me

Pentingnya Literasi Keuangan Sejak Dini, Yuk Pelajari!

Sep 20, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

Image Source: Canva.com

Pentingnya literasi keuangan sejak dini Literasi menjadi salah satu hal yang cukup penting karena kamu bisa mendapatkan banyak wawasan baru secara lebih luas. Ada banyak jenis literasi yang bisa kamu dapatkan dan salah satunya adalah literasi keuangan. Literasi keuangan ini bisa kamu berikan sejak dini ke anak-anak atau bisa juga kamu mulai mempelajarinya saat ini karena ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari literasi ini.

Memahami tata kelola keuangan adalah hal yang cukup penting karena dengan begitu kamu bisa lebih bijak mengatur sistem keuangan. Salah satunya adalah dengan literasi keuangan yang bisa kamu dapatkan dari berbagai media. Jika kamu tertarik dengan literasi keuangan dan pentingnya dari literasi yang satu ini maka bisa menyimaknya berikut ini beserta rekomendasi voucher investasi terbaik. 

Baca juga: 7 Cara Investasi Logam Mulia untuk Kamu yang Pemula

___________________________________________________

Pentingnya Literasi Keuangan Sejak Dini

Literasi keuangan adalah hal yang cukup penting untuk diberikan ke berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Manfaat dari memahami pentingnya literasi keuangan ini cukup beragam dan wajib untuk kamu ketahui. Berikut ini adalah pentingnya literasi keuangan sejak dini yang bisa kamu dapatkan dan berikan ke berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

  • Meningkatkan Pemahaman Nilai Uang

Pertama, pentingnya literasi keuangan sejak dini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang nilai uang. Selama ini uang hanya dianggap sebagai nilai transaksi tetapi dengan memahami literasi keuangan pemahamanmu seputar uang akan bertambah. Bisa juga pengetahuanmu seputar uang akan lebih meningkat.

Pemahaman nilai uang ini nggak Cuma bisa diberikan pada anak-anak saja tetapi juga pada orang dewasa. Hal ini menjadi landasan mengapa literasi keungan itu penting dan wajib untuk diberikan sejak dini. Semakin banyak literasi keuangan yang didapatkan maka akan semakin luas cara pandangmu seputar pemahaman nilai uang. 

  • Meningkatkan Wawasan Finansial

Kedua, pentingnya literasi keuangan sejak dini adalah untuk meningkatkan wawasan seputar finansial. Jika wawasan finansialmu baik maka pola pikir dan pemahamanmu seputar uang akan jauh lebih luas dan hal ini cukup penting karena wawasan finansial ini memerlukan kesadaran dan pemahaman literasi yang baik supaya nggak setengah-setengah. 

Semakin banyak literasi keuangan yang kamu pahami maka wawasanmu seputar finansial akan meningkat. Hal ini akan cukup membantumu untuk lebih bijak seputar keuangan dan tata kelolanya. Kamu akan lebih terarah dan memahami solusi masalah keuangan jika dihadapkan pada masalah keuangan di masa depan. 

  • Membantu Membangun Kemandirian Finansial

Ketiga, pentingnya literasi keuangan sejak dini adalah membantu membangun kemandirian finansial. Kemandirian finansial bisa dibangun sejak dini dan salah satunya adalah melalui literasi keuangan yang diberikan sejak awal bahkan ketika masih anak-anak. Secara tidak langsung literasi keuangan ini akan membentuk pola pikir untuk menyusun kemandirian finansial.

Kemandirian finansial adalah kemampuan untuk mencukupi kebutuhan diri sendiri dengan cukup baik. Kemandirian finansial ini bisa terbangun dengan merencanakan sistem keuangan di masa depan termasuk pemasukan dan pengeluaran yang dimiliki. Hal ini bisa didapatkan melalui pemahaman literasi keuangan yang cukup baik. 

  • Memahami Kebutuhan dan Keinginan

Keempat, pentingnya literasi keuangan sejak dini adalah memahami kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan dan keinginan adalah dua hal yang berbeda dan hal ini terkadang yang menjadi pengecoh dari sistem keuangan yang kurang baik. Terkadang keinginan dan kebutuhan sering terbalik sehingga kebutuhan sering terabaikan.

Dengan mendapatkan literasi keuangan sejak dini maka akan terbentuk pola pikir yang baik untuk memilah antara kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan dan keinginan ini harus dipahami dengan baik supaya bisa memberikan prioritas ketika akan melakukan pembelian sejumlah barang dan membuat sistem keuangan menjadi lebih stabil. 

  • Meningkatkan Kontrol Diri 

Kelima, pentingnya literasi keuangan sejak dini adalah meningkatkan kontrol diri. Kontrol diri ini harus diterapkan sejak dini untuk mencegah budaya konsumtif dan menghamburkan uang untuk hal-hal yang bukan menjadi kebutuhan atau prioritas. Dengan mendapatkan literasi keuangan yang baik kamu akan lebih mampu untuk mengontrol diri dalam membeli barang-barang.

Kontrol diri ini adalah memprioritaskan mana yang menjadi kebutuhan utama dan tujuan sehingga hal ini bisa kamu pelajari secara lebih dalam dengan literasi keuangan. Kontrol diri ini juga dapat menjadi pegangan untuk memiliki pola pikir yang lebih bijak yang dalam mengelola sistem pengeluaran dan pemasukanmu setiap bulannya. 

  • Meningkatkan Kesadaran Perencanaan Keuangan

Keenam, pentingnya literasi sejak dini adalah meningkatkan kesadaran untuk merencanakan keuangan. Merencanakan keuangan terkadang menjadi hal yang sering diabaikan dan dianggap remeh sehingga sistem keuangan menjadi lebih berantakan dan tidak memiliki tabungan. Melalui literasi keuangan perlahan-lahan kamu bisa menumbuhkan kesadaran ini.

Perencanaan keuangan menjadi hal yang cukup penting sehingga kamu menjadi lebih terarah dalam merencanakan masa depan dan sistem keuangan. Kamu bisa membuat perencanaan keuangan yang realistis dan didasarkan pada sejumlah penghasilan, pengeluaran bahkan kebutuhan yang kamu miliki sehingga bisa lebih terorganisir. 

  • Kesadaran untuk Memulai Investasi 

Ketujuh, pentingnya literasi keuangan sejak dini adalah untuk kesadaran memulai investasi. Disadari atau nggak investasi adalah hal yang cukup penting dan mampu menjadi langkah awal untuk merencanakan masa depan. Saat ini jenis-jenis investasi sudah cukup banyak dan bisa menjadi penghasilan tambahan jika kamu giat untuk memulai investasi ini.

Investasi yang bisa kamu mulai cukup bervariasi karena saat ini sudah cukup banyak jenis investasi yang menawarkan harga terjangkau. Kamu bisa menyadari pentingnya investasi ini dengan meningkatkan budaya literasi keuangan dan manfaat apa saja yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan investasi secara berkala untuk jaminan masa depanmu. 

Rekomendasi Voucher Investasi Terbaik

Setelah mengetahui pentingnya literasi keuangan sejak dini, kini nggak ada salahnya lho Blibli Friends jika kamu juga mengetahui sejumlah voucher investasi terbaik. Berikut ini adalah rekomendasi voucher investasi terbaik yang bisa kamu manfaatkan sebagai langkah awal untuk merencanakan masa depan yang lebih baik dan bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan.

     1. Voucher Bibit Investasi Reksadana 

Rekomendasi voucher investasi terbaik yang pertama adalah voucher Bibit investasi reksadana yang dibanderol dengan harga mulai dari 10 jutaan. Voucher investasi ini memiliki nilai sebesar 9 jutaan yang bisa dibayarkan secara tunai atau dengan menggunakan sistem cicilan dalam jangka waktu tertentu dan sudah mendapatkan penawaran menarik.

Voucher investasi ini bisa menjadi langkah awal untuk melaksanakan investasi di bidang reksadana. Voucher ini berbentuk fisik dan untuk saldonya akan dikirim secara langsung setelah melakukan transaksi pembelian. Kamu bisa menjadikan voucher ini sebagai hadiah atau juga bisa menjadi langkah awal untuk dirimu sendiri memulai investasi. 

     2. Voucher Emas Digital Treasury

Rekomendasi voucher investasi terbaik yang kedua adalah voucher emas digital Treasury yang dibanderol dengan harga mulai dari 50 ribuan. Isi dari voucher ini adalah sebesar 50 ribu dan investasi ini untuk emas digital yang bisa dibeli bahkan dengan jumlah terkecil sekalipun sehingga cukup ekonomis untuk memulai investasi dalam bidang emas.

Harga yang ditawarkan untuk voucher investasi emas ini cukup terjangkau sehingga akan cukup menguntungkan terlebih kamu bisa membelinya lebih dari satu. Selain itu, kamu juga bisa menjadikan voucher emas ini sebagai hadiah untuk berbagai event, seperti kelulusan bahkan pernikahan dan ulang tahun untuk orang-orang tersayang. 

     3. Voucher Investasi P2P Lending 

Rekomendasi voucher investasi terbaik yang ketiga adalah voucher investasi P2P Lending yang dibanderol dengan harga mulai dari 10 ribuan. Voucher investasi ini berisi saldo senilai 150 ribu sehingga cukup terjangkau dan bisa menjadi langkah awal bagi kamu jika ingin memulai investasi dengan awal yang cukup terjangkau.

Voucher investasi ini bisa kamu manfaatkan untuk mencoba peruntungan dalam investasi dan bisa juga kamu manfaatkan untuk hadiah. Investasi ini bisa kamu lakukan secara praktis melalui aplikasi Koinworks setelah melakukan pembelian voucher dan kamu bisa memulai investasi sesuai dengan jenis atau jumlah yang kamu inginkan. 

     4. Voucher Pintu Investasi Bitcoin Crypto & Aset Digital

Rekomendasi voucher investasi terbaik yang keempat adalah voucher pintu investasi Bitcoin Crypto & digital yang dibanderol dengan harga mulai dari 1.1 jutaan. Voucher investasi ini memiliki saldo senilai 1 juta dan sudah legal sehingga aman untuk kamu gunakan sebagai langkah investasi atau untuk top up saldo di akun investasimu.

Voucher ini bisa kamu manfaatkan untuk investasi bitcoin hingga aset digital sehingga cukup praktis dan kamu bisa memulai langkah investasi secara lebih mudah. Investasi ini cukup dilakukan melalui aplikasi dan kamu bisa membeli voucher ini dalam jumlah yang tak terbatas dan disesuaikan dengan kebutuhanmu. 

     5. Voucher Emas dan Investasi By Pluang

Rekomendasi voucher investasi terbaik yang kelima adalah voucher emas dan investasi by Pluang yang dibanderol dengan harga mulai dari 110 ribuan. Voucher ini memiliki saldo dengan nilai sebesar 100 ribu. Dengan voucher ini kamu bisa melakukan investasi dalam berbagai bidang termasuk dengan pembelian emas dengan jumlah terkecil selalipun. 

Sistem yang ditawarkan untuk voucher emas ini juga cukup terjangkau sehingga bisa kamu manfaatkan sebagai langkah awal untuk memulai investasi. Kamu juga bisa memanfaatkan voucher ini untuk menabung emas secara digital karena jumlah voucher yang ditawarkan harganya cukup terjangkau. 

     6. Bibit Gift Card Voucher Investasi

Rekomendasi voucher investasi terbaik keenam adalah Bibit gift card voucher investasi yang dibanderol dengan harga mulai dari 530 ribuan. Jumlah saldo yang dimiliki oleh voucher ini adalah sebesar 500 ribu. Voucher ini bisa kamu manfaatkan untuk top up saldo di akun investasi yang sebelumnya sudah kamu miliki atau bisa juga dimanfaatkan sebagai hadiah.

Saat ini menjadikan voucher investasi sebagai hadiah menjadi salah satu tren yang cukup unik. Kamu bisa menentukan jumlah voucher yang akan kamu berikan kepada orang terkasih sehingga akan lebih menarik. 

___________________________________________________

Baca juga: Tips Investasi yang Aman dan Nyaman Untuk Pemula

Setelah mengetahui pentingnya literasi keuangan sejak dini, sekarang apakah Blibli Friends berencana untuk melakukan investasi? Jika iya maka bisa melakukannya secara mudah dengan berbagai model investasi. Bagaimana apakah kamu tertarik untuk membeli voucher investasi? Kunjungi saja Blibli sekarang juga dan temukan voucher investasi terbaik yang bisa kamu temukan dengan promo menarik.