me

Pengertian Invoice: Jenis dan Manfaatnya untuk Bisnis

Apr 09, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

Pengertian Invoice: Jenis dan Manfaatnya untuk Bisnis — Bagi Blibli Friends yang menjalankan usaha atau bisnis, pastinya tahu kalau ada kegiatan yang nggak jauh dari transaksi jual-beli. Selain itu, di dalam kegiatan jual-beli tersebut tersebut ada kegiatan transaksi lainnya yang biasa disebut dengan invoice. Invoice merupakan istilah untuk menyebut transaksi pembayaran. Saat pembelian itulah kamu bakal mendapatkan faktur atau tagihan.

Faktur atau tagihan yang disebutkan bisa berupa dokumen komersial, yang mana isinya adalah rincian dari catatan transaksi jual-beli yang dilakukan oleh penjual dan pembeli serta keterangan waktu. Nah, sebelum membahas mengenai invoice lebih jauh lagi, ada baiknya nih Blibli Friends juga tahu pengertian invoice dan apa aja jenis invoice serta manfaatnya. Cek selengkapnya di bawah ini, ya!

Baca juga: Cara Invoicing Online


Apa itu Invoice?

apa itu invoice
Sumber: Unsplash

Menurut KBBI, invoice memiliki arti daftar barang kiriman yang dilengkapi dengan informasi mengenai nama, jumlah, dan harga yang perlu dibayar. Di Indonesia sendiri, sebutan lain dari invoice ini sering dikenal dengan faktur atau tagihan, dan biasanya sudah termasuk ke dalam biaya produk yang dibeli dari penjual atau bisa dikatakan layanan bagi pembeli agar dapat membayar tepat waktu.

Sementara itu dilansir dari jurnal.id, invoice merupakan dokumen yang diciptakan oleh penjual dan diperuntukkan bagi pembeli. Adanya bukti pemesanan dalam bentuk dokumen ini juga memudahkan pembeli untuk mendapatkan tagihan dari penjual atas apa yang sudah mereka beli. Perlu diketahui, kehadiran faktur atau tagihan ini sangat penting dalam sebuah bisnis, loh.

Dari adanya faktur atau tagihan ini, pelaku bisnis atau pemilik badan usaha juga lebih mudah menghitung laba, sebab ada data yang dimiliki dari hasil rekamanan barang dan jasa yang sudah dibeli. Tugas para penjual untuk invoice, kamu cuma perlu mengirimnya sebagai bukti untuk pembeli sebagai tagihan yang dikenakan dari penjualan sebuah produk atau jasa.

Selain itu, apabila pembeli sudah mendapatkan invoice ini, kamu bisa membuat laporan keuangan mengenai pembayaran, sehingga cara ini bisa jadi lebih mudah. Adapun isi yang terlampir di dalam dokumen invoice diantaranya adalah:

  • Nama Pelanggan
  • Identitas Penjual
  • Jenis barang atau jasa yang perlu dibayar
  • Nominal jumlah biaya
  • Diskon jika ada
  • Biaya pengiriman
  • Metode Pembayaran
  • Jumlah item yang dibeli
  • Nomor invoice
  • Kontak perusahaan
  • Jumlah pajak
  • Periode pembayaran 

Apa saja Jenis Invoice?

jenis invoice
Sumber: Unsplash

Sesudah mengetahui pengertian dari invoice, Blibli Friends juga perlu tahu apa aja jenis invoice yang dapat diterbitkan. Adapun jenis invoice yang perlu diketahui adalah:

1. Invoice Proforma

Salah satu jenis invoice ini berbentuk dokumen yang berisikan mengenai komitmen penjual kepada pembeli untuk menyerahkan barang dan jasa dengan harga yang sudah disepakati. Penggunaan jenis Invoice Proforma ini dapat diterbitkan oleh perusahaan sesudah pembeli atau klien mendapatkan pemberitahuan kapan mereka harus membayar tagihan.

2. Invoice Komersial

Jenis invoice ini biasanya diterbitkan untuk penjualan barang yang dijual ke luar negeri atau untuk deklarasi pabean yang melintasi perbatasan internasional.

3. Nota Kredit

Pada jenis Nota Kredit ini diterbitkan oleh penjual untuk pembeli yang mendapatkan diskon atau kembalian. Selain itu, Nota Kredit ini juga diterbitkan sebagai invoice yang sebelumnya salah atau bisa berupa barang yang diterbitkan salah dan terjadi kegiatan pengembalian yang dilakukan antara pembeli dan penjual.

4. Invoice Kolektif

Seringnya penggunaan jenis invoice ini untuk melakukan pembayaran yang banyak proyek kecil bagi kliennya. Daripada harus menggunakan invoice yang kecil dan banyak, jenis Invoice Kolektif ini bisa kamu manfaatkan karena nggak perlu melacak banyak invoice.

5. Invoice Interim

Jenis invoice yang satu ini biasanya diterbitkan oleh perusahaan atau penjual kepada pembeli yang ingin mendapatkan tagihan secara bertahap. Keuntungan dari jenis Invoice Interim ini, pembeli atau klien nggak perlu menunggu invoice besar atau keseluruhan di akhir pekerjaan.

6. Invoice Berulang

Jenis Invoice Berulang ini seringnya terbit sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan tanpa batas waktu dan secara berkala. Misalnya, kamu sedang berlangganan suatu produk atau jasa selama 12 bulan, maka sebagai pembeli kamu bakal mendapatkan Invoice Berulang ini di setiap bulannya dan invoice ini terbit berdasarkan jatuh tempo pembayaran.

7. Invoice Penahanan

Terakhir adalah jenis Invoice Penahanan atau biasa disebut retainer invoice. Jenis Invoice Penahanan ini diterbitkan untuk pelanggan yang melakukan pembayaran atas produk atau jasanya di muka, lalu jumlah dari invoice yang diterbitkan bakal dipotong saat pengiriman atau pekerjaan sudah selesai.

Manfaat Invoice untuk Bisnis

Sementara itu, bagi dunia bisnis dan usaha, terbitnya invoice ini juga memiliki manfaat untuk penjual maupun pembeli, nih. Manfaat invoice untuk bisnis ini bisa kamu lihat di bawah ini:

1. Penagihan Pembayaran

Mengingat invoice berisikan rincian mengenai data transaksi, jadi manfaat invoice ini sah-sah aja kalau disebut sebagai penagihan pembayaran. Adanya kehadiran invoice untuk bisnis ini, para penjual dan pembeli dapat melakukan transaksi secara transparan.

2. Dokumentasi Penjualan

Salah satu manfaat invoice untuk bisnis ini juga menjadi dokumentasi penjualan. Perlu diingat, invoice berisikan rincian waktu kapan produk tersebut dijual dan dibeli, maka dari invoice ini kamu bisa mengecek kalau produk yang kamu miliki sudah berhasil terjual. Selain itu, kamu juga tahu sisa piutang yang mungkin belum selesai dibayar oleh pembeli.

3. Pengelolaan Pajak

Manfaat invoice untuk bisnis ini juga bisa kamu jadikan untuk mengurus pajak, sebab adanya dokumen faktur ini kamu menjadi lebih mudah dalam menyimpan data transaksi yang berjalan. Selain itu, dengan adanya invoice ini kamu juga lebih mudah membuat laporan pajak dan menghindari audit.

4. Instrumen Pendukung Pemasaran

Dalam dunia bisnis, memang sangat penting untuk membuat forecast yang akurat, dengan adanya invoice ini kamu jadi lebih mudah mengumpulkan data penjualan maupun pembelian. Apalagi, di dalam invoice ini sudah terdapat penjualan dari waktu ke waktu, sehingga dapat dijadikan sebagai dokumentasi penjualan dan pembelian yang baik.

5. Pengelolaan Pembayaran Tagihan

Terakhir, manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari invoice untuk bisnis adalah kamu dapat melacak transaksi pembayaran yang pernah dilakukan secara tertulis. Kehadiran invoice ini juga menunjukkan seberapa banyak uang yang sudah dikeluarkan dan tagihan apa aja yang belum terbayarkan oleh perusahaan tersebut, nih.


Baca juga: Invoice Paper.id Mekanismenya Gimana? Cek Di Sini 

Nah, itu lah pengertian mengenai invoice serta jenis dan manfaat untuk dunia bisnis. Bagaimana, Blibli Friends sudah paham pentingnya invoice, bukan?

Semakin mudah mendapatkan faktur atau tagihan, kini Blibli Friends dapat membuat Invoicing di Blibli, loh. Adanya Invoicing di Blibli ini, transaksi kamu jadi lebih mudah dan cepat tanpa harus repot mencatat berbagai pengeluaran yang ada. Yuk, cek dan lakukan Invoicing dengan mudah di Blibli!