ini dijadikan sebagai tempat persembunyian rahasia oleh Pangeran Gorontalo dan seorang putri cantik dari masyarakat Belanda yang berdagang di Indonesia. Kala itu, ragam konflik membuat keduanya harus bersembunyi dan menjalin hidup di Pulo Cinta ini.

Dari suasana Pulo Cinta yang menenangkan dan romantis, banyak turis lokal dan luar negeri yang menjadikannya sebagai tempat untuk berbulan madu. Nggak lupa, ada suguhan pemandangan laut dan bawah laut yang luar biasa indah di setiap sisi Pulo Cinta ini. Kini, Pulo Cinta ini dikelola oleh Dinas Pariwisata Gorontalo dan menjadi salah satu objek yang banyak digandrungi oleh wisatawan.

Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi
alorinatours.co.id

Berada di tengah laut, untuk menuju lokasi Pulo Cinta ini kamu harus menyebrangi lautan terlebih dahulu, ya. Pertama, jika berangkat dari pusat Kota Gorontalo, kamu perlu menempuh waktu sekitar dua jam dengan berkendara ke Kabupaten Boalemo ini.

Sesudah itu, kamu bisa melanjutkan perjalanan dari Pelabuhan Boalemo dengan menaiki perahu bermotor selama kurang lebih 15 hingga 25 menit. Ada juga alternatif lainnya yang lebih lama, yaitu menggunakan kapal angkutan biasa, dan memakan waktu sekitar 45 menit.

Penting bagi kamu untuk mengetahui, memasuki Pulo Cinta ini nggak dikenakan tarif khusus. Tapi, mengingat tempatnya mirip seperti resort, maka kamu cuma perlu mengeluarkan biaya akomodasi dan penginapan aja, ya. Tapi, kalau ingin harga yang lebih hemat bisa mencoba jasa Tour Indonesia Tengah.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Tentu ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan selama berada di Pulo Cinta ini. Terlebih lagi, Pulo Cinta ini menyediakan tempat berpetualangan yang bisa kamu eksplorasi secara bebas. Nah, untuk kamu yang bingung dengan kegiatan apa aja yang bisa dilakukan di Pulo Cinta ini, simak disini, ya.

1. Snorkeling dan Diving

 Snorkeling dan Diving
reddoorz.com

Belum lengkap rasanya kalau kamu belum menikmati keindahan bawah laut saat berkunjung ke Pulo Cinta ini. Aktivitas snorkeling dan diving ini sudah menjadi kegiatan wajib bagi para wisatawan, apalagi di sekitar Pulo Cinta ini juga memiliki Teluk Tomini yang mempunyai kedalaman 2 hingga 3 meter. Jadi, cocok sekali untuk kamu yang takut tenggelam atau nggak bisa berenang.

2. Trekking Hutan

rekking Hutan
traveloka.com

Selain itu, ada juga aktivitas outdoor yang bisa kamu nikmati di daratan, yaitu trekking hutan rindang yang berada di seberang Pulo Cinta. Nggak perlu khawatir dengan pengalaman, karena jalur trekking hutan ini nggak sulit dan menyenangkan, loh. Bahkan, tempat trekking ini dapat dijadikan sebagai tempat healing bagi kamu yang bosan dengan hiruk pikuk di perkotaan, ya.

3. Stargazing

Stargazing
traveloka.com

Sesudah menghabiskan waktu dari pagi hingga sore, pastinya saat malam hari kamu juga bisa menikmati kegiatan seru lainnya, yakni melakukan stargazing. Sama seperti Maldives, Pulo Cinta ini masih minim polusi, sehingga kamu bisa menikmati ribuan bintang di angkasa dengan mata telanjang, loh. Suasana yang diciptakan pun terkesan damai dan romantis, deh.

4. Jalan-Jalan dengan Perahu atau Kano

Jalan-Jalan dengan Perahu atau Kano
jktdelicacy.com

Mungkin untuk kamu yang nggak ingin basah-basahan, namun ingin mencoba jelajahi Pulo Cinta ini bisa melakukannya dengan perahu atau kano. Menariknya, di sekitar Pulo Cinta ini juga terdapat beberapa pulau kecil, seperti Pulau Bajo, Pulau Lito, Pulau Tomini, dan masih banyak lagi. Apalagi, ombak di sekitar Pulo Cinta ini juga nggak besar.

5. Bersantai di Tengah Laut

Bersantai di Tengah Laut
loveandflair.wordpress.com

Bersantai di tengah laut bisa jadi kegiatan unik yang jarang kamu temukan di tempat wisata lainnya. Pasalnya, Pulo Cinta yang memiliki suasana damai ini menyediakan alat pelampung kekinian dan berukuran besar, sehingga kamu bisa menikmati langit dari bawah dan mengapung di tengah laut pulau ini.

Daya Tarik

Bukan cuma memiliki kegiatan seru dan mengasyikkan, tentu aja Pulo Cinta ini memiliki daya tarik tersendiri yang dapat kamu nikmati bersama teman, keluarga, maupun pasangan. Beberapa daya tarik yang bisa kamu temukan di Pulo Cinta adalah:

1. Air Pulau yang Biru Jernih

Air Pulau yang Biru Jernih
tripcetera.com

Salah satu daya tarik unggulan dari Pulo Cinta ini adalah pemandangan lautnya yang dapat dinikmati dari perahu. Selain bisa menyusuri kekayaan alam bawah laut, Pulo Cinta ini juga bisa kamu eksplor dengan menaiki perahu kecil yang dapat disewakan, loh.

Sambil mendayung sendiri atau bersama pendamping, kamu bisa melihat keindahan alam di sekitar Pulo Cinta ini. Suasana yang diberikan dari Pulo Cinta ini juga mirip seperti di film-film, namun diperkirakan kalau kamu ingin menyusuri pulau ini bisa menghabiskan waktu sekitar satu jam, ya.

2. Terumbu Karang di Bawah Laut

Terumbu Karang di Bawah Laut
pulocinta.com

Dapat melakukan snorkeling dan diving sepuasnya, pastinya Pulo Cinta ini memiliki keindahan bawah laut yang menarik. Selain itu, bagi kamu yang tertarik untuk menyaksikan pemandangan bawah laut ini, bisa langsung menyewa perlengkapan snorkeling dan diving, ya.

Terlebih lagi, harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Kamu pun bisa melakukan snorkeling dan melihat terumbu karang dari kamar tempat kamu menginap, ya.

3. Bisa Bertemu dengan Suku Bajo

Bisa Bertemu dengan Suku Bajo
authentic-indonesia.com

Pulau ini memiliki penduduk asli, yaitu masyarakat bersuku Bajo. Menariknya, mereka juga disebut sebagai pengembara laut dan gypsy of the sea, karena pandai mengeksplor laut dengan menggunakan perahu kuno serta posisi bintang.

Saat berjalan-jalan di Pulo Cinta ini lah kamu bakal bertemu dengan masyarakat dari Suku Bajo, yang mana sebagian besar bekerja sebagai nelayan. Pastinya, mereka menyambut kedatangan kamu dengan ramah dan bahkan bisa diajak untuk menikmati makanan laut yang segar, nih.

4. Tempat Foto yang Kece

Tempat Foto yang Kece
infowisataindonesia.com

Belum puas rasanya kalau kamu berkunjung ke tempat indah tanpa mengabadikan momen tersebut dengan kamera, nih. Sesuai dengan pengalaman orang-orang yang pernah berkunjung, Pulo Cinta ini banyak memiliki tempat foto yang kece dengan keindahan alamnya yang sangat menakjubkan.

Bahkan, bukan cuma tempat bulan madu, keindahan tempat di Pulo Cinta ini juga cocok dijadikan sebagai latar alam untuk prewedding, loh. Apalagi, kamu bisa menikmati momen romantis di hamparan pasir putihnya.

5. Langit Indah di Malam Hari

Langit Indah di Malam Hari
roomandwild.com

Daya tarik lainnya yang dapat kamu nikmati selama berada di Pulo Cinta ini adalah keindahan langitnya saat di malam hari. Bisa dilakukan dengan makan malam yang romantis, langit di Pulo Cinta saat malam ini hari ini bakal menunjukkan pemandangan bintang yang bisa kamu lihat tanpa alat bantu sama sekali.

Tentu aja, kamu perlu mempertimbangkan waktu yang tepat untuk menikmati bintang-bintang tersebut, ya. Jadi, bisa tentukan jadwal sesuai waktu yang sudah disesuaikan dengan waktu stargazing ini.


Baca juga: 10 Tempat Wisata Kintamani Bali

Bagi kamu yang tertarik untuk menikmati keindahan di Pulo Cinta ini, bisa ikuti trip lainnya bersama di Blibli. Menyediakan harga yang lebih terjangkau, dengan paket Tour Sulawesi ini kamu dapat menelusuri keindahan di Pulau Sulawesi lainnya, loh. Pastinya, di Blibli terjamin aman dan memudahkan kamu untuk menyaksikan keindahan Indonesia, nih.