me

Penyebab Battery Health Turun yang Paling Umum, Simak Yuk!

Mar 18, 2024.By
Bagikan

unsplash.com/@jennyueberberg
Simak penyebab battery health iPhone turun, yuk!

Cicilan 0% Gadget

Baterai adalah salah satu komponen penting yang ada di smartphone. Agar smartphone bisa digunakan dengan optimal, menjaga kesehatan baterai adalah hal yang perlu kamu perhatikan. Bagaimana cara agar kesehatan baterai tidak menurun? Sebenarnya cara menjaga kesehatan BH bisa dilakukan dengan mudah. cara menjaga battery health bisa dilakukan dengan tahu apa penyebabnya. 

Lantas, berapa sih BH HP normalnya berapa? Battery health masih dikatakan bagus jika di atas 80%. Bisakah kesehatan baterai HP naik lagi? Sampai saat ini belum ada cara untuk menaikkan BH hp tapi kamu bisa mencegah hal tersebut. Apa saja penyebab baterai Health turun? Yuk, simak beberapa penyebab battery health turun yang sudah disiapkan untuk Blibli Friends. 

Baca juga :  


Terlalu Banyak Aplikasi yang Digunakan

Terlalu Banyak Aplikasi yang Digunakan
unsplash.com/@rami_alzayat

Ada banyak penyebab battery health hp menjadi menurun, salah satunya adalah karena terlalu banyak aplikasi yang digunakan. Memang ada  banyak sekali aplikasi seru yang kini tersedia di hp dan bisa dengan mudah untuk kamu download. Namun, penggunaan aplikasi yang terlalu banyak pada hp juga bisa memicu battery health menjadi turun. 

Banyak orang yang belum menyadari jika terlalu banyak aplikasi merupakan penyebab dari kesehatan baterai yang turun drastis. Jadi, pastikan untuk mendownload aplikasi-aplikasi yang sekiranya masih dibutuhkan. Jika terdapat aplikasi yang kurang bermanfaat dan nggak terlalu sering dibutuhkan, segera uninstall aplikasi tersebut. 

Sebenarnya, mengapa terlalu banyak aplikasi menjadi penyebab dari turunnya battery health? Saat aplikasi tersebut tetap berjalan di latar belakang, maka hal tersebut bisa membuat data baterai menjadi cepat habis. Oleh karena itu, terlalu banyak aplikasi yang digunakan pun bisa menjadi salah satu penyebab battery health yang menurun. 

Casing Hp

Casing Hp
unsplash.com/@achera

Saat ini, casing hp memang banyak diminati oleh pengguna smartphone. Casing hp membantu menjaga hp dari kemungkinan rusak karena jatuh. Selain itu, pilihan casing hp yang beragam dan dengan desain menarik membuat banyak orang tertarik untuk menggunakan casing. Namun, tahukah kamu jika casing hp juga bisa menjadi salah satu penyebab battery health yang menurun? 

Penggunaan casing hp memang nggak membahayakan dan nggak  membuat baterai jadi rusak secara langsung. Namun, ada beberapa kondisi yang membuat casing hp menjadi penyebab dari battery health yang menurun. Salah satu kondisi yang dimaksud adalah saat mengeceas hp namun masih menggunakan casing. 

Kondisi mengecas hp sambil memakai casing bisa membuat suhu smartphone jadi cepat panas. Sedangkan, panas merupakan musuh dari komponen-komponen di hp, salah satunya adalah baterai. Alhasil, kondisi tersebut membuat hp jadi cepat panas yang meningkatkan potensi battery health jadi cepat menurun. 

Suhu Ruangan yang Panas

Suhu Ruangan yang Panas
unsplash.com/@linkedinsalesnavigator

Penyebab battery health turun selanjutnya adalah karena suhu yang terlalu panas. Bukan hanya hp. Peralatan elektronik lainnya juga akan mudah rusak jika ditempatkan pada suhu yang terlalu panas. Pasalnya, komponen yang ada pada peralatan listrik memang Sebagian besar bersifat sensitif terhadap panas yang berlebih. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menaruh hp ke ruangan yang lebih sejuk. Namun, pastikan jika ruangan tersebut nggak memiliki suhu yang terlalu dingin. Suhu udara yang terlalu dingin maupun panas memiliki potensi yang cukup besar untuk bisa menyebabkan kerusakan pada komponen internal hp. 

Selain itu, jangan letakkan hp di tempat yang terkena langsung dengan sinar matahari. Paparan sinar matahari juga bisa menjadi penyebab dari kerusakan internal hp. Pasalnya, sinar matahari juga bisa membuat hp menjadi panas yang menimbulkan kerusakan lain pada hp.

Jangan Gunakan Hp Sambil Dicas

Jangan Gunakan Hp Sambil Dicas
unsplash.com/@andyadcon

Penyebab turunnya battery health juga bisa disebabkan karena kebiasaan buruk. Salah satu kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan kesehatan baterai cepat turun adalah menggunakannya sambil dicas. Jika dilakukan secara terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama, maka kebiasaan ini sangat berpeluang untuk mengurangi battery health. 

Alasan mengapa jangan menggunakan hp saat dicas adalah karena hal tersebut bisa menyebabkan suhu smartphone jadi cepat panas. Apalagi jika kamu bermain game, menonton video, atau melakukan aktivitas lainnya di hp saat sedang dicas. Meningkatnya suhu yang ekstrim di hp merupakan salah satu penyebab umum mengapa battery health jadi gampang menurun. 

Saat hp dicas, usahakan untuk mengalihkan perhatian ke hal lainnya. Biarkan hp milikmu dicas terlebih dahulu untuk mengisi dayanya. Kamu bisa melakukan hal yang lebih produktif lainnya agar nggak terpaku dan menggunakan hp saat dicas. Setelah baterai hp sudah penuh, kamu bisa menggunakannya kembali. 

Hp Dicas Lebih dari 80%

Hp Dicas Lebih dari 80%
unsplash.com/@danielkorpai

Salah satu hal yang mungkin bisa jadi penyebab mengapa battery health hp menurun adalah kebiasaan cas yang salah. Banyak hp dianjurkan untuk dicas sampai 80% saja dan nggak sampai 100%. Mengapa hal tersebut dilakukan? Ternyata hal tersebut berpengaruh terhadap suhu yang dimiliki oleh hp. 

Jika dibiarkan terlalu lama dicas, hp menjadi panas, sehingga berpengaruh terhadap komponen internal yang ada di hp. Apalagi jika hp rutin digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti bermain game, merekam video, dan lain-lain. 

Meninggalkan Hp di Mobil

Meninggalkan Hp di Mobil
freepik.com/author/EyeEm

Apakah kamu punya kebiasaan untuk meninggalkan hp di mobil? Jika iya, maka kamu harus mengurangi kebiasaan itu. Pasalnya, meninggalkan hp di mobil yang dibiarkan terlalu lama bisa membuat suhu menjadi tinggi. Kondisi itu bisa meningkatkan potensi kerusakan yang bisa dialami oleh hp. 

Saat mobil diberhentikan atau parkir sementara, maka udara di dalamnya hampir mirip seperti oven. Hp yang diletakkan di dalamnya bisa mengalami kerusakan karena kondisi panas yang cukup tinggi. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah battery health cepat menurun adalah dengan nggak meninggalkannya di dalam mobil. 

Pakai Cas yang Nggak Original

Pakai Cas yang Nggak Original
unsplash.com/@steve_j

Salah satu penyebab battery health menjadi berkurang secara drastis adalah karena menggunakan cas yang nggak original. Cas asli dirancang dari pihak produsen untuk memiliki tegangan yang sesuai dengan hp tersebut. Jika kamu menggunakan cas palsu, maka belum tentu tegangannya sesuai, sehingga potensi kerusakan menjadi semakin besar. 


Baca juga :  

Selain tahu informasi di atas, kamu juga perlu tahu jika sekarang ada program Blibli Gadget Cicilan 0%. Melalui program ini, kamu bisa mendapatkan gadget impian dengan harga dan cicilan yang lebih terjangkau. Prosesnya pun sangat mudah karena syarat-syarat yang dibutuhkan juga nggak ribet. Blibli Gadget Cicilan 0% bisa jadi solusi untuk kebutuhan gadget impian kamu. 

Itulah beberapa penyebab battery health turun yang paling umum terjadi. Apakah kamu ingin berbelanja handphone & tablet terbaru? Yuk, belanja saja di Blibli. Ada banyak pilihan produk terbaru yang bisa kamu dapatkan dengan harga cukup terjangkau. Tunggu apalagi, segera belanja di Blibli sekarang juga!

Tag: