me

Perbedaan STB TV Digital & Android TV Box, Jangan Sampai Salah Beli!

Nov 11, 2022.By
Bagikan

Sejak November 2022, Blibli Friends di wilayah Jabodetabek udah harus punya TV digital atau menggunakan set-top-box (STB) kalau ingin menyaksikan siaran televisi. Bagi Blibli Friends yang baru mau membeli STB, kamu harus tahu bedanya STB dengan Android Box. 

Kehadiran TV berbasis Android bisa dibilang jadi pesaing televisi digital atau analog switch off (ASO). Tapi, TV Android belum tentu bisa menangkap siaran digital. Supaya nggak salah beli, kenali dulu yuk, perbedaan antara STB TV dan Android TV Box!

Beli juga di sini : Set Top Box TV Digital DVB :

Set Top Box TV Digital DVB T2 Matrix Apple HD

 

  • Perbedaan Fungsi STB dan Android Box

STB atau Set Top Box fungsinya adalah menangkap siaran digital ke perangkat televisi analog, sedangkan Android TV Box mengubah televisi konvensional menjadi TV pintar atau smart TV. Pengguna smart TV bisa menonton layanan streaming berbayar atau konten YouTube di televisi biasa.

Karena berbasis Android, tampilan antarmuka perangkat televisi pun mirip dengan tampilan di ponsel. Dan smart TV hadir dengan berbagai sistem operasi, bukan hanya Android.

Sementara itu, kalau STB siaran televisi terestrial yang ditangkap adalah siaran yang tidak berbayar atau free to air. Setelah memasangkannya di televisi analog, pengguna bisa menonton siaran televisi biasa, tapi yang ditangkap adalah siaran digital, bukan analog.

  • Perbedaan Hak Tayangan Siaran

Blibli Friends sukanya nonton siaran apa? Soalnya beda nih. Android TV Box dapat membuat TV analog atau TV jadul menjadi smart TV. Sesuai namanya, Box jenis ini sudah menjalankan sistem operasi Android TV, dan memungkinkan penggunanya untuk nonton layanan streaming berbasis internet, seperti YouTube, netflix, Disney+ Hotstar, dan sebagainya.

Kalau di STB, ada siaran terestrial digital, di mana saja perangkat berada, selama bisa menangkap sinyal, kamu bisa mendapatkan siaran televisi dengan jernih. Untuk itu, pada siaran digital cuma akan mengenali dua pilihan, yaitu ada siaran atau nggak ada siaran sama sekali (blank). Jadi nggak ada lagi cerita siaran televisi yang layarnya bergoyang, keluar titik mirip semut berjalan.

Beli di sini ya : Toshiba LED TV – HD Smart TV 32″

Toshiba LED Vidaa Smart TV 32 Inch 32E31KP HD Ready

  • Tampilan STB dan Android Box

Secara tampilan, tentu saja berbeda ya, Blibli Friends. STB umumnya berbentuk kotak atau box berukuran sedang dan memiliki beberapa tombol. Sementara Android TV Box mengusung tampilan mirip smartphone Android, tapi dengan ukuran layar yang lebih besar. 

Android TV box dengan kualitas yang bagus rata-rata dibanderol dengan harga lebih mahal. Harganya memang bervariasi, mulai dari Rp300 ribuan bahkan sampai Rp2 jutaan juga ada, tergantung dengan spesifikasi, fitur, serta jenis sistem Android TV yang digunakan. Kalau STB biasanya di bawah 200 ribu sudah dapat yang bagus.

Bukan cuma streaming film atau video aja, dengerin musik, install aplikasi, sampai bermain gim, bisa dilakukan dengan Android Box. Cuma, fitur-fitur ini tergantung juga dengan Android TV Box yang Blibli Friends beli, semakin mahal dan ‘metereng’ mereknya, maka semakin lengkap juga fiturnya. Tapi kalau Blibli Friends butuh siaran televisi lokal yang bening, beli STB juga udah cukup kok. Jadi, kembali lagi ke pilihan masing-masing ya!

Beli di sini nih : Xiaomi TV A2 32″ Smart HD Dolby Audio™ Android TV™ Google Play Netflix dan Disney+ :

Xiaomi TV A2 32

Tag: