Bagi banyak orang, kata ‘olahraga’ identik dengan kata cape dan keringatan. Kata keringat saja terkadang sukses membuat kamu mager. Kalau sudah merasa males, olahraga pun cuma jadi wacana saja, benar?

Manfaat olahraga untuk kesehatan tubuh kita memang sudah jelas. Tapi, daripada dianggap sebagai kewajiban atau ‘perjuangan’, kita bisa melihat olahraga lebih kepada hobi.

Olahraga bisa menjadi hal yang menyenangkan, loh! Apalagi, buat kamu yang mager, bisa mencoba olahraga-olahraga sengklek  di bawah ini!

1. Jogging mesra

Joging Mesra

Via Ed Yourdon

Berlari atau jogging memang terdengar membosankan banget. Nggak ada bola, lawan, skor, air, ataupun perlengkapan lainnya yang bisa ‘dimainkan’. Apalagi, kalau kamu jogging sendirian. Wah, tambah males pastinya!

Nah, ketika mager seperti ini, kamu jangan putus asa! Segera hadirkan bala bantuan motivasi. Ajak pacar atau gebetanmu untuk lari bareng. Sekali pacaran, dua tiga kilometer terlampaui!

Kalau pacarmu lagi nggak bisa lari bareng, ajak saja teleponan! Dengan berlari sambil menelepon pacar, kamu nggak akan merasakan capeknya olahraga. Eh, tau-tau kamu sudah lari 10 kilo!

Nggak punya pacar? Nggak masalah! Ajak gebetan kamu buat lari bareng. Jadikan lari pagimu sebagai ajang pdkt, sekalin nunjukkin kalau kamu tipe orang yang sehat dan sporty!

2. Chessboxing

Chessboxing

Via TheBoxingTribune.com

Buat kamu yang nggak hobi olahraga atau suka mager, olahraga mainstream memang terkadang nggak mempan! Oleh karena itu, kamu perlu coba olahraga anti-mainstream yang satu ini.

Dipopulerkan oleh Iepe Rubingh, olahraga ini menggabungkan permainan catur dengan tinju.

Nggak hanya otot, tapi otak juga diperlukan untuk menang. Di satu ronde, kamu akan bermain catur, di ronde selanjutnya kamu akan beradu tinju!

Setiap ronde berlangsung selama tiga menit dengan waktu tambahan sekitar satu menit setiap ronde berganti. Semuanya berakhir setelah ronde ke-11.

Kalau lawanmu baru saja ‘memakan’ bidak ratumu, tinju dia di ronde selanjutnya! Jika kamu mencoba olahraga ini, dijamin kamu akan merasakan efeknya di mana-mana. Mulai dari sakit kepala karena kebanyakan mikir, sampai babak belur sana sini.


BACA JUGA 4 Olahraga Ekstrem yang Wajib Kamu Coba Selagi Muda


3. Naik turun tangga

Naik turun tangga

Via livestrong.com

Mau olahraga, tapi nggak mau keluar rumah? Cek dulu, apakah rumahmu punya tangga! Kalau punya, berarti kabar baik! Kamu bisa berolahraga hanya dengan naik turun tangga. Lakukan secara rutin setiap pagi dan malam dan dijamin kamu harus selalu mengepel tangga-tanggamu karena keringat yang membanjir (olahraga lagi).

Jangan skeptis dulu! Rumornya, artis idola Taiwan, Show Luo (gambar di bawah), berhasil menurunkan 10 kilo berat badan hanya dengan naik turun tangga loh!

Show Lou Taiwan

Via ent.ltn.com

4. Nintendo Wii dan VR

Nintendo dan Wii

Via businessinsider.com

Teknologi memang meringankan kehidupan manusia. Karena selain memberikan hiburan, teknologi bisa melatih baik otak maupun fisik kamu. Tentu yang dimaksud di sini nggak lain adalah teknologi game Virtual Reality (VR) dan gyro sensor seperti Nintendo Wii-U. Tinggal pegang dan pasangkan peralatannya, dan kamu siap menjadi bintang olahraga cabang apapun (yang ada dalam game).

Nggak usah keluar rumah, kamu bisa bermain, bisa kurus, dan bisa dilakukan dengan pacar! Kurang sempurna apa lagi coba?

5. Planking

Planking

Via IntentBlog.com

Kalau kamu benar-benar tipe yang saking magernya nggak mau bergerak buat olahraga, tetap ada jalan! Kamu dapat melakukan yang namanya plank. Dengan plank kamu benar-benar nggak perlu bergerak sama sekali.

Untuk melakukan plank, cukup sederhana. Kamu hanya perlu meletakkan kedua sikut kamu di lantai dan melakukan postur tubuh seperti push up. Yang berbeda benar-benar hanya posisi sikut kamu. Tapi, kamu harus bisa mempertahankan posisi ini selama 30 detik, kemudian pelan-pelan satu menit, dua menit, dan seterusnya. Silahkan dicoba!

6. Imajinasi

Imajinasi

Via timesofmalta.com

Apa? Masih terlalu mager buat nge-plank? Wah, saatnya mengeluarkan senjata terakhir yang paling ampuh! Kamu hanya perlu: berimajinasi.

Yep! Bukan sulap bukan sihir, hanya sebatas berimajinasi. Para ahli dari universitas Ohio menemukan bahwa hanya dengan berpikir atau berimajinasi berolahraga keras saja, efeknya bisa menyamai olahraga di gym!

Tinggal berpikir serius kalau kamu sedang berolahraga keras dan lama. Efeknya, otot-otot yang kamu imajinasikan untuk bergerak dapat menjadi lebih kuat, atau paling nggak bisa mencegah penurunan massa otot! Epic, ya?

Namun pada akhirnya, untuk hasil kesehatan yang optimal kamu tetap harus berolahraga serius dan rutin. Mager nggak akan membawa kamu ke mana-mana.

Motivasi itu memang kadang suka hilang, namun nggak berarti harus punya pacar atau gebetan baru bisa olahraga kok. Misalnya, kamu bisa menemukan motivasi untuk jogging di Blibli.com yang memberikan kamu cicilan 0% dan gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia. Sepatu dan harganya sama-sama kece! Tunggu apa lagi!

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY