me

Obat Cacing yang Bagus Untuk Anak

Feb 27, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

obat cacing yang bagus untuk anak – Cacingan atau terkena infeksi cacing merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi orang tua di Indonesia karena anaknya rentan terkena penyakit ini. Cacingan dapat menyebabkan sakit perut, mual, penurunan berat badan, dan kelelahan. Oleh karena itu, infeksi yang satu ini nggak boleh dianggap remeh. Orang tua harus memastikan anaknya untuk mengkonsumsi obat cacing.

Obat cacing adalah obat yang digunakan untuk mengobati infeksi parasit cacing yang dapat terjadi pada tubuh manusia. Infeksi cacing dapat terjadi pada semua usia, termasuk pada anak-anak. Pemberian obat cacing pada anak sangat penting untuk mencegah masalah kesehatan yang lebih serius di kemudian hari.

Baca juga: Obat Demam Anak yang Bagus dan Manjur


Manfaat Obat Cacing untuk Anak

Obat cacing yang dikonsumsi oleh manusia memiliki beberapa manfaat, antara lain:

1. Mencegah Infeksi yang Lebih Serius

Infeksi cacing dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti anemia, kekurangan nutrisi, masalah pencernaan, dan gangguan sistem imun. Jika nggak diobati, infeksi ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius. Pemberian obat cacing pada anak dapat membantu mencegah infeksi yang lebih serius.

2. Meningkatkan Kesehatan Anak

Infeksi cacing dapat menyebabkan anemia, yang dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala, dan masalah konsentrasi. Pemberian obat cacing pada anak dapat membantu meningkatkan kesehatan anak dan mencegah masalah kesehatan yang terkait dengan infeksi cacing.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Infeksi cacing dapat menyebabkan gangguan sistem imun pada anak, yang dapat membuat anak lebih rentan terhadap infeksi lainnya. Pemberian obat cacing pada anak dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah infeksi lainnya.

4. Meningkatkan Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Infeksi cacing dapat menyebabkan kekurangan nutrisi pada anak, yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak. Pemberian obat cacing pada anak dapat membantu mengurangi kekurangan nutrisi dan meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak.

5. Mencegah Penyebaran Infeksi

Infeksi cacing dapat menyebar dari satu orang ke orang lain. Pemberian obat cacing pada anak yang terinfeksi dapat membantu mencegah penyebaran infeksi ke orang lain.

Kapan Waktu Terbaik Minum Obat Cacing?

Penting untuk diingat bahwa pemberian obat cacing pada anak harus dilakukan di bawah pengawasan dokter. Dokter akan menentukan jenis obat cacing yang tepat untuk anak dan dosis yang diperlukan. Selain itu, perawatan dan tindak lanjut setelah pemberian obat cacing juga harus diperhatikan untuk memastikan efektivitas pengobatan dan mencegah infeksi berulang. 

Pemberian obat cacing pada anak sebaiknya dilakukan saat waktu tertentu yang dianggap paling tepat. Berikut ini adalah beberapa waktu terbaik untuk minum obat cacing pada anak:

1. Sebelum Tidur Malam

Pemberian obat cacing pada anak sebaiknya dilakukan sebelum tidur malam, karena obat cacing dapat menyebabkan efek samping seperti mual, pusing, dan sakit perut. Dengan memberikan obat cacing pada saat anak akan tidur, maka efek samping dari obat dapat berkurang, karena anak akan tidur selama beberapa jam setelah minum obat.

2. Saat Perut Kosong

Obat cacing lebih baik dikonsumsi saat perut anak kosong. Sebaiknya berikan obat cacing pada pagi hari, sebelum sarapan, sehingga obat akan lebih mudah diserap oleh tubuh dan lebih efektif membersihkan cacing pada saluran pencernaan anak.

3. Saat Libur Sekolah

Pemberian obat cacing pada anak sebaiknya dilakukan pada saat anak sedang libur sekolah. Hal ini dikarenakan obat cacing dapat menyebabkan efek samping seperti mual, pusing, dan sakit perut yang dapat mempengaruhi konsentrasi anak saat belajar di sekolah. Selain itu, saat sedang libur, maka akan lebih mudah untuk mengawasi anak dan memastikan bahwa anak nggak kelelahan setelah minum obat.

4. Setelah Berkonsultasi dengan Dokter

Sebelum memberikan obat cacing pada anak, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Dokter akan memberikan saran dan rekomendasi yang tepat mengenai jenis obat cacing yang cocok untuk anak, dosis yang diperlukan, serta waktu yang tepat untuk minum obat cacing. Dengan berkonsultasi dengan dokter, maka akan lebih aman dan efektif dalam memberikan obat cacing pada anak.

Rekomendasi Obat Cacing untuk Anak

Obat cacing untuk anak banyak beredar di pasaran. Kamu harus memperhatikan kualitas dan kegunaannya sebelum membeli agar obat lebih bekerja secara baik dan nggak menimbulkan efek samping. Berikut ini beberapa rekomendasi obat cacing bagus untuk anak:

Mebendazole

Rentang Harga: Rp 21.000 – Rp 28.000

Mebendazole merupakan obat cacing yang efektif untuk mengatasi infeksi cacing pada anak. Obat ini bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan dan reproduksi cacing. Mebendazole tersedia dalam bentuk tablet atau suspensi oral yang dapat diminum oleh anak. Dosis Mebendazole biasanya diberikan sekali sehari selama tiga hari berturut-turut. Obat ini dapat diberikan pada anak usia 2 tahun ke atas.

Combatrin

Rentang Harga: Rp 24.000 – Rp 38.000/botol

Combatrin merupakan obat cacing yang sering digunakan untuk mengatasi infeksi cacing pada anak. Obat ini memiliki kandungan pirantel pamoat yang mampu membunuh cacing di saluran pencernaan. Albendazole tersedia dalam bentuk tablet atau suspensi oral yang dapat diminum oleh anak. Dosis Albendazole biasanya diberikan sekali sehari selama tiga hari berturut-turut untuk anak usia 1 tahun ke atas.

Pyrantel Pamoate

Rentang Harga: Rp 3.400 – Rp 3.500/strip

Pyrantel Pamoate merupakan obat cacing yang sering digunakan untuk mengatasi infeksi cacing pada anak. Obat ini bekerja dengan cara melumpuhkan cacing di perut. Pyrantel Pamoate tersedia dalam bentuk suspensi oral yang dapat diminum oleh anak. Dosis Pyrantel Pamoate biasanya diberikan sekali sehari selama dua hari berturut-turut. Obat ini dapat diberikan pada anak usia 6 bulan ke atas.

Ivermectin

Rentang Harga: Rp 7.700 – Rp 8.000/tablet

Ivermectin merupakan obat cacing yang sering digunakan untuk mengatasi infeksi cacing pada anak. Obat ini bekerja dengan cara menghentikan sistem saraf cacing sehingga cacing mati. Ivermectin tersedia dalam bentuk tablet atau suspensi oral yang dapat diminum oleh anak. Dosis Ivermectin biasanya diberikan sekali sehari selama dua hari berturut-turut. Obat ini dapat diberikan pada anak usia 15 kg ke atas.

Levamisole

Rentang Harga: Rp 1.600 – Rp 3.000/strip

Levamisole merupakan obat cacing yang digunakan untuk mengatasi infeksi cacing pada anak. Obat ini bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan dan reproduksi cacing. Levamisole tersedia dalam bentuk tablet atau suspensi oral yang dapat diminum oleh anak. Dosis Levamisole biasanya diberikan sekali sehari selama tiga hari berturut-turut. Obat ini dapat diberikan pada anak usia 3 tahun ke atas.

Baca juga: Obat Flu Anak yang Bagus dan Manjur

Itu tadi manfaat obat cacing pada anak beserta rekomendasi obat cacing yang bagus untuk anak. Obat cacing ini bisa dibeli di Blibli dengan stok persediaan yang melimpah. Kamu bisa membelinya sesuai dengan preferensi dan anggaran yang tersedia. Yuk, mulai sadar dan perhatian dengan kondisi badan anak-anak kamu dan beli obat cacing anak di Blibli saja!