Blibli Friends Meet Up: Pencinta Fotografi? Simak Keseruan Memotret dengan Gadget di 3 Tahun Sahabat Perjalananmu

pencinta fotografi

Blibli Friends Meet Up balik lagi nih, guys! Kali ini bersama para pencinta fotografi yang tergabung dalam komunitas GadgetGrapher, Blibli.com mengadakan lomba hunting foto dalam acara 3 Tahun Sahabat Perjalananmu di daerah Jakarta Pusat pada Sabtu, 2 September 2017.

Acara 3 Tahun Sahabat Perjalananmu merupakan bentuk perayaan ketiga komunitas GadgetGrapher yang melibatkan semua orang, bukan hanya anggota mereka, tapi juga masyarakat pencinta fotografi luas yang ingin tahu lebih lanjut soal fotografi dengan kamera ponsel.

Selain menjadi sponsor acara, Blibli.com juga menjadi peserta acara yang menikmati keseluruhan rangkaian yang disiapkan GadgetGrapher. Penasaran apa saja rangkaian acaranya? Yuk, disimak!

pencinta fotografi

Rangkaian acara dibuka dengan briefing untuk hunting foto. Setelah peserta acara berkumpul, peserta dibagi ke dalam beberapa kloter dan diberi waktu untuk mengabadikan apapun yang ada di wilayah Kota Tua, Glodok, jalan sekitar, hingga Harmonie Exchange yang bertemakan arsitektur, levitasi, street photography dan human interest.

Foto yang berhasil diabadikan peserta pencinta fotografi harus dimasukkan ke Instagram dengan hashtag #SahabatPerjalananmu. Di akhir acara, 3 foto terbaik akan mendapat hadiah eksklusif!

Setelah perjalanan dan acara hunting foto selesai, peserta diajak untuk mengikuti talkshow seputar fotografi, mulai dari street photography, jurnalistik, hingga makro fotografi. Bagi kamu yang nggak sempat ikutan, jangan sedih. Blibli Friends bagi sedikit nih hasil talkshow-nya.

pencinta fotografi

M. Yasin Zubaidi, salah seorang personil GadgetGrapher mengatakan bahwa kamu nggak perlu bingung dalam mendefinisikan street photography. Karena, secara simpelnya street photography adalah foto yang kamu ambil di ruang publik.

Yang penting dalam melakukan street photography, para pencinta fotografi harus menerapkan etika yang baik, terutama pada seseorang yang kamu jadikan objek foto. Etika yang baik bisa dimulai dari hal yang sederhana, misalnya berperilaku sopan atau sekadar memberikan senyum pada orang yang dijadikan objek foto

Kebalikan dari street photography yang dinilai dari lokasi pengambilan gambar, foto jurnalistik dinilai berdasarkan isi foto. Menurut Havid Al Vizki, salah satu personil GadgetGrapher yang berkecimpung di bidang ini, foto jurnalistik adalah foto yang harus mengandung unsur berita (5W +H: What, When, Where, Who + How).

pencinta fotografi

Selanjutnya, mengenai makro fotografi. Untuk mendapatkan foto objek kecil dengan detail yang tinggi seperti makro fotografi, M. Otib menyatakan bahwa ia memerlukan lensa khusus, yaitu lensa makro. Dalam mengambil gambar pun, ada jarak yang perlu diperhitungkan, sekitar 4–5 cm.

Apabila kamu ingin mengambil gambar hewan atau serangga dengan teknik makro, kamu nggak boleh pakai minyak wangi, lho, Friends! Soalnya, hewan atau serangga punya penciuman yang sangat sensitif. Bau minyak wangimu pasti akan bikin mereka kabur!

Dalam mengambil gambar, pencahayaannya harus diperhitungkan. Waktu yang paling disarankan untuk foto makro ini adalah pagi hari, sekitar pukul 05:30. Selain jarak dan pencahayaan yang cukup, dalam memegang kamera atau ponsel tanganmu harus stabil, jangan sampai goyang. Kalau goyang, objek yang akan kamu bidik bisa hilang, atau gambar yang kamu dapatkan akan blur.

pencinta fotografi

Selain informasi soal fotografi, di acara ini juga ada hal yang nggak kalah menarik, yaitu voucher gratis! Ya, untuk merayakan ulang tahun GadgetGrapher yang ke 3 dan juga launching tiket penerbangan domestik di Blibli Travel, Blibli.com bagi-bagi voucher Blibli Travel senilai seratus ribu rupiah dalam bentuk kode untuk semua peserta yang datang. Voucher itu bisa digunakan hingga seratus kali, lho!

Mau dapetin voucher, kode, atau promo khusus dari Blibli? Sempatkan dirimu untuk datang dan menikmati acara yang diselenggarakan oleh atau bersama Blibli.com yang selanjutnya ya!

pencinta fotografi

Acara 3 Tahun Sahabat Perjalanananmu ini pun ditutup dengan pengumuman foto terbaik ber-hashtag #SahabatPerjalananmu. Dari 348 total foto yang terkumpul dengan hashtag #SahabatPerjalananmu, juara pertama pun diraih oleh @adefebriyan03 dengan foto seorang wanita yang sedang melukis keindahan Kota Tua.

A post shared by Ade (@adefebriyan03) on

Dengan fotonya yang sesuai dengan tema arsitektur, street photography dan human interest, ia pun berhasil memenangkan hadiah tiket pesawat lengkap dengan paket wisata ke Jogja selama 3 hari 2 malam!

Nggak kalah kece dari Ade, @kiisut sang juara kedua pun menampilkan foto yang stunning dengan komposisi fotonya yang menarik.

A post shared by Yogi (@kiisut) on

Ia pun berhasil memenangkan smartphoneOppo yang katanya akan digunakan untuk dirinya pribadi dan hunting foto lain. Selain itu, juara ketiga @titus.vand juga menampilkan foto yang nggak kalah menarik dari segi arsitektur.

A post shared by Titus O. Mainassy (@titus.vand) on

Berkat kelihaian matanya dalam mencari spot yang menarik serta keahlian fotografinya, ia pun dapat menangkap momen yang membuatnya berhasil meraih voucher belanja senilai Rp600.000! Lumayan banget kan, guys?


Sudah kebayang gimana keseruan acara ulang tahun GadgetGrapher, Blibli Friends? Foto-foto kece yang menang itu diambil hanya dengan smartphone, lho!

Ingin membuat foto-foto indah seperti para anggota GadgetGrapher? Kamu juga bisa, asalkan kamu punya gadget pribadi yang mumpuni juga. Nah, semua gadget impian itu bisa kamu temukan di Blibli.com. Ingin hunting foto ke luar kota pun gampang, soalnya Blibli Travel, sang #SahabatPerjalananmu menyediakan semua kebutuhan perjalanan kamu. Tunggu apalagi? Yuk, #BlibliSekarang!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY