Kopi memang sudah menjadi minuman wajib untuk semua orang, baik anak kecil maupun orang dewasa. Bahkan kalangan usia lanjut pun masih membutuhkan kopi baik dari segi kesehatan maupun hanya kebiasaan sehari-hari.

Walaupun hampir semua orang mengkonsumsi kopi setiap harinya, sedikit yang tahu tentang teknik brewing alias teknis penyeduhannya. Terlepas hal ini merupakan pengetahuan penting yang menentukan kenikmatan kopi tersebut.

Daripada kamu hanya menjadi peminum kopi yang pasif, yuk pelajari lebih dalam tentang macam-macam teknik penyeduhan! Setidaknya kamu perlu mengenal 6 teknik brewing ini!

1. Cold brew

cold-brew

Via – Uncommongoods

Yang namanya penyeduhan pasti logikanya menggunakan air panas. Tapi, teknik penyeduhan cold brew sama sekali nggak menggunakan air panas, lho.

Cukup campurkan ¼ biji kopi yang sudah dihaluskan dengan ¾ air dingin. Perhatikan juga untuk selalu mengaduk dalam kecepatan yang konsisten ketika sedang menuangkan air dingin. Kemudian kopi harus didiamkan selama kurang lebih 12 jam untuk proses ekstrak.

Air dingin yang digunakan mengeluarkan rasa asli kopi yang biasanya kurang jika menggunakan air panas. Selain itu, cold brewing juga mengurangi asam kopi dan membuatnya terasa lebih manis.

Teknik penyeduhan ini cocok untuk kamu yang sering terkena maag karena asam nggak akan terlalu kental menempel di lambung.

2. French press

french-press

Via – Stumptowncoffee

French press adalah teknik penyeduhan kopi yang cocok jika kamu sedang ingin mengonsumsi kafein dalam tingkat tinggi.

Dengan menggunakan pitcher french press, campurkan biji kopi halus dan seduh dengan air mendidih. Kemudian, tinggalkan kopi selama 4-5 menit agar kopi dan air panas tercampur dengan sempurna.

Setelah 5 menit, tekan saringan pitcher sehingga biji kopi dan wanginya bisa terekstrak dengan sempurna. Penyeduhan dengan french press menghasilkan konten kafein yang sangat tinggi (namun tetap bergantung pada halusnya biji kopi).

Walaupun teknik penyeduhan ini dijamin akan membuat kamu lebih segar, bukan berarti kamu harus menggunakan teknik french press setiap harinya. Selain kandungan kafein yang tinggi, kandungan kafestol (penyebab utama kolesterol meningkat) juga tinggi, loh!

3. Aeropress

aeropress

Via – Stumptowncoffee

Sama seperti french press yang menggunakan pitcher khusus, aeropress juga mempunyai pitcher-nya sendiri.

Teknik penyeduhannya pun mirip dengan french press. Perlu diingat bahwa biji kopi harus di-grind sampai sangat halus. Kemudian campurkan dengan air bersuhu 80 derajat Celcius (harus tepat) dan aduk selama 10-12 detik.

Jangan lupa juga untuk memasangkan kertas di filter pitcher aeropress untuk menyaring minyak kopi dan juga “menyimpan” suhu panas pitcher.

Setelah kamu mengaduk dan mendiamkan selama kurang lebih 10 detik, balikkan pitcher dan tekan hingga cairan kopi habis. Seperti namanya, teknik penyeduhan ini menggunakan udara sebagai tekanan.

Rasa kopi yang dihasilkan mirip seperti teknik french press. Tapi karena kertas yang digunakan pada filter, kopi pun nggak akan sepahit kopi hasil dari french press.

4. Chemex

chemexVia – Ravenbait 

Teknik penyeduhan chemex bisa dibilang sebagai teknik paling tua karena sudah digunakan semenjak tahun 1940an.

Ciri khas chemex adalah filter-nya yang tiga kali lebih tebal dibandingkan teknik drip. Campurkan kopi halus, kemudian tambahkan ¼ dari total banyaknya air panas yang kamu gunakan. Biarkan campuran kopi terekstrak secara natural sebelum kamu menambahkan sisa air panas.

Kopi yang dihasilkan dijamin akan lebih harum dan halus ketimbang menggunakan teknik lainnya. Hal ini dikarenakan oleh tebalnya filter yang digunakan.

Suhu air panas untuk teknik chemex juga sangat vital, lho. Sebisa mungkin panaskan air hingga mencapai suhu 82 derajat sampai dengan 95 derajat Celcius. Jika suhu air panas kurang atau lebih, rasa kopi yang terkestrak juga akan berubah, lho.

5. Moka

moka

Via – Blue Bottle Coffee

Untuk kamu para pecinta espresso, kamu bisa mencoba menyeduh kopi dengan teknik moka, lho. Kabarnya, teknik penyeduhan kopi ini menghasilkan kopi dengan rasa yang paling mirip dengan espresso.

Teknik ini menggunakan pitcher khusus moka yang mempunyai dua compartment berbeda. Tuangkan air panas ke compartment bawah dan biji kopi hancur ke compartment atas.

Kemudian panaskan pitcher di atas kompor dengan suhu yang tepat. Jika suhu terlalu panas, maka air kopi akan keluar secara berlebihan. Air kopi yang dikeluarkan nggak akan tumpah jika kamu memanaskan dengan suhu yang pas.

6. Drip
drip

Via – Pick and Review

Ini dia teknik penyeduhan yang paling sering digunakan banyak orang karena cepat dan sehat. Bagaimana nggak? Teknik penyeduhan drip menggunakan mesin kopi otomatis yang nggak memerlukan kerja kerasmu.

Cukup tuangkan air panas ke biji kopi halus dan mesin akan melakukan kerjanya secara otomatis. Filter dari mesin otomatis juga mampu menyaring minyak penyebab kolesterol, lho.

Untuk kamu yang benar-benar malas dan nggak punya waktu luang, cukup gunakan teknik penyeduhan praktis ini. Teknik drip ini bisa digunakan untuk kopi jenis apapun dan hasilnya pun cukup memuaskan.

Yuk, langsung saja berkesperimen dengan keenam teknik penyeduhan kopi yang sudah disebutkan di atas! Bahkan untuk membuat eksperimen kopi lebih seru lagi, kamu bisa mencoba bubuk kopi Nescafe Green Blend.

Nggak hanya bisa menikmati rasa dan sensasi dari biji kopi hijau saja, Nescafe Green Blend juga memberikan 70% kandungan anti-oksidan yang diperlukan untuk tubuh. Wah, harum, enak, dan juga sehat. Apalagi yang kurang?

Bagi kamu yang penasaran apalagi yang oke Nescafe Green Blend, Blibli.com sedang mengadakan promo untuk liburan gratis dengan Air Asia, lho. Pakai kode voucher:

BBFNESGREEN

Maka kamu bisa mendapatkan Nescafe Green Blend secara gratis. ekanismenya sama kok seperti saat kamu akan melakukan pembelian produk di Blibli.com. Masukkan Nescafe Green Blend ke keranjang belanja, masukkan kode voucher di atas buat ngedapetin Nescafe Green Blend gratis, check out, kemudian duduk santai deh tunggu produknya diantar.

Cukup follow instagram @Bliblidotcom dan @nescafe_indonesia dan tag kedua akun instagram ini dengan foto cantikmu meminum Nescafe Green Blend. Selanjutnya, kamu tinggal melakukan ulasan pribadimu tentang rasanya. Tertarik, friends? Langsung saja follow dan ulas!

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY