Perbedaan Macan dan Harimau, Jangan Sampai Tertukar Ya!

perbedaan macan dan harimau

Dua nama hewan ini tentu sering banget ya, kita dengar dan gunakan di kehidupan sehari-hari. Tapi coba Blibli Friends bayangkan lagi, tahukah mana yang macan dan mana yang harimau? Bisakah membedakan tampilan keduanya? Faktanya, banyak orang yang masih sering salah sebut bahkan ada juga yang menganggap macan dan harimau adalah hewan yang sama. Biar nggak sampai malu karena belum tahu, cek dulu yuk perbedaan macan dan harimau berikut ini!

___________________

Macan dan Harimau Ternyata Beda Spesies

Nah lo, mana nih yang sering menganggap macan dan harimau sama? Spesies keduanya ternyata berbeda, lho. Macan masuk dalam spesies middle cat sedangkan harimau termasuk spesies big cat. Keduanya masuk dalam suku Felidae dan genus Panthera, namun memiliki spesies yang berbeda tergantung jenisnya. Untuk harimau misalnya, masuk spesies Tigris yang merupakan jenis kucing terbesar di dunia. Sedangkan macan tutul, masuk spesies Pardus, dan jaguar yang merupakan saudara dekat macan tutul masuk ke spesies Onca.

Ukuran Tubuh Keduanya Juga Berbeda

Kalau dilihat dari spesiesnya saja nih, Blibli Friends pasti sudah bisa menyimpulkan kalau harimau memiliki tubuh lebih besar dari macan. Betul sekali, sebab harimau dewasa rata-rata berukuran 2,5 sampai 3,9 meter dengan berat 90 – 310 kg. Sedangkan macan lebih kecil, dengan ukuran tubuh 90 sampai 160 cm dan berat 31 kg. Tinggi harimau dewasa bisa mencapai 120 cm, sedangkan macan tutul hanya 70 cm saja. Masa hidup mereka pun berbeda, macan bisa sampai 17 tahun sedangkan harimau rata-rata 15 tahun.

Warna dan Corak Tubuh pun Berbeda

macan tutul
image source: iStock

Harimau terkenal dengan lorengnya yang berwarna hitam. Loreng atau garis-garis di sekujur tubuh ini merupakan ciri khas harimau yang tidak dimiliki macan. Untuk warna bulunya, biasanya coklat kemerahan di bagian atas dan putih di bagian perut serta leher. Sedangkan macan memiliki warna dan corak beragam. Macan tutul memiliki bulu coklat dengan totol-totol berwarna hitam. Macan kumbang memiliki bulu berwarna hitam.

Nah, kalau baca info tersebut jadi jelas banget kan, perbedaan macan dan harimau? Lalu apa persamaan keduanya?

Sama-sama Termasuk Jenis Kucing

Ya, baik harimau maupun macan merupakan jenis kucing. Hal ini bisa dilihat dari bentuk fisik keduanya yang merupakan versi lebih besar dari kucing biasa. Tapi untuk bentuk tubuh, wajah, kaki dan tangan, ekor, serta tekstur bulunya menyerupai kucing biasa.

Sama-sama Hewan Karnivora

Persamaan berikutnya adalah macan dan harimau merupakan karnivora atau pemakan daging. Keduanya hidup dengan cara berburu dan menangkap hewan lain seperti rusa, kerbau, kuda, sapi, atau babi. Dan tentu saja keduanya termasuk hewan buas ya, karena memiliki taring dan kuku yang sangat tajam. Gigitan dan cakaran keduanya bisa menyebabkan luka yang sangat dalam dan lebar.

Sama-sama Pelari yang Handal

Macan dan harimau juga termasuk pelari yang handal, meski mereka masih berada di bawah level singa yang bisa lari sampai 80 km per jam. Rata-rata, macan bisa berlari sampai 58 km per jam, sedangkan harimau antara 45 sampai 65 km per jam tergantung ukuran tubuhnya. Makanya, jangan sampai ketemu macan dan harimau ya, sebab lari pun kemungkinan besar kamu bakal bisa terkejar!

___________________

Persamaan lain dari kedua hewan ini adalah mereka sama-sama dilindungi. Perburuan macan dan harimau sangat dilarang, terutama karena spesiesnya sudah semakin langka. Blibli Friends yang suka dengan tas atau aksesoris kulit hewan, lebih baik mulai membeli yang imitasi untuk ikut melindungi hewan-hewan ini dari kepunahan. Banyak kok, pilihannya di Blibli. Tinggal cari yang sesuai gaya dan budget belanja kamu!

CEK BERBAGAI MACAM TAS WANITA TERBAIK DI SINI

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY