Bercita-Cita Solo Tur Keliling Indonesia? Siapkan Dulu Perlengkapan Sepeda Ini!

perlengkapan sepeda

Tahun 2017 sebentar lagi akan berakhir! Bagaimana kalau tahun ini ditutup dengan kegiatan yang seru… misalnya keliling Indonesia naik sepeda? Kata siapa itu impossible?! Dengan perlengkapan sepeda yang tepat, perjalananmu menikmati keindahan alam Indonesia pasti jadi makin mudah dan berkesan. Berikut adalah barang-barang wajib punya buat kamu yang mau solo touring keliling Indonesia!

JANGAN LUPA ISTIRAHAT, YA! BOOK HOTELNYA DI SINI SAJA

1. Yang paling wajib ada di tasmu

perlengkapan sepeda
Via – MBR

Namanya juga tur sepeda, pasti memakan waktu yang cukup lama. Untuk itu, kamu harus membawa barang pribadi yang lengkap, seperti pakaian ganti, P3K, obat-obatan pribadi, jas hujan, serta perangkat pelengkapnya. Supaya nyaman, pilih tas touring yang praktis dengan ukuran sesuai untuk membawa barang-barang kamu tanpa repot!

JANGAN LUPA ISTIRAHAT JUGA, YA! PESAN KAMAR HOTELMU SEKARANG!

2. Pilih pakaian yang aman dan nyaman

perlengkapan sepeda
Via – Mpora

Bersepeda keliling Indonesia pakai baju yang nggak bisa kompromi dengan keringat? Aduh, ngebayanginnya saja sudah malas. Kamu harus menggunakan jersey sepeda yang sudah dirancang khusus dengan bahan sintetis dan jahitan halus. Dengan begitu, kamu bisa bebas bergerak dan kulitmu nggak akan iritasi.

Soal celana, kamu wajib pakai celana sepeda yang dilengkapi dengan busa atau padding untuk melindungi area vitalmu saat terjadi guncangan. Sepatu yang dipakai juga harus sesuai agar nggak licin saat mengayuh pedal. Agar nggak kotor, bungkus sepatumu dengan sarung sepatu sepeda. Tampil modis boleh, tapi jangan sampai salah pilih, ya!

SIAPKAN KAMAR HOTEL UNTUK ISTIRAHAT DAN BERGANTI PAKAIAN

3. Keamanan tetap nomor satu!

perlengkapan sepeda
Via – icebike.org

Sedia payung sebelum hujan! Jangan sampai kelupaan pakai atribut pengaman, seperti helm sepeda, knee protector, elbow protector, dan tentunya sarung tangan. Perlengkapan sepeda itu akan melindungi kamu dari benturan saat terjadi hal-hal yang nggak diinginkan. Jadi, kamu bisa keliling Indonesia menikmati keindahannya tanpa merasa khawatir, deh.

SUDAH TAHU INGIN KE MANA? AMANKAN KURSI PESAWATMU SEKARANG!

4. Harus siap siaga terhadap segala kemungkinan

perlengkapan sepeda
Via – MTBR

Walaupun kondisi sepeda sudah dicek sebelum berangkat, kamu tetap harus membawa perkakas untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan pada sepedamu. Indonesia itu luas dan medannya juga berbeda-beda, lho sehingga kamu harus siap menghadapi berbagai macam lintasan. Jangan lupa bawa perlengkapan sepeda ini, tool kit sepeda yang di dalamnya sudah ada pompa dan peralatan ban supaya lebih praktis untuk dibawa-bawa. Terlihat kecil, tapi cukup lengkap untuk membetulkan sepedamu di mana saja.

CARI HOTEL TERBAIK DENGAN HARGA MENGUNTUNGKAN DI SINI SAJA!

5. Jangan lupa sepedanya!

perlengkapan sepeda

Ini, nih, yang paling penting! Untuk mewujudkan cita-cita keliling Indonesia dengan sepeda, ya kamu harus punya sepeda, dong?! Dari banyak model sepeda di pasaran, kamu harus pakai sepeda yang dirancang khusus untuk touring demi keselamatanmu. Pilih sepeda yang ringan dan shifter yang kuat untuk berbagai macam medan. Selain itu, perhatikan juga ukuran sepeda agar seimbang dengan postur tubuhmu. Supaya sepeda barumu aman dari intaian pencuri, bawa gembok sepeda, ya! Tambahkan juga aksesoris, seperti bottle cage.

BAWA SEPEDA? CARI HOTEL DENGAN PARKIR SEPEDA DI SINI!


Baiklah, semua perlengkapan sepeda sudah siap! Tapi, jangan lupa pastikan kamu sudah punya tempat menginap. Jangan memaksakan diri terus mengayuh sepeda karena bisa berbahaya, lho. Untuk pengalaman yang nggak terlupakan dengan hotel yang keren dan harga pas, pilih hotelnya dari jauh-jauh hari di #BlibliTravelSahabatPerjalananmu,ya!

Pastikan juga bahwa lokasi hotelnya dekat dari tempat yang jadi tujuan perjalanan kamu. Misalnya, kalau kamu ke Bali, carilah hotel dekat pantai, kalau kamu ke Jogja, carilah hotel yang ada di tengah-tengah sawah dan gunung yang asri. Pesan tiket pesawat atau kereta juga menyiapkan perlengkapan sepeda jangan mepet hari H, lho. Ke #BlibliSekarang supaya nggak repot nantinya!

RENCANAKAN PERJALANANMU DENGAN BAIK DI SINI

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY