me

Sudah Tahu Apa Perbedaan Cadar, Niqab, dan Burqa?

Sep 14, 2022.By Nadine
Bagikan

Seiring perkembangan zaman, semakin banyak pilihan model jilbab wanita Muslimah yang modern. Ada pula model jilbab yang menutup seluruh bagian wajah kecuali mata, yaitu niqab, cadar dan burqa. Secara sekilas ketiga penutup aurat Muslimah ini mempunyai bentuk yang mirip. Tapi, kalau diperhatikan terdapat beberapa perbedaan cadar, niqab, dan burqa yang cukup mencolok.

Baca juga: 7 Rekomendasi Khimar Untuk Ramadan dan Lebaran yang Wajib Kamu Punya!


Perbedaan Cadar, Niqab, & Burqa

Penggunaan jilbab pada hakikatnya adalah untuk memenuhi kewajiban Muslimah untuk menutup aurat. Sayangnya, justru banyak wanita yang hanya menggunakan jilbab untuk mengikuti tren. Untuk menyempurnakan pemakaian jilbab, kamu bisa menggunakan salah satu di antara cadar, niqab, atau burqa.

Cadar

perbedaan cadar niqab dan burqa 2
image source: www.istockphoto.com

Apa itu cadar atau chador? Siapa nih yang masih asing dengan istilah chador? Chador atau cadar merupakan kain seperti selendang yang panjang dan lebar. Pakaian ini digunakan untuk menutup kepala sampai kaki, kecuali wajah. Umumnya, chador dilengkapi dengan inner atau jilbab instan pendek di dalamnya.

Chador hingga saat ini masih banyak digunakan oleh wanita Iran saat keluar rumah. Selain itu, jenis pakaian ini juga masih ditemui digunakan oleh Muslimah Irak, Persia, Afganistan, Kuwait, India, Lebanon, dan Kuwait.

Tujuan para wanita Iran menggunakan chador adalah untuk menutup aurat dan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Bagi yang sudah menikah, suami mereka juga akan menjadi lebih tenang dan nggak gampang cemburu. Hal ini sekaligus juga mengurangi kerusakan moral yang marak terjadi di masyarakat.

Niqab

perbedaan cadar niqab dan burqa 3
image source: www.istockphoto.com

Daripada chador dan burqa, niqab ini yang paling banyak digunakan oleh Muslimah Indonesia. Lalu sebenarnya apa itu niqab? Niqab sendiri merupakan kain penutup kepala yang dilengkapi dengan cadar. Cadar berfungsi untuk menutup bagian hidung ke bawah dan tetap memperlihatkan kedua mata.

Pakaian niqab memiliki bentuk yang lebar sehingga menutupi setengah bagian depan maupun belakang. Terdapat dua gaya dalam menggunakan niqab, yaitu setengah niqab dan gulf. Pakaian setengah niqab terdiri dari khimar, jilbab, dan cadar. Gaya satu ini masih memperlihatkan bagian dahi secara penuh.

Sedangkan gaya kedua adalah gulf cuma memperlihatkan celah sempit di area mata. Dengan begitu, bagian dahinya tertutup secara penuh. Sebenarnya baik gaya setengah niqab maupun gulf sama-sama memenuhi syariat Islam.

Niqab umumnya berwarna hitam dan memiliki panjang bagian belakang hampir sejajar dengan lutut. Biasanya, niqab serba hitam dikenakan oleh wanita Arab Saudi. Sedangkan wanita Asia dan Afrika Utara kerap memilih niqab dengan berbagai warna yang variasi untuk penggunaan sehari-hari.

Burqa

perbedaan cadar niqab dan burqa 4
image source: www.istockphoto.com

Sebenarnya apa itu burqa? Apakah mirip sama cadar dan niqab? Burqa merupakan jenis pakaian yang menutupi hampir seluruh bagian tubuh, kecuali mata. Jenis pakaian ini banyak banget digunakan oleh muslimah Afghanistan, Pakistan, dan India Utara.

Namun, saat ini muslimah dari luar Afghanistan mulai jarang menggunakan burqa. Burqa biasa digunakan sehari-hari saat keluar dari rumah dan dilepas saat berada di dalam rumah. Bentuk burqa sendiri sebenarnya mirip banget sama niqab, bedanya burqa menutupi area mata dengan menggunakan kain jala yang menerawang.

Kaum Taliban, Afghanistan sendiri memang mengharuskan semua wanita Muslimah untuk mengenakan burqa di jalan umum. Saat ini, rezim Afghanistan sudah nggak mewajibkan wanita untuk menggunakan burqa. Tapi, masih banyak wanita yang memilih tetap menggunakan pakaian ini demi keamanannya sendiri.

Burqa berwarna biru masih menjadi salah satu warna paling favorit yang umum dikenakan oleh wanita Afghanistan. Selain itu, warna lain yang biasa dipakai adalah cokelat, hijau, dan putih.

Kesimpulan

Secara umum, cadar, niqab, dan burqa sama-sama berfungsi untuk menutup aurat Muslimah. Bentuknya pun cukup mirip, hanya saja masing-masing umumnya digunakan di negara yang berbeda. Sebagaimana kita tahu, negara-negara yang kebudayaan Islam-nya masih sangat kental, Muslimahnya memang cenderung masih memakai penutup aurat yang lebar.

Chador atau cadar memiliki bentuk yang panjang dan lebar yang menutupi seluruh tubuh, kecuali mata dan telapak tangan. Sedangkan niqab merupakan kain penutup kepala yang cuma memperlihatkan bagian mata. Hampir mirip sama niqab, burqa juga menutup hampir bagian wajah, bedanya bagian matanya dilengkapi dengan kain sejenis jala.

Dari ketiga tipe pakaian tersebut, niqab merupakan yang paling sering dipilih oleh wanita Indonesia. Kamu pasti juga punya teman atau kenalan yang kesehariannya menggunakan niqab, kan? Sebenarnya penggunaan niqab dan sejenisnya masih menuai pro dan kontra. Tapi, selagi niatnya baik untuk menutup aurat secara maksimal, penggunaan niqab tentu saja dianjurkan.

Selain untuk menutup aurat, penggunaan niqab memiliki sejumlah manfaat lain. Di antaranya adalah menghindari berbagai fitnah, menghindarkan wajah dari debu dan kotoran, membantu laki-laki untuk menjaga pandangannya, dan lain-lain. Menggunakan niqab juga membantu memuliakan wanita biar laki-laki nggak cuma menilai mereka berdasarkan fisiknya saja.

Rekomendasi Produk

Setelah menyimak tentang cadar, niqab dan juga burqa, kamu jadi tahu kan perbedaan dari ketiga produk di atas. Nah, untuk kamu yang sekarang ini sedang mencari cadar, niqob ataupun burqa, berikut ini beberapa produk yang bisa dijadikan pilihan.

1.       Niqab Cadar Tali dan Karet Wolfis Premium

blibli.com

Niqab cadar ini terbuat dari wolfis oxford premium yang adem, nggak bikin sesak nafas, dan pastinya nggak menerawang. Niqab satu layer ini memiliki panjang 36 cm dan lebar 32 cm. Bagian bawah matanya memiliki jahitan bawah mata yang sangat nyaman. Bagian talinya terbuat dari karet yang elastis dan nyaman. Harganya pun murah, cuma Rp8.000-an.

2.       Cadar Tali 2 Layer – Cadar Ceruty Tali 2 Layer

blibli.com

Pilihan selanjutnya adalah Cadar Ceruty Tali 2 Layer yang terbuat dari bahan ceruty baby doll yang super nyaman dipakai sehari-hari. Cadar ini memiliki panjang tali 42 cm, panjang cadar 40 cm, dan lebar 30 cm. Cadar ini nggak ada jahitan di bagian bawah mata sehingga nggak bikin sakit di hidung.

3.       Niqabbi Umma by Dinsyirah Queenn

blibli.com

Buat kamu yang lagi cari niqab nyaman berbahan sifon, Niqabbi Umma by Dinsyirah Queenn bisa jadi koleksimu. Produk ini merupakan set yang terdiri antara niqab dan hijab berwarna pastel dari bahan sifon Italia. Niqab ini gampang dipakai dan kamu bisa tetap bernafas dengan nyaman saat mengenakannya. Satu set ini dijual dengan harga Rp500.000-an.


Baca juga: Cara Memakai Jarum Pentul Biar Kerudung Kamu Bisa Diem

Tertarik buat memiliki niqab cadar yang nyaman dan sesuai syariat? Kamu bisa membelinya secara online di Blibli. Di sana ada banyak banget niqab yang super nyaman dan gampang dipakai sehingga cocok buat pemula. Pilihan warna yang tersedia pun sangat bervariasi, mulai dari yang netral, pastel, hingga warna cerah. Blibli juga menawarkan promo diskon menarik yang bikin belanja makin hemat.