me

Perhatian! 5 Barang Ini Dilarang Masuk ke Dalam Kabin Pesawat, Jangan Sampai Lupa Ya!

Nov 09, 2022.By
Bagikan

Blibli Friends ingat nggak, baru-baru ini ada kasus WNI yang ditahan di bandara karena membawa Rendang ke Australia? Wah, jangan sampai deh kita mengalami hal sama. Peraturan untuk naik transportasi udara memang lebih ketat jika dibandingkan ketentuan naik transportasi darat. Selain harus memperhatikan semua aturan di tiap negara, kita juga harus tahu daftar bawaan yang nggak diizinkan dibawa ke dalam kabin pesawat oleh penumpang di dalam tas jinjing atau tas bawaan. Cek dulu ya, 5 barang yang dilarang masuk ke dalam kabin pesawat, jangan sampai lupa!

 

  • Cairan produk dalam tutup botol fliptop

Penumpang sering membawa cairan di dalam koper bagasi atau kabin. Misalnya, sabun cair, sampo, pencuci muka, parfum, dan lainnya. Tapi nih, ada peraturan dari Administrasi Keamanan Transportasi (TSA) kalau penumpang boleh membawa cairan maksimal 100 mililiter di kabin. Artinya, jika penumpang membawa lebih banyak cairan harus ditempatkan di bagasi pesawat.

Hal penting yang perlu diperhatikan apabila kita membawa cairan dalam bentuk tutup botol, jangan sampai memaksa harus masuk di kabin karena ini akan merusak produk kamu saat tekanan tinggi di atas udara. Sebaiknya taruh saja di bagasi ya, Blibli Friends.

Butuh koper bagasi coba cek di sini : Koper Xiaomi 90 fun Luggage Cabin 20 inch Front Compartment

Koper Xiaomi 90 fun Luggage Cabin 20 inch Front Compartment

  • Pemantik Api

Benda kedua yang nggak boleh dibawa adalah korek. Jadi kalau kamu bawa pemantik api sebaiknya ditinggalkan saja karena ini sudah dipastikan nggak akan bisa masuk ke kabin, bahkan sudah disita di proses pemeriksaan. Petugas akan mengetahui jika kamu memiliki pemantik api dan tidak bisa disisipkan di dalam pakaian atau barang lain. Jadi, daripada barang bawaan kamu dibongkar di lokasi bandara, sebaiknya lupakan bawa pemantik api ini.

  • Produk makanan beraroma tajam

Makanan yang sudah diolah dan dihasilkan dari hewan umumnya memiliki bakteri yang berpotensi menginfeksi banyak orang, contohnya keju dan susu. Terlebih produk seperti susu segar dan daging segar yang mengandung patogen yang dapat menginfeksi.

Bukan cuma itu, Blibli Friends. Kita juga dilarang membawa makanan beraroma tajam. Misalnya seperti buah durian, buah nangka, dan terasi, ini termasuk ke dalam makanan yang tidak boleh dibawa ke dalam kabin karena aromanya yang menyengat dan akan mengganggu penumpang lain.

Butuh tas kabin? Cek di sini : tas koper cabin trevel pesawat troly polo gear premium

tas koper cabin trevel pesawat troly polo gear premium

  • Benda tajam (alat dapur)

Sudah menjadi peraturan umum jika benda tajam dilarang untuk dibawa dalam tas jinjing ke kabin saat naik pesawat. Benda tajam yang nggak diizinkan itu termasuk pemotong kotak, pemecah es, pisau, golok daging, silet, pedang, dan gunting dengan mata pisau lebih panjang dari empat inci atau sekitar 10 sentimeter (cm). Kalau mau membawa ini, masuk saja di bagasi dan kemas dengan baik agar nggak rusak saat di perjalanan.

  • Barang bawaan lebih dari 7kg

Kita boleh membawa tas atau bahkan koper ke dalam kabin pesawat, tapi harus diingat kalau koper bawaan kamu nggak boleh mengangkut beban lebih dari 7kg demi keamanan bersama. Untuk beberapa maskapai penerbangan bisa membatasi sampai maksimal 10kg, tapi sebaiknya kamu timbang dulu bawaan kamu sebelum dibawa ke kabin pesawat.

Beli di sini : Tas Travel Organizer Plastik Vakum Kompresi 

Tas Travel Organizer Plastik Vakum Kompresi 1pcs - VB-70

Buat Blibli Friends yang mau jalan-jalan atau bekerja dan harus bepergian dengan pesawat, ingat untuk nggak membawa hal-hal yang melanggar ya. Pastikan juga kamu memiliki tas kecil terpisah untuk menaruh paspor atau tiket lainnya agar lebih mudah untuk pengecekan. Selamat naik pesawat, Blibli Friends!

Cek juga di sini keperluan naik pesawat

Tag: