Gula merupakan salah satu penambah rasa yang sering kita temui. Minuman seperti teh botolan, soda, atau bahkan jus, memiliki kandungan dan kadar gula yang berbeda-beda. Begitu pula dalam camilan seperti cokelat, kue, roti, dan biskuit.

Meskipun gula berperan besar dalam melezatkan berbagai hidangan, kita semua tahu bahwa terlalu banyak gula tidak baik untuk tubuh kita.

Namun, seberapa banyak kah ‘terlalu banyak’ itu? Berikut beberapa fakta ilmiah tentang akibat konsumsi gula yang terlampau tinggi.

1. Kegemukan dan diabetesdiabetes

Jurnal terbaru dari California Dental Association menemukan bahwa konsumsi gula saja dapat meningkatkan kemungkinan obesitas, diabetes melitus, dan gangguan jantung. Apalagi konsumsi dalam jumlah yang banyak.

Kandungan gula pada makanan yang manis, seperti es krim dan kue cokelat amatlah tinggi. Ditambah kandungan krim dan mentega, makanan-makanan tersebut menjadi pemicu bertambahnya berat badan. Jangan heran kalau perut dan paha menjadi makin berisi kalau kamu gemar dengan yang manis-manis.

Sebagai pembanding, WHO (World Health Organization) merekomendasikan agar konsumsi gula orang dewasa dan anak-anak berada di bawah 10% dari jumlah asupan kalori. Jadi, kalau kamu mengonsumsi makanan 200 kalori, usahakan gulanya tidak lebih dari 20 kalori.

Berdasarkan situs Coca Cola sendiri, satu kaleng Coca Cola mengandung 139 kalori gula, atau 7% lebihtinggi dari konsumsi gula harian yang direkomendasikan. Jika kamu minum satu setengah kaleng minuman bersoda, konsumsi gulamu sudah berada di luar batas wajar!

2. Kerusakan gigikerusakan gigi

Setiap kali kamu makan camilan yang manis, bukan hanya kamu loh yang menikmatinya. Bakteri-bakteri yang tinggal di gigimu juga turut berpesta!

Asosiasi Dokter Gigi menjelaskan bahwa bakteri di gigi akan mengeluarkan zat asam ketika mengonsumsi sisa gula di mulut.

Asam bakteri tersebutlah (bukan bakterinya) yang menghancurkan mineral-mineral yang melindungi gigi dan pada akhirnya menyebabkan gigi menjadi berlubang.

Jadi, semakin banyak gula yang kamu konsumsi, semakin nyaman pula bakteri berpesta. Berarti, semakin banyak pula asam perusak gigi yang keluar. Semakin rusak gigimu.


BACA JUGA Makan Sehat Mudah? Ini Caranya


3. Kinerja sistem imunsistem imun

Sebuah studi pada tahun 1973 menunjukkan adanya penurunan kinerja sel darah putih setelah konsumsi gula. Apa artinya?

Sel darah putih di dalam tubuh memiliki fungsi untuk menyerang bakteri asing yang dapat membahayakan kesehatan. Hal ini dikarenakan gula memperlambat kinerja sel darah putih, dan menghalang kinerja vitamin C yang membantu meningkatkan imun.

Bila sel darah putih tidak dapat bekerja dengan baik, daya tahan tubuhmu juga akan menurun.

Oleh karena itu, kalau kamu sering tidak enak badan, mungkin kamu perlu mengurangi gula dan beralih ke makanan sehat.

4. Gangguan hatigangguan hati

Ternyata, makan banyak gula tidak hanya membuat lapisan lemak di kulitmu, tetapi juga lapisan lemak di organ hati. Dulunya penyebab lemak hati ini diduga berasal dari konsumsi alkohol, namun penelitian-penelitian terbaru menyatakan alternatif lain.

Profesor Robert Lustig mengatakan bahwa konsumsi gula berlebih dapat meningkatkan kemungkinan munculnya NAFLD atau Non-alcoholic fatty liver disease.

NAFLD sendiri mengacu pada berbagai penyakit yang dapat timbul ketika lemak hati menyebabkan pembengkakan dan kerusakan hati.

Bayangkan kalau organ yang bertugas menyaring racun dan mengatur metabolisme protein ini tidak dapat bekerja. Inilah sebabnya orang dengan kadar gula dalam darah yang lebih tinggi memiliki resiko sakit yang lebih tinggi.

Konsumsi gula yang terlalu banyak memang memiliki dampak negatif, mulai dari sakit gigi hingga penyakit jantung. Sesuai anjuran WHO, sebaiknya kamu menjaga asupan gula dalam batas yang normal.

Jika kamu termasuk orang yang suka ngemil, carilah camilan alternatif yang lebih sehat. Salah satu alternatif untuk camilan sehat adalah Soyjoy.

Rasa lezat Soyjoy sepenuhnya berasal dari bahan-bahan alami seperti buah-buahan dan biji kakao. Oleh karena itu, kamu dapat menikmati Soyjoy tanpa perlu takut bahaya-bahaya konsumsi gula. Kamu bisa order di Blibli.com, ayo langsung serbu, santap, dan jadi sehat!

 

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY