Kalau ditanya apakah olahraga secara rutin itu penting untuk kesehatan, semua orang pasti jawab iya. Tapi, berapa banyak sih yang bisa melakukan olahraga secara rutin?

Kalau kamu salah satu orang yang nggak bisa melakukan olahraga karena alasan sudah sibuk seharian, coba tengok dulu solusi di bawah ini.

Ternyata, kamu tetap bisa melakukan 6 olahraga berikut di tengah aktivitas sehari-harimu yang sibuk!

1. Menyiapkan makan malam ala Rocky Balboa

rocky

Via – 1001 Movie Nights

Sudah pernah lihat cara Rocky Balboa latihan tinju? Alih-alih menggunakan sak latihan, dia malah menggunakan daging sapi di freezer. Hal tersebut bisa jadi inspirasimu untuk berolahraga sekaligus memasak.

Ketika kamu berhadapan dengan resep yang membutuhkan proses pelembutan daging dengan meat tenderizer, lupakan saja palu tersebut. Ini saatnya kamu menyiapkan masakan sambil berolahraga.

Gantung daging yang mestinya kamu lembutkan dan gunakan kepalan tanganmu untuk melembutkan daging tersebut. Tunjukkan semangat Balboa-mu!

2. Sekali sesi mengayuh, satu dua email terkirim

sepeda-email

Kamu pernah kepikiran nggak, kenapa pegangan untuk sejumlah sepeda statis itu besar banget dan makan tempat? Tahukah, kalau kamu bisa menjadikannya meja kerjamu yang baru?

Ya, kamu nggak salah dengar. Pegangan tangan sebesar itu bisa digunakan untuk menaruh laptop! Nggak lagi kamu duduk seharian di kursi sampai pantat dan pinggangmu pegal-pegal.

Sembari mengayuh, kerjakan tugas-tugas penting seperti mengirim e-mail, menulis laporan, dan melakukan riset. Adanya tugas repetitif yang dilakukan malah akan membuatmu semakin fokus.

Buat lebih ekstrim lagi, lakukan tugas menggunakan satu tangan saja. Tangan satunya lagi bisa dipakai buat mengangkat barbel ringan!

3. Kerja sambil melatih kaki

kerja-melatih-kaki

Via – Kmart

Kalau kamu di depan layar komputer seharian, biasanya hanya jarimu saja yang memiliki aktivitas. Padahal, untuk badan yang bugar, kamu perlu menggerakkan seluruh tubuhmu. Jadi, apa solusinya?

Gampang, kamu tinggal menggunakan ankle weight! Dengan angkle weight, gerakan kecil seperti mengayunkan kaki selagi bekerja juga akan terhitung sebagai olahraga.

Ketika bangkit dari kursi dan melepaskan beban tersebut, kamu bakal merasa lebih ringan dan semangat bekerja. Hal ini dikarenakan adanya hormon endorfin dan adrenalin yang dilepaskan dari rasa nyaman dan ringan yang dihasilkan.

4. Marathon sambil marathon nonton

maraton-nonton

Via – Fitness Xpress

Apa ada serial tv tertentu yang ingin kamu selesaikan? Tentunya menyantap seluruh episode serial tv dalam sekali tonton akan amat membosankan untuk tubuhmu.

Bagaimana nggak? Bila satu episode itu 40 menit dan ada 12 episode, itu artinya kamu akan duduk diam selama 8 jam.

Daripada kamu hanya marathon nonton, kenapa nggak sekalian kamu marathon yang beneran? Apalagi sekarang sudah banyak treadmill yang dilengkapi dengan layar televisi.

Kalau nggak punya treadmill seperti itu, ya kamu masih bisa memindahkan treadmill kamu agar menghadap ke TV. Berlari menjadi semakin nggak terasa.

5. Gerakkan seluruh tubuh dengan alunan musik

dance-musik

Via – Wiki How

Buat kamu yang nggak ingin olahraga berat sambil kerja, ada juga solusinya! Kepikiran nggak untuk mengganti kursi dudukmu dengan stability ball?

Dengan stability ball, ketika kamu mendengar musik, bukan hanya kaki atau jarimu saja yang bergerak. Seluruh tubuhmu dijamin akan bergerak sesuai dengan irama musik.

Usaha untuk mempertahankan keseimbangan juga melatih otot pinggang dan punggung. Jika dilakukan terus-menerus, tanpa terasa kamu bisa dengan seimbang duduk bersila di atas bola.

6. Latihan kekuatan tangan sebelum aksi sesungguhnya di bus

latihan-tangan-di-bus

Via – Walmart

Apa tanganmu sering terasa pegal seusai menaiki bus pulang kantor? Kamu nggak mendapatkan tempat duduk dan terpaksa memegang hand holder.

Untuk melatih kekuatan tanganmu, kamu bisa kok menggunakan handgrips selagi menunggu bus. Daripada cuma liatin hp pas nunggu kedatangan bus, lebih baik kamu latihan dulu!

Atau, buat kamu yang memegang mouse dan mengetik seharian mungkin pegal jari-jarinya. Ketika mendapatkan tempat duduk, bisa latih dulu dengan handgrips biar nggak terkena carpal tunnel!

Ada banyak cara loh untuk menyelipkan olahraga di antara kegiatan harianmu. Kalau kamu merasa nggak cocok dengan ide-ide di atas, ciptakan idemu sendiri! Nggak ada alasan buat nggak berolahraga!

Selagi mencari inspirasi, jangan sampai kamu melewatkan promosi Get FitΒ dari Blibli.com! Ada banyak peralatan fitness, baju olahraga, dan aksesoris lainnya yang mendapat diskon hingga 70%, loh. Inspirasi kesempatan olahraga dan diskon besar sudah berada di hadapanmu, kapan lagi mulai get fit kalau bukan sekarang?

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY