me

Ngulangin Kesalahan yang Sama Bisa Bikin Kita Dijauhin Temen

Jun 16, 2021.By
Bagikan

Photo via pexels.com

Pernah gak ngelakuin kesalahan sampe-sampe orang uda males buat negor lagi? Atau dijauhin temen gara-gara ngelakuin hal yang salah? Ini biasanya karena uda ngelakuin kesalahan hal yang sama terus-terusan.. Uda ditegor, eh masih diulang. Salah itu wajar, tapi kalo keseringan ngelakuin salah yang sama itu mah namanya gak bener. Biar gak kejebak ngelakuin salah yang keulang-ulang, kudu ngelakuin beberapa cara ini.

Pertama, kudu tau kesalahan yang dibuat. Kalo gak tau salahnya apa, gak bakal bisa berubah. Kalo emang uda mentok banget, bisa tanya ke temen atau orang yang deket buat nyari tau kesalahan kamu. Nah, dari situ bisa tau kesalahan yang kadang gak kita sadarin. Kalo bisa mah catet semua kesalahan yang uda dilakuin, trus tempel di dinding biar keinget terus. 

Pas uda tau salahnya di mana, kudu ngakuin kalo itu emang salah. Soalnya, kadang kalo ego lagi kambuh suka gak ngakuin kesalahan, malah mati-matian cari alesan biar gak disalahin. Kalo kek gini terus mah, bakal ngulangin kesalahan yang sama juga ujung-ujungnya. Trus, pas udah bikin salah, ngaku aja. Justru bakalan lebih dihargain kalo ngakuin kesalahan daripada ngeles trus kek bajaj. Abis itu, jangan lupa minta maaf dan janji buat gak ngulangin lagi yak.

Photo via pexels.com

Kadang ngelakuin kesalahan juga dipengaruhin sama lingkungan kek temen yang toxic. Nah, temen yang kek gini kudu ditinggal. Kalo kamu gampang kepengaruh, mending ngehindar. Paling bener cari temen yang bisa bikin diri makin baik. Emang sih, di jaman sekarang susah buat cari temen yang bener-bener bisa klop banget, tapi nyoba dulu kan gak ada salahnya. 

Jangan lupa juga buat intropeksi diri biar gak ngulangin kesalahan yang sama. Saya saranin tiap sebelum tidur, inget-inget lagi seharian uda ngapain aja. Trus, dari situ bisa tau tadi ada ngelakuin hal yang salah atau gak. Kalo uda berhasil gak ngulangin kesalahan yang sama, bisa tuh kasi reward kecil-kecilan ke diri sendiri, kek makanan yang enak-anak atau sepatu sneakers yang udah pengen dibeli dari lama. Kudu diinget juga jangan terlalu maksain diri alias pelan-pelan aja biar gak ngerasa banyak tekanan hihihi….

Tag: